cara refresh laptop

3 Cara Refresh Laptop Dengan Keyboard dan Mouse

Dulu pasti kita pernah melakukan refresh atau menekan F5 berkali kali, katanya untuk meng atasi laptop lemot atau untuk membuat laptop/komputer menjadi lebih cepat. Padahal hal ini berbanding terbalik, dengan informasi resmi dari pihak microsoft. Dalam sebuah forum resmi microsoft dikatakan bahwa, “refresh tidak akan membuat kinerja laptop menjadi cepat”, Lantas Muncul Pertanyaan, “Refresh untuk apa? Dan kapan digunakan?”

Refresh laptop, berfungsi untuk menyegarkan atau mereload kembali atau memuat ulang kembali hal hal yang terdapat pada desktop. Refresh baiknya dilakukan apabila, terjadi hal hal error seperti; ikon program desktop yang tidak muncul, nama program desktop yang sudah direname namun tidak langsung berganti, dll.

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows

Pada artikel ini kakak iyainaja, akan berbagi tutorial cara refresh laptop, khususnya pada sistem operasi windows. Cara ini dapat kamu terapkan pada windows 7, windows 8, dan windows 10. Salah satu cara refresh yaitu dengan mouse. Namun patut kamu ketahui, ternyata untuk melakukan refresh, juga dapat dilakukan menggunakan keyboard.

Cara Refresh Laptop

Secara garis besar, refresh pada laptop atau komputer dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan mouse dan menggunakan keyboard. Kedua cara tersebut, akan kakak paparkan pada artikel ini.

1. Dengan Mouse

Cara refresh menggunakan mouse, tergolong yang paling sering digunakan. Yaitu dengan klik kanan pada desktop, kemudian memilih refresh. Adapun berikut langkah langkahnya.

  1. Silakan kamu menuju desktop.
  2. Pada desktop terdapat banyak ikon program. Silakan lakukan “klik kanan”, pada area yang kosong.
  3. Akan muncul opsi opsi yang dapat dipilih. Silakan klik opsi “refresh“. Sampai dengan langkah ini kamu telah melakukan refresh.

2. Dengan Keyboard

Selain menggunakan mouse, ada cara lainnya yaitu, dengan cara refresh laptop tanpa mouse (keyboard). Syaratnya, keyboard yang kamu gunakan dalam keadaan normal.

cara1: F5

  1. Silakan menuju desktop terlebih dahulu. Tekan tombol “WINDOWS + D” secara bersamaan, untuk beralih ke desktop.
  2. Apabila sudah berada di desktop, silakan tekan tombol F5.

Perbedaan Komputer dan Laptop, Ini Penjelasannya

cara2:

  1. Silakan ke desktop terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol “menu” atau “app key” pada keyboard, untuk melakukan klik kanan pada desktop.
  3. Akan muncul opsi pilihan. Silakan arahkan kebawah dengan tombol arah bawah hingga ke opsi refresh.
  4. Silakan tekan tombol enter pada opsi refresh. Sedikit catatan, tidak semua merk laptop terdapat tombol pointer. Salah satu merk yang terdapat tombol pointer yaitu acer.
Pembuktian Refresh Tidak Bisa Mengatasi Laptop Lemot

Salah satu indikator laptop/komputer lemot, karena kinerja cpu yang tinggi. Indikator ini dapat digunakan, sebagai acuan untuk membuktikan “apakah refresh dapat membuat kinerja laptop menjadi cepat, atau mengatasi laptop yang lemot”.

  1. Silakan buka task manager dengan menekan tombol “CTRL + ALT + DEL”, dan pilih “Task Manager”.
  2. Windows Task manager pun terbuka, silakan klik “Tab Performance”.
  3. Amati dan perhatikan pada bagian cpu usage selama kurang lebih 20 detik.
  4. Jika sudah 20 detik, lakukan refresh, boleh satu kali atau dua kali. Kemudian amati kembali cpu usage. Kamu pun akan mendapati grafik load cpu naik, ketika melakukan refresh. Jadi dapat disimpulkan bahwa melakukan refresh tidak membuat cpu load menjadi kecil.
Kesimpulan

Ada dua cara refresh laptop. Pertama dengan mouse, dan yang kedua me refresh laptop dengan keyboard. Dari beberapa cara tersebut, kakak sendiri jauh lebih memilih menggunakan keyboard, khususnya dengan F5 karena lebih ringkas.

Semoga artikel ini menambah wawasanmu. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Reference
  • Microsoft. ” What does refresh option in desktop do?.” Microsoft.com. https://answers.microsoft.com/en-us/windows/forum/all/what-does-refresh-option-in-desktop-do/1af1e0dd-e380-4208-81f5-89beb4b3a4f7 (diakses pada 30 April 2022).

Leave a Reply

Your email address will not be published.