cara screen record di laptop

5 Cara Screen Record di Laptop Dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Screen record, atau biasa orang menyebutnya dengan rekam layar. Ada banyak sekali cara screen record di laptop, mulai dari menggunakan aplikasi tambahan, hingga tanpa aplikasi tambahan. Pada artikel ini kakak iyainaja, akan berbagi tentang cara rekam layar laptop, khususnya pada sistem operasi windows. Tips pada artikel ini dapat kamu praktekkan, baik itu pada windows 7, 8 ,10 atau 11 sekalipun.

Penasaran apa saja dan bagaimana langkah langkahnya? Silakan disimak!

Cara Screen Record di Laptop

Pada artikel ini kakak paparkan beberapa cara untuk merekam layar laptop, baik itu menggunakan aplikasi tambahan ataupun tanpa aplikasi tambahan. Berikut cara caranya. Silakan dibaca secara cermat dan praktekan.

Perbedaan Komputer dan Laptop, Ini Penjelasannya

Cara Screen Record di Laptop Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebetulnya ada banyak sekali solusi, untuk merekam layar laptop tanpa aplikasi tambahan. Namun pada artikel ini kakak hanya sampaikan tiga saja. Adapun sebagai berikut.

1. WINDOWS + G / WINDOWS + ALT + R

Cara pertama yang dapat kamu gunakan untuk merekam layar tanpa aplikasi, yaitu menggunakan fitur screen record bawaan windows. Fitur screen record, tersedia pada sistem operasi windows 10 dan 11. Fitur ini hadir, untuk memberikan solusi praktis yang sebelumnya pada windows 7 atau 8 belum tersedia. Cara menggunakannya, dengan menekan tombol WINDOWS + G, atau bisa juga menggunakan kombinasi tombol WINDOWS + ALT + R.

Namun sebelum itu pastikan xbox game bar sudah dalam keadaan hidup (on). Adapun langkah langkah pengecekannya sebagai berikut.

  1. Silakan klik tombol “windows” pada pojok kiri bawah, kemudian klik “settings“.
  2. Akan muncul kotak dialogsettings“, silakan klik “gaming“.
  3. Pastikan xbox game bar dalam keadaan menyala (on). Jika dalam keadaan mati (off), silakan klik untuk menghidupkannya.

Jika xbox game bar sudah dalam keadaan hidup (on), silakan ikuti langkah berikut untuk merekam layar.

  1. Silakan buka aplikasi atau game, yang akan kamu rekam terlebih dahulu. Sebagai contoh membuka microsoft word.
  2. Bila aplikasi atau game telah terbuka, silakan tekan tombol “WINDOWS + G” secara bersamaan.
  3. Silakan ditunggu beberapa saat, akan muncul overlay menu, diantaranya; “widget menu, audio, capture, performance, resource, dll”.
  4. Silakan klik “capture“, dan akan muncul overlaymenu capture“.
  5. Klik “icon start recording“, atau kamu bisa menggunakan shortcut keyboard “WINDOWS + ALT + R” untuk memulai rekaman.

Cara Rotate Video di Laptop, Lengkap Banget

KelebihanKekurangan
Gratis dan Tidak perlu download aplikasi tambahan untuk merekam layarFile Explorer dan Windows Desktop tidak dapat direcord
Tidak butuh koneksi internetHanya tersedia pada sistem operasi windows 10 dan 11
Tidak ada watermark
cara record video di laptop tanpa aplikasi
cara record video di laptop tanpa aplikasi

2. Screencapture.com

Apabila kamu menggunakan windows 7 atau 8, dan malas untuk mengunduh sekaligus menginstall aplikasi tambahan, ada solusi lainnya yaitu menggunakan aplikasi screen recorder online. Aplikasi perekam layar online ini, dapat kamu akses melalui browser, nama situsnya yaitu screencapture.com. Adapun langkah langkahnya sebagai berikut.

  1. Silakan buka browser yang biasa kamu gunakan, pastikan laptop/komputer terkoneksi dengan internet.
  2. Akses situs screencapture.com
  3. Klik pada tombol “start recording“.
  4. Akan muncul kotak dialog “choose what to share“. Silakan pilih mode “entire screen“, kemudian klik layar, dan klik share. Sampai dengan langkah ini screencapture telah memulai merekam layar laptop.
  5. Untuk menghentikannya silakan klik “stop recording“.
  6. Kemudian langkah terakhir, silakan klik “download“, untuk mengunduh hasil rekaman.
KelebihanKekurangan
Bisa Gratis atau Berbayar dan Tanpa perlu download ataupun install aplikasi tambahanPerlu koneksi internet, apabila internet putus atau tidak ada internet,maka tidak dapat melakukan rekaman layar
Tidak perlu render, karena sudah tersimpan secara otomatis dengan format video mp4Terdapat watermark apabila menggunakan mode gratis
Bisa merekam file explorer dan windows desktop
Kelebihan dan kekurangan screencapture.com

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows

3. Panopto.com

Selain menggunakan situs screencapture, ada situs lainnya yaitu panopto.com. Perbedaan screencapture dengan panopto, terletak pada format video yang dihasilkan. Screencapture menghasilkan format video .mp4, sedangkan panopto .webm. Adapun berikut langkah langkahnya.

  1. Silakan buka browser dan kunjungi situs panopto.com
  2. Klik tombol “record” yang terletak dibagian atas dengan warna merah.
  3. Kamu akan dialihkan pada halaman baru. Silakan klik “allow” untuk mengizinkan camera serta microphone jika kamu ingin mengekam suara. Namun jika tidak juga tidak apa apa.
  4. Kemudian silakan klik “Screen and Apps“.
  5. Pada bagian “choose what to share” silakan pilih “entire screen“, kemudian klik layar pada bagian “entire screen” dan klik “share“.
  6. Berikutnya silakan klik “tombol rekam” (tombol lingkaran dengan warna merah) untuk memulai rekaman. Panopto pun akan memulai rekaman.
  7. Untuk stop, silakan klik tombol stop (icon kotak berwarna merah).
  8. Langkah terakhir, silakan klik tombol download (icon dengan tanda panah ke bawah) untuk mengunduh hasil rekaman.
KelebihanKekurangan
Gratis, Tanpa Perlu InstallMembutuhkan koneksi internet
Bisa record semua aplikasi termasuk desktop atau file explorer
Tidak perlu rendering
Kelebihan dan Kekurangan panopto.com

Cara Screen Record di Laptop Dengan Aplikasi Tambahan

Ada banyak opsi untuk merecord dengan aplikasi tambahan. Aplikasi tambahan tersebut seperti; Obs studio, free cam, Camtasia, Bandicam, dll. Pada artikel ini kakak akan paparkan, menggunakan Camtasia dan Bandicam.

1. Camtasia

Salah satu cara merekam layar laptop dengan aplikasi tambahan, yaitu menggunakan program Camtasia. Program ini adalah program berbayar. Namun kakak anggap, kamu tahu lah caranya untuk mengatasi yang berbayar ini.

Adapun langkah merekam menggunakan Camtasia sebagai berikut:

  1. Silakan install Camtasia terlebih dahulu.
  2. Apabila sudah terinstall, silakan buka Camtasia recorder.
  3. Secara default Camtasia akan merekam secara full screen (layar penuh). Namun jika ingin merekam area tertentu saja, silakan klik “Custom” kemudian atur ukuran perekaman.
  4. Jika ukuran layar yang akan direkam sudah sesuai dengan keinginanmu. Silakan klik “Rec” untuk memulai merekam layar.
  5. Untuk stop, kamu tinggal klik “stop“.
  6. Kemudian tinggal klik “save” untuk menyimpan hasil rekaman tadi. Namun jika kamu tidak ingin menyimpannya, silakan klik “delete” untuk menghapus.
cara screen video di laptop dengan camtasia
cara screen video di laptop dengan camtasia
KelebihanKekurangan
Camtasia dapat digunakan untuk merekam sekaligus untuk mengedit videoPerlu menginstall, atau membutuhkan resource untuk menginstall aplikasi ini
Tidak perlu koneksi internet untuk merekamBerbayar
Dapat merekam semua aplikasi termasuk file explorer ataupun windows desktopHasil record perlu dirender terlebih dahulu. Hasil rekaman ini perlu dirender agar bisa di play menggunakan video player
Kelebihan dan Kekurangan Camtasia

3 Cara Refresh Laptop Dengan Keyboard dan Mouse

2. Bandicam

Cara merekam layar laptop berikutnya, yaitu dengan aplikasi Bandicam. Program ini berbayar sama seperti Camtasia. Perbedaannya, program ini hanya khusus untuk merekam saja, tidak sekaligus untuk mengedit video. Perbedaan lainnya terletak pada hasil rekamannya, dengan format mp4 (default). Adapun langkah langkah penggunaanya sebagai berikut.

  1. Silakan install dulu aplikasi Bandicam. Kemudian jalankan.
  2. Langkah berikutnya memilih mode rekaman.
    • Klik arah panah bawah disamping icon layar.
    • Akan muncul banyak pilihan rekaman, seperti “select recording area”, “rectangle on a screen”, “fullscreen“, dan “around mouse“. Silakan pilih salah satu mode tersebut.
  3. Setelah memilih mode rekaman, sekarang saatnya merekam. Klik tombol “Rec” untuk memulai merekam. Untuk mengakhiri perekaman, silakan tekan tombol stop (kotak berwarna merah). File hasil rekaman akan tersimpan didalam output folder.
KelebihanKekurangan
Ukurannya yang jauh lebih ringan dibandingkan CamtasiaProgram Bandicam hanya dapat digunakan untuk record video
Hasil rekaman tidak perlu dirender. Secara default format video yang dihasilkan yaitu MP4, namun kamu dapat mengubahnya menjadi AVI pada bagian pengaturanPerlu download, dan menyiapkan resource untuk menginstall aplikasi ini
Dapat mengerekam file explorer ataupun windows desktop
Kelebihan dan Kekurangan Bandicam
QnA

Q: Ka jadi bagusnya pakai cara yang mana?
A: Tergantung,
Jika sistem operasimu windows 7, kamu dapat menggunakan bandicam atau panopto.
sedangkan jika sistem operasimu windows 10, kamu bebas memilih mau menggunakan fitur bawaan, atau menggunakan keempat cara lainnya.
Q: Ka kalau pengen record tapi nggak ada watermark dan gk perlu install, bagusnya milih yang mana?
A: Kalau pengen free dan kebetulan kamu menggunakan windows 10, kamu bisa menggunakan fitur bawaan. Karena kamu gk perlu install ini itu.

Kesimpulan

Jadi begitulah cara screen record di laptop. Ada setidaknya lima cara merekam layar laptop, diantaranya menggunakan fitur bawaan windows, menggunakan situs screencapture, panopto, camtasia,dan bandicam.

Dari kelima cara tersebut, kakak pribadi lebih memilih menggunakan bandicam. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.