cara mengganti background video tanpa green screen

Cara Mengganti Background Video Tanpa Green Screen di Android dan PC

Cara mengganti background video tanpa green screen di android dan pc. Ada beberapa goal yang dapat kamu pahami melalui artikel ini ,diantaranya; cara menghilangkan background video, dan cara mengganti background video.

Untuk membuat video, biasanya seorang konten kreator sering kali menggunakan green screen. Penggunaan green screen, bertujuan memudahkan editor untuk mengedit video.

“Apa yang dimudahkan dalam proses editing?” “Maksudnya gimana? Saya gk paham ka”. Jadi penggunaan green screen, akan memudahkan editor untuk menyeleksi/menandai suatu obyek. Nantinya obyek tersebut bisa dihapus atau ditambahkan objek lain.

Sebagai contoh seorang konten creator membuat video dengan seorang model menggunakan latar belakang video green screen. Kemudian hasil record video tersebut diserahkan ke editor. Lalu diolah menggunakan software seperti adobe premier, untuk diganti menjadi background pemandangan. Nah, yang editor lakukan hanya tinggal menyeleksi warna hijaunya saja kemudian mengganti backgroundnya. Lain halnya, jika pada proses recording tidak menggunakan green screen. Proses editing tentu akan memakan lebih banyak waktu.

Lalu bagaimana jadinya, jika sebuah video sudah terlanjur tidak menggunakan green screen? “Tidak bisa diganti backgroundnya donk?” Tentu saja bisa, dengan cara diseleksi secara manual. Bagi editor yang sudah pro, mungkin paling suka menggunakan seleksi manual. Karena hasil akan sesuai dengan ekspetasi yang diinginkan dan hasilnya jauh lebih sempurna. Cuman bagi kita orang awam ataupun yang tidak ingin ribet, ada solusi praktis dan automatis.

“Solusi praktis apa tuh?” Ada dua solusi praktis yaitu perlu menginstall aplikasi tambahan ataupun tanpa aplikasi tambahan. Salah satu solusinya, menggunakan sebuah situs yang bernama unscreen. Unscreen dapat kamu akses baik menggunakan smartphone atau pc kamu. Penasaran bagaimana cara mengubah background video yang tanpa green screen? Lanjut simak dibawah ya.

Cara Mengganti Background Video Tanpa Green Screen Di Android & PC

Unscreen.com

Unscreen adalah sebuah situs untuk mengedit video. Situs ini dapat temen temen gunakan secara gratis ataupun berbayar. Untuk gratis sendiri memiliki limit durasi video sekitar 5 detik. Apabila berbayar tergantung dari jenis langganan yang kalian pakai. Untuk paket studio bisa durasi maksimal video yang bisa diedit hingga 2jam. Berikut adalah cara mengganti background video menggunakan unscreen.

  1. Pertama, silakan persiapkan dan hidupkan device atau perangkat anda, bisa android atau komputer atau laptop. Dan, pastikan perangkat tersebut terkoneksi dengan internet.
  2. Kemudian silakan buka aplikasi web browser (google chrome atau firefox) pada perangkat anda.
  3. Jika web browser telah terbuka, silakan bukalah situs unscreen.com
  4. Pada halaman awal unscreen, terdapat dua tombol “upload clip” dan “search clip“. Klik atau tap tombol “upload clip” untuk mengupload video yang akan anda ganti backgroundnya.
  5. Tunggulah proses upload. Proses upload berlangsung relatif, bisa cepat atau lambat bergantung dari ukuran video dan kecepatan internet kamu.
  6. Apabila proses upload sudah selesai akan muncul video yang kamu upload. Secara otomatis video yang kamu upload, akan tampil dengan background transparan. Sekarang, saatnya kamu ganti background sesuai keinginan kamu. Tentunya berdasarkan opsi yang disajikan unscreen.
  7. Silakan klik atau tap tulisan “change background” tepat dibawah video yang kamu upload.
  8. Muncul beberapa pilihan background yang dapat dipakai. Silakan klik atau tap pada background yang anda inginkan.
  9. Apabila anda kurang suka dengan background yang ditawarkan. Anda bisa mengupload gambar background yang telah anda siapkan. Misalnya saja gambar background pemandangan.
  10. Caranya dengan anda klik pada bagian upload backgound, lalu pilih gambar yang ada pada perangkat anda.
  11. Apabila ternyata video nantinya ingin anda jadikan green screen. Silakan klik pada bagian color. Kemudian pilih warna yang kalian suka, sebagai contoh warna hijau.
  12. Apabila sudah selesai dengan semua keinginan anda. Silakan klik download untuk mengunduh hasil video. Video pun akan melalui proses encoding, silakan ditunggu hingga video berhasil diproses. Videopun secara otomatis akan terdownload.
ganti background video menggunakan unscreen
ganti background video menggunakan unscreen

Capcut

Tak hanya unscreen, temen temen juga bisa menggunakan aplikasi capcut. Aplikasi ini hanya terdapat pada android, dan ios. Jadi apabila kamu pengguna pc atau laptop belum bisa menggunakan aplikasi ini. Kecuali kalian menggunakan emulator android pada komputer kalian.

Aplikasi ini cocok untuk pemula. Untuk penghapusan background pada capcut ada dua fitur yang dapat digunakan yaitu menggunakan fitur “remove background” dan “chroma key“. Berikut cara ganti background video menggunakan capcut.

  1. Silakan install dulu aplikasi capcut pada smartphone kamu. Aplikasi ini terdapat pada google playstore bagi pengguna hp android dan apps store bagi pengguna ios.
  2. Jika sudah terinstall, langkah berikutnya yaitu menjalan aplikasi capcut. Kemudian tap tombol “new project“.
  3. Akan muncul tab “videos” dan “photos“. Klik “photos” dan pilih background gambar yang telah kamu persiapkan. Gambar ini nantinya akan menjadi background video kamu.
  4. Lalu buat layer baru dengan cara tap “overlay” dan tap “add overlay“. Akan muncul kembali tab “videos” dan “photos“. Pilih “videos“, dan cari video yang akan anda ganti backgroundnya. Jika, sudah kemudian tap “add“.
  5. Langkah berikutnya yaitu menyesuikan durasi background dengan video. Dan jangan lupa sesuaikan ukuran video dengan gambar, dengan cara anda menzoom in dan zoom out pada area atas lembar kerja.
  6. Apabila sudah sesuai, sekarang saatnya hapus background videonya. Caranya, klik pada layer yang kedua (video). Lihat pada bagian bawah, gulir kekanan hingga kamu melihat menu pilihan “remove background“. Tap “remove background“.
  7. Secara otomatis background videopun akan terhapus, dan terganti menggunakan background gambar yang telah kamu pilih di awal. Langkah berikutnya, tinggal kamu save videonya dengan cara tap pada icon “arah atas” pada bagian pojok kanan atas.
  8. Tunggulah proses exporting. Apabila telah selesai, maka akan langsung dapat kamu tonton melalui gallery smartphone kamu. Atau, bisa juga share ke sosial media kamu, seperti facebook, wa atau tiktok.

Kinemaster

Sama seperti capcut. Aplikasi ini hanya tersedia untuk smartphone saja. Untuk fiturnya kurang lebih sama dengan capcut.

  1. Pertama, silakan unduh dan install aplikasi kinemaster. Aplikasi kinemaster dapat kalian unduh pada google playstore dan apps store.
  2. Apabila kinemaster sudah kalian install. Sekarang silakan kamu jalankan aplikasi kinemaster.
  3. Kemudian tap tanda “plus“, kemudian pilih “aspect ratio” video yang akan dibuat. Apabila untuk youtube bisa menggunakan ratio 16:9.
  4. Nah untuk layer pertama kalian bisa masukan background atau latar belakang pengganti. Kalau sudah checklist
  5. Kemudian untuk layer kedua masukan video yang akan kamu ganti backgroundnya.
  6. Nah untuk background yang mudah untuk dihilangkan disarankan menggunakan warna biru atau hijau. Setelah itu sesuaikan ukuran video dengan background.
  7. Kalau sudah silakan scroll kebawah hingga ketemu menu kunci kroma atau chroma key. Terus aktifkan dan digeser-geser. Secara otomatis background pun hilang dan terganti menggunakan background yang telah kalian pilih.

Kesimpulan
Jadi begitulah cara mengganti background video tanpa green screen di android dan di pc. Fungsi green screen yaitu untuk memudahkan dalam proses editing video. Namun apabila terlanjur tidak menggunakan green screen, ada solusi praktis untuk editing yaitu menggunakan situs unscreen. Ada juga cara lainnya yaitu menggunakan aplikasi capcut ataupun kinemaster. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.