cara rotate video di laptop

Cara Rotate Video di Laptop, Lengkap Banget

Cara rotate video di laptop. Kamu sedang bingung, bagaimana cara memutar video? Tenang, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai cara merotasi video di laptop.

Video adalah salah satu hiburan yang dapat kita tonton. Namun bagaimana jadinya, jika video yang akan kita tonton ternyata posisinya terbalik? Pada beberapa kondisi tertentu, kita menemukan sebuah video terbalik. Kondisi tersebut bisa terjadi salah satunya karena, video direkam menggunakan posisi terbalik.

Ada beberapa solusi untuk memperbaiki masalah video, yang posisinya terbalik. Salah satunya, dengan cara merotasi atau rotate video tersebut. Ada banyak cara mengubah posisi video yang terbalik, diantaranya:

  1. Dengan menginstall Aplikasi Tambahan. Aplikasi tambahan disini, yang kakak maksud adalah software video editor. Temen temen bisa menggunakan windows movie maker, adobe premiere, ataupun software video editor yang dapat temen temen unduh di internet.
    Bahkan, temen temen juga bisa menggunakan software pemutar video seperti; vlc media player.
  2. Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan. Sebetulnya kita tetap menggunakan aplikasi, namun kita tidak perlu menginstallnya pada komputer kita. Aplikasi tersebut sudah tersedia di internet dalam bentuk web dan dapat langsung digunakan secara online dan gratis.

CARA MENGGANTI BACKGROUND VIDEO TANPA GREEN SCREEN

Cara Rotate Video di Laptop

Dengan Aplikasi Tambahan

1. Menggunakan Adobe Premiere

Adobe premiere adalah salah satu software editor video terbaik untuk membuat video editing. Hal ini lantaran lengkap akan fitur. Berikut ini cara rotate video di adobe premiere.

  • Silakan unduh dan install terlebih dahulu adobe premiere.
  • Langkah berikutnya silakan buka aplikasi adobe premiere.
  • Jika aplikasi sudah terbuka silakan buat project baru. Caranya, silakan klik “new project“, kemudian inputkan nama project pada bagian “name“. Lalu klik “ok“.
  • Apabila project telah terbuat, langkah berikutnya silakan import video ke dalam project tersebut. Silakan klik “file” kemudian pilih opsi “import“, lalu cari file video yang akan diedit dan klik “open“.
  • Langkah berikutnya yaitu memasukan video ke dalam timeline. Silakan klik kanan pada file video, kemudian klik “new sequence from clip“.
  • Saatnya merotasi video, caranya klik pada bagian menu editing. Kemudian akan muncul banyak settingan yang dapat kita atur mulai dari posisi, opacity, dll. Silakan klik pada bagian “rotation“. Lalu drag ke kanan atau ke kiri untuk merotasi video tersebut.
  • Langkah terakhir yaitu save video/export video. Tekan tombol crtl+m pada keyboard, kemudian kalian tinggal klik “export“.
cara rotate video di adobe premiere dan camtasia
cara rotate video di adobe premiere dan camtasia

2. Camtasia

Camtasia tak hanya digunakan untuk merekam layar monitor, namun juga dapat digunakan untuk mengedit video. Berikut cara rotate video, menggunakan camtasia:

  • Pertama pastikan kalian telah mengunduh aplikasi camtasia dan telah menginstallnya pada laptop ataupun komputer kalian.
  • Kemudian silakan buka aplikasi camtasia.
  • Apabila aplikasi camtasia telah terbuka, langkah berikutnya silakan klik “file” kemudian pilih opsi “import media“. Lalu silakan cari dan pilih video yang akan kalian rotate dan klik “open”.
  • Video yang akan dirotate pun sudah terimpor ke aplikasi camtasia. Langkah berikutnya yaitu meletakkan video ke “timeline track. Caranya silakan klik kanan pada file video, lalu klik “add to timeline at playhead“.
  • Setelah video kedalam “track“, langkah berikutnya yaitu merotatenya. Caranya klik kiri track video, kemudian klik kiri “visual properties“.
  • Akan beberapa muncul beberapa settingan “visual properties“. Perhatikan pada bagian “rotation” tepatnya pada form “z”. Silakan kalian rotasikan sesuai dengan keinginan kalian. Apabila kalian menggunakan angka negatif (-) maka rotasi akan bergerak searah jarum jam, tetapi apabila positif maka akan bergerak berlawanan jarum jam. Sampai dengan langkah ini kalian telah berhasil merotate video.
  • Langkah terakhir yang perlu kalian lakukan yaitu mengesave video tersebut, dengan cara klik “produce and share“.

3. Menggunakan Windows Movie Maker

Aplikasi untuk merotasi video tak hanya adobe premiere dan camtasia, namun ada aplikasi lainnya yaitu movie maker. Windows Movie Maker juga dapat digunakan untuk merotasi video yang terbalik. Berikut cara memutar posisi video di movie maker.

  • Pastikan kalian sudah menginstall windows movie maker pada laptop atau komputer yang kalian gunakan.
  • Apabila sudah terinstall silakan buka windows movie maker.
  • Kemudian silakan open file video yang terbalik. Silakan drag n drop video ke windows movie maker.
  • Lalu silakan klik rotate left atau rotate right sesuai keingingan kalian.
  • Jika sudah, langkah terakhir yaitu save videonya, dengan cara klik “save movie” lalu pilih “for computer”.

4. VLC Media Player

Fyi, vlc tak hanya dapat digunakan untuk memutar video saja. VLC juga dapat merotate video yang terbalik hanya saja sifatnya sementara. Untuk vlc media player yang kakak gunakan adalah versi 2.2.4. Berikut cara merotasi video pada vlc media player:

  • Pertama silakan unduh dan install vlc media player pada perangkat kalian. Temen temen dapat mengunduhnya melalui situs resminya : https://www.videolan.org/vlc/
  • Jika sudah terunduh dan terinstall langkah berikutnya silakan jalankan aplikasi vlc terlebih dahulu.
  • Apabila aplikasi vlc sudah terbuka, silakan buka video menggunakan vlc media player. Caranya klik media, kemudian klik open file.
  • Bila video sudah tersetel, silakan kalian pause terlebih dahulu. Lalu sekarang saatnya kalian rotate videonya. Caranya klik tools, kemudian klik “effect and filters”.
  • Akan muncul kotak dialog adjustments and effects. Silakan klik pada tab “video effects”. Kemudian klik “geometry”.
  • Pada bagian tab bagian ini kalian bisa merotasi dengan dua cara. Cara pertama dengan centang transform kemudian memilih rotasi yang tersedia. Dan cara kedua dengan mencentang rotate lalu mengatur rotasi fleksibel mengikuti keingingan kita. Jika sudah klik tombol “close”.

Cara Merotasi Video Tanpa Aplikasi Tambahan

Apabila temen temen tidak mau menginstall aplikasi tambahan, maka temen temen dapat menggunakan cara berikut.

1. 123Apps / Online Video Cutter

  • Pertama silakan buka browser yang terdapat pada komputer atau laptop kamu. Pastikan perangkat kamu terkoneksi dengan internet.
  • Apabila browser sudah terbuka, langkah berikutnya silakan kunjungi situs “https://online-video-cutter.com/rotate-video”.
  • Kemudian silakan klik pada tombol “open file”, lalu pilih dan upload file video yang akan dirotate.
  • Jika video telah terupload, maka kalian tinggal klik tombol rotate “left” atau “right” untuk rotasi video tersebut sesuai yang kalian inginkan. Rotasi pada aplikasi ini akan bergerak 90 derajat.
  • Apabila dirasa sudah, silakan klik tombol “save”. Videopun akan memulai proses encoding. Jika proses encoding telah selesai maka dapat kalian download.
  • Langkah terkahir kalian hanya tinggal klik tombol “save” lagi untuk mengunduhnya.

QnA
Q: Apakah video Bisa di rotate?
A: Bisa, pada artikel ini sudah dijelaskan bagaimana cara merotatenya.
Q: Kenapa video di laptop terbalik?
A: Video bisa terbalik salah satu penyebabnya karena, posisi perekaman dilakukan secara terbalik.

Kesimpulan
Jadi begitulah cara rotate video di laptop. Untuk memperbaiki orientasi video yang terbalik dapat menggunakan software video editor seperi windows movie maker, adobe premiere, dll. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.