cara mengubah resolusi layar komputer windows 7

Cara Mengubah Resolusi Layar Komputer Windows 7, 8, dan 10

Cara mengubah resolusi layar komputer windows 7, 8, dan 10. Penasaran, bagaimana cara mengganti resolusi layar laptop atau komputer? Pada artikel ini, akan dijelaskan mengenai apa itu monitor, faktor yang mempengaruhi resolusi layar, dan cara mengatur resolusi layar.

Salah satu yang mempengaruhi ukuran resolusi layar komputer adalah ukuran monitor. Monitor berfungsi untuk menampilkan output berupa gambar, video, ataupun tulisan. Monitor komputer bermacam macam.

Komputer Berasal Dari Kata To Compute Yang Berarti

Adapun jenis jenis monitor seperti:

  • CRT. CRT singkatan dari cathode ray tube. Monitor ini di Indonesia biasa dikenal monitor tabung. Disebut monitor tabung karena berbentuk menyerupai tabung. Kekurangan monitor ini konsumsi listrik yang besar dibandingkan jenis monitor lain. Monitor CRT biasanya memiliki resolusi 1024 x 768 pixel. Kelebihannya warna lebih akurat, jadi tak heran mengapa beberapa digital artist menggunakan monitor ini.
  • LCD. LCD singkatan dari liquid crystal display. Dari segi bentuk LCD jauh lebih slim ketimbang CRT. Beratnya jauh lebih ringat daripada monitor tabung. Kelebihan CRT konsumsi listrik jauh lebih hemat dibanding CRT. Sedangkan dari segi resolusi LCD umumnya dari 1280 x 768 pixel hingga 2560 x 1600 pixel, bergantung dari merk monitor.
  • LED singkatan dari Light Emiting Diodes. Dari segi bentuk dan resolusi tidak jauh berbeda dengan LCD. Untuk segi konsumsi listrik juga jauh lebih hemat daripada LCD dan CRT. Hanya saja dari segi harga monitor ini jauh lebih malah ketimbang LCD dan CRT. Tetapi mahal dan murah relatif bergantung dengan kantong masing masing.

Manfaat Komputer Dalam Bidang Pendidikan

Tiap tiap monitor tersebut memiliki resolusi yang berbeda beda. Besar kecilnya resolusi layar monitor, mempengaruhi besar kecilnya ukuran icon ataupun tombol pada komputer. Tak hanya itu, semakin besar resolusi, kualitas gambar akan terlihat lebih jelas. Tiap komputer atau laptop memiliki resolusi yang berbeda beda.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, diantaranya:

  1. Ukuran monitor. Setiap merk dan ukuran monitor, mempunyai ukuran resolusi yang berbeda. Resolusi akan menentukan ketajaman gambar yang ditampilkan pada layar. Semakin besar monitor, sering kali semakin tinggi juga resolusinya.
  2. VGA Card. Juga mempengaruhi resolusi layar, tetapi tetap paling bergantung dengan ukuran monitor. Ada berbagai merk vga yang cukup glamour seperti Geforce FTX, dll.

Ada beberapa alasan mengapa kita perlu mengatur resolusi layar. Salah satunya karena beberapa orang memiliki kecenderungan untuk melihat dengan ukuran icon yang besar, tetapi ada juga sebaliknya. Lantas bagaimana caranya untuk mengatasi kecenderungan ini? Ya dengan mengubah ukuran resolusinya. Berikut ini tutorial cara mengatur ukuran resolusi layar menggunakan windows 7,8, dan 10.

Cara Mengubah Resolusi Layar Komputer Windows 7, 8, dan 10

A. Windows 7 dan Windows 8

  1. Untuk mengubah resolusi layar monitor yang pertama kamu lakukan yaitu menghidupkan laptop atau komputer.
  2. Apabila laptop sudah hidup, silakan menuju ke desktop.
  3. Kemudian klik kanan pada desktop, akan muncul beberapa pilihan. Klik screen resolution.
  4. Muncul kotak dialog screen resolution. Disini temen temen dapat mengatur banyak hal. Mulai dari: display, resolusi, dan orientasi.
  5. Klik resolution lalu gulir ke atas atau ke bawah sesuai yang temen temen inginkan. Jika sudah klik “apply“. Secara otomatis ukuran tampilan windows pun akan berubah, dan akan muncul pilihan untuk “keep changes” atau “revert“.
  6. Apabila perubahan tersebut cocok silakan klik “keep changes“, apabila tidak klik “revert“. Kemudian akhiri itu semua dengan klik ok.
mengubah resolusi layar komputer windows
mengubah resolusi layar komputer windows

B. Windows 10

  1. Hidupkan laptop atau komputer kamu.
  2. Klik kanan pada desktop ( halaman awal ).
  3. Akan muncul banyak pilihan. Klik “Display Settings“.
  4. Muncul kotak dialog settings Display.
  5. Pada menu display, ada banyak yang dapat temen temen atur. Mulai dari brightness dan warna, kemudian ukuran text, resolusi, dan display orientasi. Klik display resolusi untuk mengubah resolusi layar.
  6. Akan muncul banyak opsi ukuran display yang sajikan. Temen temen tinggal klik dan sesuaikan dengan keinginan kalian. Begitu kalian klik salah satu opsi ukuran, secara otomatis ukuran tampilan layar monitor langsung berubah.
  7. Apabila temen temen mau menggunakan salah satu opsi yang telah dipilih, maka klik “keep changes“. Jika tidak cocok dengan ukuran layar, klik “revert“. Secara otomatis apabila tidak kalian klik “keep changes” maka secara otomatis akan terpilih “revert“.

Kesimpulan
Ada beberapa perbedaan cara mengatur resolusi monitor versi windows 7 dan 10, namun tidak jauh berbeda. Jadi begitulah cara mengubah resolusi layar komputer windows 7, 8, dan 10. Untuk mengubah resolusi yang pertama perlu dilakukan adalah klik kanan pada desktop. Kemudian klik kiri pada pilihan screen resolution. Lalu klik pada resolution dan atur sesuai dengan keinginan. Jika sudah klik keep changes, jika tidak cocok klik revert. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.