perbedaan komputer dan laptop

Perbedaan Komputer dan Laptop, Ini Penjelasannya

Perbedaan Komputer dan Laptop. Kalian sedang bingung untuk memilih komputer atau laptop untuk kebutuhan kalian sehari hari? Mungkin dengan membaca artikel ini, dapat membantumu dalam menentukannya. Pada kesempatan kali ini kakak iyainaja, akan membahas tentang perbedaan komputer dengan laptop.

Komputer Desktop dan Laptop, keduanya serupa tapi tak sama. Kedua perangkat tersebut memiliki fungsi dan peranan yang sama. Keduanya sama sama bisa digunakan untuk browsing, main game, dll. Dan juga sama sama mempunyai komponen ram,vga,processor,dll. Namun kedua perangkat tersebut memiliki perbedaan,bukan cuman sekedar namanya lho ya. Penasaran apa saja perbedaannya? Berikut 5 perbedaan dan penjelasannya.

Komputer Berasal Dari Kata Compute

Perbedaan Komputer dan Laptop

1. Sistem Perakitan

Perakitan dalam laptop jauh lebih rumit ketimbang komputer. Mengapa rumit? Hal ini lantaran, komponen laptop dirakit dalam satu perangkat. Sedangkan komputer terpisah pisah. Monitor tidak jadi satu dengan cpu. Hal ini yang membuat perakitan komputer jauh lebih mudah daripada laptop.

2. Fleksibilitas

Fleksibel maksudnya, mudah dibawa bawa dan dengan mudah digunakan dimana saja. Seperti halnya laptop dapat digunakan dimana saja dan mudah dibawa bawa. Sedangkan komputer harus disatu tempat, susah untuk berpindah pindah tetapi ini hanya berlaku untuk komputer, bukan mini pc.

ilustrasi penggunaan laptop

Sebagai contoh ilustrasinya, temen temen menggunakan laptop di kamar. Kemudian temen temen mau berpindah menggunakan laptop ke ruang tengah. Apabila menggunakan laptop, kita hanya perlu menentengnya saja, dan berpindah ke ruang tengah, dengan simple dan tidak repot.

Berbeda halnya, apabila kita menggunakan komputer di kamar lalu mau berpindah ke ruang tengah. Tentunya, kita harus memindahkan perangkat komputer jauh lebih banyak. Jadi kita harus memindah monitornya dulu, kemudian memindah cpunya, dll. Hal ini juga yang membuat orang, jauh lebih memilih menggunakan laptop ketimbang pc, karena lebih mendukung mobilitas pemakaian.

3. Sumber Daya

Laptop memiliki baterai. Untuk menggunakan laptop kita bisa menggunakan sumber daya baterai ataupun dengan menggunakan sumber daya listrik. Sedangkan untuk menggunakan komputer, hanya bisa menggunakan sumber daya listrik. Apabila tidak terdapat sumber listrik, tentunya kita tidak dapat menggunakan komputer.

4. Konsumsi Daya Listrik

Konsumsi daya listrik pada laptop memiliki daya yang lebih rendah. Untuk kebutuhan adapter laptop sendiri, kurang lebih akan mengkonsumsi sekitar 25watt. Sedangkan komputer, mengkonsumsi daya yang lebih besar atau sekitar 400watt. Hal ini juga, lantaran monitor dan cpu terpisah sehingga akan membutuhkan daya listrik yang lebih besar ketimbang laptop.

Untuk gambaran simpelnya begini, sebuah laptop hanya membutuhkan satu stop kontak. Satu stop kontak lantaran hanya digunakan untuk adapter saja. Lain halnya dengan komputer, setidaknya membutuhkan dua stop kontak. Satu digunakan untuk memberikan daya ke monitor, satunya lagi untuk cpu.

Bagian Bagian Komputer

5. Komponen Perangkat

Laptop memiliki komponen komponen yang sudah tersedia dan dapat langsung digunakan. Contohnya keyboard bawaan yang sudah terpasang, trackpad untuk menjalankan pointer, speaker, webcam, bluetooth,dll yang sudah tersedia dan terpasang pada laptop.

Berbeda dengan komponen komponen komputer, (kecuali mini pc gole) kita perlu menambahkan perangkat tambahan seperti; keyboard dan mouse untuk menjalankan sebuah komputer. Tanpa adanya keyboard dan mouse, komputer dapat menyala, tetapi sulit bagi kita untuk mengoperasikannya.

Kesimpulan
Jadi begitulah 5 Perbedaan komputer dan laptop versi iyainaja. Perbedaannya antara lain, sumber daya listrik, mobilitas, besaran konsumsi listrik, dan komponen perangkat. Bagaimana, temen temen mau menggunakan komputer ataukah laptop? Tentukan pilihanmu, sesuai dengan kebutuhanmu. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.