Lupa password userman mikrotik

Lupa Password Userman Mikrotik? Ini Solusinya

Lupa password userman mikrotik? Ini solusinya. Kamu sedang gundah gulana, karena lupa password user manager mikrotik? Tenang, jangan sedih apabila kamu lupa password untuk login userman. Semua ada solusinya.

Mikrotik, siapa sih yang tidak tau produk router satu ini? Mikrotik adalah salah satu router yang populer di Indonesia. Mikrotik tak hanya dapat digunakan sebagai router gateway, tetapi juga bisa sekaligus menjadi hotspot server.

Sekilas tentang hotspot, hotspot merupakan sharing internet. Bisa menggunakan media kabel atau nirkabel. Hotspot mirip halnya dengan sharing internet berpassword pada umumnya, tetapi ada perbedaannya.

Apabila hotspot, kita perlu mengunjungi sebuah halaman/portal login untuk menginputkan username dan password dengan benar untuk mendapatkan akses jaringan internet. Sedangkan sharing internet seperti wifi berpassword umumnya, kita hanya perlu menginputkan passwordnya saja. Itu penjelasan secara mudahnya. Apabila secara teknisnya hotspot menggunakan web untuk authentikasi bisa berupa RADIUS, sedangkan pada wifi umumnya menggunakan WPA2 preshared key.

Implementasi hotspot sendiri ada banyak cara, mulai tanpa radius server ataupun menggunakan radius server. Beberapa router Mikrotik bisa dijadikan radius server. Radius server mikrotik biasa disebut userman.

Userman atau user manager mikrotik bisa jadi alternative radius server, yang dapat kamu gunakan untuk memanage user hotspot. Mikrotik user manager adalah sistem managemen berbasis web, berfungsi untuk memanage user hotspot. Untuk menggunakannya kita perlu login dahulu ke halaman user manager.

Ada banyak hal yang dapat kita atur dalam user manager seperti:

  • pembuatan user hotspot / generate user hotspot
  • pembuatan billing atau masa aktif suatu user
  • untuk limitasi user hotspot
  • pembuatan harga untuk masing masing jenis user, dll

Banyak kan yang dapat kita atur pada userman? Namun muncul masalah apabila kita lupa password user manager nya. Kita jadi tidak dapat mengatur user hotspot ataupun yang lainnya. Lalu apa coba kamu lakukan jika lupa? Pasti nanges. Canda nanges. Kamu sudah mencoba login userman tetapi mendapati notifikasi “invalid user name or password“. Itu artinya username atau password salah. Cara mengatasinya ada dua cara. Penasaran? Lanjut dibaca ya.

Cara Akses Router Mikrotik

Ada beberapa cara mengatasi lupa password userman:

  1. Dengan cara melihat username dan password / mengetahui username dan password. Cara ini dapat kamu lakukan apabila kamu bisa remote mikrotiknya.
  2. Dengan cara mereset. Baik itu hanya reset userman ataupun reset semua konfigurasi mikrotik. Cara ini kurang mimin rekomendasikan

Berikut cara mengatasi lupa username dan password usermanager tanpa perlu reset.

Cara Reset Mikrotik

Lupa Password Userman Mikrotik

  1. Pertama silakan remote router mikrotik yang dijadikan sebagai user manager. Bebas, mau remote menggunakan winbox atau menggunakan terminal seperti putty. Jika temen temen bingung caranya remote. Ada baiknya untuk membaca artikel “remote mikrotik“.
  2. Apabila sudah remote mikrotik via winbox, silakan klik menu “new terminal”.
  3. Pada terminal ketikan command atau perintah berikut “tool user-manager customer print“.
  4. Setelah temen temen mengetikan perintah tersebut akan muncul username dan password user manager.
cara mengatasi lupa password userman
cara mengatasi lupa password userman

Kesimpulan
Jadi begitulah cara mengatasi lupa password userman mikrotik. Langkah awal untuk mengatasi lupa password userman yaitu dengan meremote mikrotik via winbox. Kemudian mengetikkan “ tool user-manager customer print” pada terminal. Nantinya informasi username dan password userman akan muncul. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.