komputer berasal dari kata to compute yang berarti

Komputer Berasal Dari Kata To Compute Yang Berarti

Komputer berasal dari kata to compute yang berarti? Teman teman sedang bingung menjawab pertanyaan itu? Tenang, kaka iyainaja akan membantumu, dalam menjawab pertanyaan itu, sekaligus akan berbagi sedikit fungsi dan sedikit sejarah komputer.

Komputer, ada yang tahu apa itu komputer? Secara umum Komputer adalah perangkat atau alat elektronik yang dapat digunakan untuk berbagai macam hal. Mulai dari membuat video, menonton video, main game, browsing, dll.

Baca juga : Sebutkan bagian bagian dari komputer dan fungsinya

Tentunya bagi kita kaum milenial, sudah tidak asing lagi dengan yang namanya komputer. Hanya saja mungkin kita sudah jarang pakai komputer, jauh lebih memilih laptop. Tapi tahukah kamu, kalau komputer atau computer berasal dari kata apa?

Komputer berasal dari kata to compute yang berarti

Apabila berdasarkan kbbi, komputer adalah alat elektronik yang dapat menghitung atau mengolah data secara tepat. Komputer atau computer berasal dari to compute. Berdasarkan google translate bahasa inggris to compute yang berarti untuk menghitung. Sedangkan berdasarkan bahasa latin, komputer berasal dari kata computare. Computare yang berarti menghitung.

Sejarah Komputer

Sedikit sejarah mengenai komputer. Komputer sendiri pertama kali dibuat pada tahun 1822 oleh seorang ahli matematika asal inggris. Beliau bernama charles. Awalnya babang charles, menciptakan mesin hitung yang menggunakan sumber daya tenaga uap untuk menghitung angka. Mesin tersebut diberi nama, Difference Engine.

Kemudian ditahun 1890, Herman Holleth merancang sebuah sistem kartu yang mampu menghitung sensus AS. Sampai dengan tahun ini pun komputer masih belum menggunakan sistem operasi. Hingga pada akhirnnya Herman mendirikan perusahaan komputer yang bernama IBM.

Sistem Operasi Pertama
Pada tahun 1950 an, sistem operasi pertama kali diimpelementasikan pada komputer. Sistem operasi pertama pada tahun itu disebut GM-NAA I/O. Sistem operasi dibuat oleh General Motors. Sistem operasi GM-NAA I/O diimplementasikan pada perangkat IBM 701. Sampai dengan tahun ini pun komputer masih belum ada bahasa pemrograman.

Bahasa Pemrograman Pertama
Singkat cerita pada tahun 1954, bahasa pemrograman untuk pertama kalinya, dicetus oleh ilmuan komputer. Ilmuan tersebut bernama Grace Hopper. Bahasa pemrograman tersebut adalah COBOL. Bahasa pemrograman COBOL digunakan pengguna komputer kala itu, untuk menyampaikan perintah dalam bahasa inggris. Karena sebelumnya, pengguna komputer hanya bisa memberikan instruksi atau input ke komputer berupa angka saja.

Lalu kemudian pada tahun yang sama juga terciptalah bahasa pemrograman baru yakni fortran. Bahasa pemrograman baru tersebut diciptakan oleh tim IBM dipimpin John Backus ditahun 1954. Kian berjalannya waktu, IBM terus berinovasi dalam menciptakan produk komputer. Hingga pada tahun 1965 IBM membuat produk PROGRAMMA 101. Produk komputer jauh lebih ringkas ketimbang komputer pada tahun tahun sebelumnya. Ukuran komputer PROGRAMMA sendiri, sebesar mesin ketik dengan bobot sekitar 29Kg, disertai dengan mesin printer bawaan.

Lalu pada tahun 1970 an terciptalah era personal komputer atau disebut PC. Xero Alto adalah komputer dengan sistem operasi dan memiliki GUI (Graphical User Interface). Dari segi bentuknya sendiri sudah seperti komputer modern pada jamannya. Pada komputer ini sudah dapat digunakan untuk mengirimkan email dan mengeprint dokumen. Komputer Xero Alto juga sudah dilengkapi dengan mouse, keyboard, serta layar. Pada tahun 1970 juga diciptakannya storage device seperti disket. Tak hanya disket tetapi juga diciptakan periperal seperti DDRAM dan Ethernet.

Lalu kemudian berkembang berkembang hingga jadi komputer seperti sekarang ini. Seperti yang biasa kalian temui. Hingga ada berbagai macam merk dan berbagai macam sistem operasi. Mulai dari sistem operasi windows, mac, dan linux.

Kesimpulan

Jadi komputer berasal dari kata to compute yang berarti untuk menghitung. Sekarang temen temen jadi tahu apa itu to compute, dan tahu bagaimana sejarah komputer. Semoga artikel ini dapat membantumu dalam menjawab soal. Terima kasih telah membaca artikel pada iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.