sebutkan bagian bagian dari komputer

Sebutkan Bagian Bagian Dari Komputer dan Fungsinya

Sebutkan bagian bagian dari komputer dan fungsinya. Temen temen sedang kebingungan ketika diberikan pertanyaan untuk menyebutkan bagian bagian perangkat komputer? Tenang, kaka iyainaja akan membantumu. Pada artikel ini kaka akan menyebutkan dan menjelaskan pada kalian, masing masing bagian komputer.

Siapa disini yang masih kelas smp? atau sudah sma? Sebelumnya apakah adik adik atau temen temen, sudah paham apa yang dimaksud dengan komputer?

Apa itu komputer/pc? Komputer / pc adalah perangkat elektronik, yang berfungsi untuk mengolah data atau informasi. Tak hanya itu juga, komputer dapat digunakan untuk mengetik dokumen, mengirim email, bermain game, serta untuk browsing. Teman teman juga dapat menggunakan komputer untuk membuat presentasi, mengolah angka, membuat video, dan lain lain.

Komponen komputer secara garis besar dibagi menjadi tiga, yaitu hardware, software, dan brainware. Hardware adalah perangkat keras komputer. Contoh hardware, monitor, keyboard, mouse, dll. Software adalah perangkat lunak. contohnya microsoft word. Dan Brainware adalah kita yaitu seorang pengguna komputer. Pada artikel ini kaka akan menjelaskan pada bagian hardware saja.

Sebutkan Bagian Bagian Dari Komputer

Bagian bagian perangkat komputer dibagi menjadi beberapa komponen utama, yaitu Input, Processing Device, Output, dan Storage Device. Untuk input meliputi, mouse dan keyboard. Sedangkan untuk Processing meliputi ram, vga card, power supply, motherboard, dan processor. Output meliputi monitor. Dan Storage meliputi harddisk. Adapun penjelasan untuk masing masing bagian sebagai sebagai berikut.

Baca juga: Cara Sharing Printer Windows 10

Input Device

Input device adalah perangkat masukan atau input yang berfungsi, untuk memasukan perintah dari pengguna. Input atau masukan dari pengguna komputer bisa berupa teks, gambar, atau suara. Adapun perangkat input utama komputer, yaitu mouse dan keyboard. Untuk penjelasannya sebagai berikut.

Mouse

Apa itu mouse dan fungsinya? Mouse adalah perangkat keras komputer. Fungsi mouse yaitu untuk menggerakkan pointer. Selain untuk menggerakan pointer, mouse juga digunakan untuk melakukan scroll, drag and drop, menjalankan program, dan masih banyak fungsi lainnya. Pada perangkat komputer, mouse menjadi perangkat yang krusial atau penting. Karena tanpa mouse, kita tidak dapat menggerakkan pointer, berbeda dengan halnya laptop yang sudah dilengkapi dengan track pad. Terkait dengan jenis mouse juga berbagai macam.

Keyboard

Keyboard disini bukan keyboard yamaha alat musik, melainkan keyboard perangkat keras komputer. Keyboard pada komputer, berfungsi untuk menginputkan data berupa angka, simbol, dan huruf. Jenis port keyboard bermacam macam, mulai dari usb, ps2, dan wireless.

sebutkan bagian bagian dari komputer
gambar bagian bagian komputer

Processing Device

Processing device adalah perangkat yang digunakan untuk menjalankan atau memproses data. Perangkat processing device diantaranya Processor, RAM, VGA, Power Supply, dan Motherboard. Penjelasan masing masing perangkat sebagai berikut.

Processor

Processor biasa disebut CPU(Central Processing Unit). Mengutip dari whatis.techtarget.com Processor adalah sirkuit logika atau papan sirkuit yang merespons dan memproses instruksi dasar yang menggerakkan komputer. Processor tak hanya terdapat pada pc, tetapi juga ada pada laptop, smartphone, tablet, dll.

RAM (Random Access Memory)

Random Access Memori atau biasa dikenal RAM. RAM adalah hardware yang ada pada perangkat komputer. Tak hanya ada pada perangkat komputer, tetapi juga ada dilaptop, router, bahkan access point sekalipun. Kapasitasnya juga bermacam macam, mulai dari 512MB, 1GB, 2GB, 4GB, dll. Besaran volume RAM, berpengaruh pada tingkat kecepatan komputer dalam mengolah data, dan menjalankan suatu program.

VGA Card

VGA Card atau biasa disebut dengan Video Graphic Adapter Card. Biasa orang indonesia bilang, kartu grafis. Dari namanya sendiri sudah cukup jelas, bahwa ada sangkut pautnya dengan graphic atau tampilan. VGA berguna untuk mengirimkan sinyal video analog ke monitor.

Motherboard

Motherboard berfungsi sebagai penghubung masing masing perangkat keras. Jadi pada motherboard terdapat perangkat keras lain yang terpasang, seperti RAM, Harddisk,dll.

Power Supply

Ada yang sudah paham mungkin apa itu power supply dan fungsinya? Power supply adalah salah satu, perangkat hardware yang berguna untuk mengalirkan arus listrik (DC) ke komponen komputer. Jadi, jika komputer tidak terdapat power supply, tentunya komputer tidak akan menyala.

Output Device

Output device atau kerap kali disebut perangkat output, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menampilkan hasil proses. Hasil proses output berupa teks, gambar, audio, dan video. Contoh perangkat output utama, antara lain monitor. Sedangkan seperti proyektor, merupakan optional atau tidak wajib ada pada komputer. Adapun penjelasan monitor sebagai berikut.

Monitor

Monitor adalah salah satu perangkat utama dalam komputer. Monitor termasuk kedalam output device. Berfungsi untuk menampilkan hasil proses komputer berupa, gambar, video, ataupun teks. Monitor menjadi perangkat penting pada komputer. Bayangkan saja, bagaimana jadinya apabila komputer tanpa monitor? Tentunya jadi tidak bisa menjalankan atau mengerjakan tugas kita, seperti mengetik, merender video ataupun browsing sekalipun. Monitor juga banyak jenisnya mulai dari CRT, LCD, sampai dengan LED.

Storage Device

Storage device digunakan untuk menyimpan data. Storage device terbagi menjadi dua jenis yaitu internal storage dan external storage. Internal Storage adalah komponen utama komputer, karena internal storage akan digunakan sebagai media penyimpanan sistem operasi dan data data pengguna. Sedangkan external storage, sifatnya optional atau tidak wajib ada dikomputer. Contoh internal storage seperti hard disk internal. Sedangkan external storage seperti CD,DVD, Harddisk External dan flashdisk. Adapun penjelasan hard disk internal sebagai berikut.

Baca juga: Cara Menggabungkan Partisi Hardisk Windows 10

Hard Disk Internal

Hard Disk Internal berfungsi untuk tempat penyimpanan utama komputer. Data data yang tersimpan pada hard disk sendiri bisa bermacam macam seperti file sistem atau OS, ataupun data data kamu. Hard disk sendiri terbagi menjadi tiga, HDD, SSD, dan HHD.

Kesimpulan

Jadi begitulah bacaan mengenai “Sebutkan bagian bagian dari komputer”. Bagaimana dengan komputer? Tertarik ingin memiliki komputer? Semoga bacaan ini membantu adik adik dalam menjawab soal dan menambah wawasan. Terima kasih. Sampai jumpa pada artikel iyainaja.my.id berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.