Manfaat komputer dalam bidang pendidikan yaitu

Manfaat Komputer Dalam Bidang Pendidikan Yaitu

Manfaat komputer dalam bidang pendidikan yaitu membantu mempermudah proses pendidikan. Bagaimana manfaat komputer dalam bidang pendidikan dan iptek? Komputer memiliki banyak manfaat, penasaran apa sajakah itu?

Di jaman yang sudah modern ini, ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan menggunakan sebuah komputer. Mulai dari bermain game, menonton film, browsing, dll. Tak hanya untuk senang senang, tetapi komputer juga digunakan untuk menunjang sebuah pekerjaan. Banyak pekerjaan yang memanfaatkan perangkat komputer. Seperti guru, pelukis, penulis, blogger, ilustrator, desaigner, programmer, network enginneer, dll.

Komputer adalah salah satu produk teknologi informasi. Komputer memiliki manfaat umum yang beragam mulai dari bermain game, browsing, dll. Itu tadi adalah manfaat secara umum, namun apa manfaat komputer dalam bidang pendidikan dan iptek?

Manfaat komputer dalam dunia pendidikan, sangat lah berdampak baik bagi sekolah ataupun perguruan tinggi. Salah satu manfaat komputer, untuk membantu kegiatan pembelajaran. Biasanya dosen atau guru, menggunakan komputer untuk mengajar. Sebagai contoh seorang dosen menjelaskan materi pembelajaran menggunakan slide presentasi.

Manfaat Komputer Dalam Bidang Pendidikan Yaitu

1. Sebagai Mesin Hitung

Komputer secara harfiah memiliki manfaat dasar, yaitu untuk membantu dalam mengkomputasi. Komputer dapat menggantikan kalkulator fisik, karena dengan komputer kita dapat melakukan perhitungan layaknya menggunakan kalkulator fisik pada umumnya. Bendahara biasanya juga menggunakan komputer untuk mengolah data keuangan.

Komputer Berasal Dari Kata To Compute Yang Berarti

2. Sebagai Alat Bantu Untuk Membantu Proses Belajar Mengajar

Komputer dapat membantu guru dalam segi pembelajaran. Guru dapat menggunakan komputer untuk membuat soal baik untuk keperluan luring ataupun daring. Tak hanya untuk guru, murid juga dapat browsing internet menggunakan komputer. Sehingga murid dapat belajar secara mandiri. Pada masa pandemic seperti sekarang , pemanfaatan computer sungguh sangat besar.

Pemanfaatan tersebut antara lain untuk :
• membuat soal google form
• mengajar dengan google meet
• mengajar dengan google classroom
• pengolahan nilai dengan program excel sehingga untuk menghitung jumlah nilai
• menghitung rata – rata prestasi siswa
• mencari nilai terendah
• mencari nilai tertinggi bias didapat dengan cara mudah , cepat dan tepat daripada jika dihitung secara manual meski itu dibantu dengan kalkulator sekalipun .

Dengan jumlah murid sekian banyak dan angka – angka yang banyak , program excel yang ada di komputer sungguh sangat membantu.

Masa pandemik dengan sistim pembelajaran daring kehadiran komputer dan jaringan internet yang lancar menjadi sarana yang urgen. Orang rela irit makan tapi tidak rela dengan irit kuota demi keberlangsungan pembelajaran anaknya di sekolah dan di perkuliahan.

manfaat komputer dalam bidang pendidikan
manfaat komputer dalam bidang pendidikan

Komputer juga dapat membantu peserta didik untuk belajar secara mandiri dalam suatu topik. Misal ketika peserta didik mendapat tugas membuat kliping , dia akan mencarinya di komputer dan internet , meski sebenarnya disarankan untuk mencarinya di koran atau majalah bekas. Karena dengan mencarinya di komputer dan internet data yang dibutuhkan lebih cepat terakses , sehingga tugas cepat selesai dan hasil yang bagus.

Contoh lain misal apabila guru tidak bisa menjelaskan suatu topik, peserta didik dapat belajar mandiri lewat internet. Peserta didik dapat melengkapi materi yang didapat dari guru dengan mencari di ineternet dengan menggunakan computer. Jadi komputer dan internet menjadi sarana yang harus ada . Sekarang computer dan internet bukan barang mewah lagi . Tetapi sudah menjadi kebutuhan pokok , disamping sandang pangan dan papan.

Beberapa sekolah ataupun pengguruan tinggi juga telah menerapkan pembelajaran menggunakan sistem elearning. Apa itu elearning? Menurut Dahiya (2012) adalah teknologi informasi untuk membantu siswa belajar darimana saja, kapanpun. Sedangkan menurut Allan J Henderson (2003), e-learning sebagai media pembelajaran jarak jauh, yang melibatkan teknologi jaringan komputer (internet). Jadi elearning adalah suatu aplikasi pembelajaran yang terinstall pada suatu server. Dimana server tersebut dapat diakses darimana saja dan kapan saja. Contoh aplikasi e-learning diantaranya moodle.

E-learning memungkinkan pembelajaran tidak cuma berlangsung secara formal. Dengan bantuan jaringan komputer, para peserta didik mampu secara aktif terlibat dalam proses belajar mengajar secara jarak jauh. Dengan atau tanpa terkendala, geografis ataupun, waktu.

3. Sebagai Media Presentasi Yang Lebih Interaktif

Media pembelajaran yang dapat pengajar gunakan sangatlah beragam. Sebagai contoh menggunakan program yang terdapat pada komputer, bisa menggunakan google slide, ataupun power point. Dengan guru menerangkan menggunakan slide presentasi ppt yang terinteraktif, dapat membuat peserta didik jauh lebih tertarik untuk menyimak.

4. Sebagai Administrasi

Komputer dapat membantu para guru dalam keperluan administrasi. Contoh kegiatan administrasi seperti, pembuatan raport, absensi, daftar wali murid, dll. Apabila untuk bendahara digunakan untuk mencatat keuangan sekolah.

5. Untuk Mengolah Kreatifitas

Tak hanya untuk media presentasi tetapi juga dapat memacu tumbuh kembang kreatifitas peserta didik. Sebagai contoh peserta didik dilatih untuk menggunakan adobe photoshop. Diharapkan nantinya peserta didik bisa memiliki keinginan untuk menjadi desainer atau ilustrator.

Kesimpulan

Komputer di bidang pendidikan memiliki banyak manfaat baik untuk pengajar ataupun peserta didik. Manfaat komputer dalam bidang pendidikan yaitu untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.