cara menghapus aplikasi di laptop windows

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows

“Kenapa laptop jadi lemot?” Laptop atau komputer kamu lemot, bisa jadi karena ruang penyimpanan laptop hampir penuh. Banyaknya aplikasi yang terinstall, menjadikan ruang penyimpanan laptop kian menipis. Salah satu solusinya yaitu, dengan cara menghapus aplikasi di laptop.

Pada artikel ini, kakak iyainaja akan berbagi tentang, cara hapus aplikasi di laptop. Sebelum itu kakak akan jelaskan istilah “uninstall“. Uninstall merupakan istilah yang digunakan pada sistem operasi, untuk menghapus atau menghilangkan software / perangkat lunak dari sistem operasi. Uninstall kebalikan dari install.

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop

Secara garis besar ada dua cara untuk menghapus sebuah aplikasi yang terinstall, baik itu pada laptop ataupun komputer. Pertama menggunakan uninstaller dari bawaan windows (tanpa aplikasi tambahan), dan yang kedua menggunakan program tambahan seperti “ccleaner” ataupun “revo uninstaller”.

1. Tanpa Aplikasi Tambahan

Salah satu cara uninstall aplikasi yaitu, dengan membuka folder program yang terletak pada program files. Kemudian cari dan jalankan program uninstaller dari aplikasi yang akan kamu uninstall. Cara ini terbilang cukup ribet, namun kamu tidak perlu kawatir. Karena ada cara yang jauh lebih simpel, yaitu menggunakan uninstall program yang dapat kamu akses melalui control panel.

Kelebihan cara ini, tidak perlu download program tambahan. Namun kekurangannya akan menyisakan file file registry atau kurang tuntas. Adapun berikut cara caranya.

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 7

Cara1: Control Panel

Cara yang pertama yaitu melalui start menu lalu control panel dan klik uninstall program. Cara ini terbilang paling umum digunakan. Adapun berikut langkah langkahnya.

  1. Klik menu start.
  2. Akan muncul berbagai macam menu, klik “control panel”.
  3. Kemudian “uninstall a program”.
  4. Muncul program program yang terinstall pada laptop kamu. Silakan cari program yang akan kamu uninstall.
  5. Jika sudah ketemu, silakan klik kanan pada program tersebut. Lalu klik “uninstall”.
uninstall aplikasi laptop windows 7
uninstall aplikasi laptop windows 7
Cara2: Search And Program Files

Selain mengaksesnya dengan control panel, kamu juga bisa menggunakan kolom pencarian atau “search and program files”. Berikut panduannya.

  1. Sama seperti cara satu, silakan klik menu “start”
  2. Kemudian pada bagian “search and program files”, silakan ketikan “uninstall a program”.
  3. Akan muncul beberapa pilihan, diantaranya “uninstall a program”, “change or remove a program” dan “program and features”. Silakan klik salah satu pilihan tersebut.
  4. Kemudian akan muncul daftar ikon aplikasi dan program yang terinstall pada laptop kamu. Silakan cari program yang akan kamu uninstall.
  5. Jika sudah ketemu, silakan klik kanan pada program, lalu “uninstall”.

Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 10 & Windows 8

Sebetulnya cara uninstall di windows 8 dan 10 tak jauh berbeda dengan windows 7. Yang berbeda hanya dari segi user interface atau tampilan.

Cara 1: Start Menu > Settings > Apps > Apps & Features
  1. Klik menu start (icon windows 10)
  2. Kemudian klik “settings” atau “icon gear”.
  3. Pada menu settings silakan kamu klik “apps”.
  4. Tampil menu “apps & feature” yang berisikan daftar aplikasi yang terinstall pada laptop. SIlakan kamu klik aplikasi yang akan dihapus. Lalu klik “uninstall” untuk menghapus aplikasi.
Cara 2: Control Panel > Uninstall Program
  1. Klik start menu.
  2. Lalu klik settings. Kemudian pada kolom “find a setting” ketikan “control panel”, dan akan muncul pilihan “control panel”, silakan klik “control panel.
  3. Selanjutnya pada bagian program, klik “uninstall a program”.
  4. Akan muncul kotak dialog “programs and features” yang berisi aplikasi yang terinstall. Silakan pilih aplikasi yang ingin dihapus dan klik “uninstall”.
Cara 3: Task Bar
  1. Klik kanan pada taskbar.
  2. Muncul banyak pilihan, silakan klik “taskbar settings”
  3. Pada bagian “find a settings” silakan ketikan “add or remove programs”.
  4. Akan muncul pilihan “add or remove programs”, silakan diklik.
  5. Kemudian akan tertampil daftar aplikasi yang terinstall. Silakan klik aplikasi yang ingin kamu hapus. Silakan tekan tombol “uninstall”.

2. Aplikasi Pihak Ketiga (Tambahan)

Apabila kamu mau menggunakan aplikasi tambahan kamu dapat gunakan aplikasi seperti “revo uninstaller” atau “ccleaner”. Kelebihan aplikasi tambahan ini dapat mengatasi aplikasi yang tidak bisa dihapus. Selain itu aplikasi ini dapat uninstall secara tuntas, sehingga tidak menyisakan program program yang tertinggal.

Revo Uninstaller

  1. Untuk menggunakan program ini, silakan unduh dan install terlebih dahulu.
  2. Jika sudah terinstall, silakan buka aplikasi revo uninstaller.
  3. Akan muncul aplikasi aplikasi yang terinstall, silakan pilih aplikasi yang jarang kamu gunakan.
  4. Silakan klik salah satu aplikasi tersebut, kemudian klik “uninstall”.
  5. Centang pada bagian “moderate” kemudian “scan”.
  6. Akan muncul registry registry program yang kamu uninstall, silakan klik “delete” dan pilih “yes”.
  7. Jika masih ditemukan registry maka silakan “delete” dan pilih “yes”. Jika tidak silakan klik “finish”
Kesimpulan

Begitulah cara menghapus aplikasi di laptop windows 7,8, dan 10. Secara garis besar untuk menghapus aplikasi ada dua cara yaitu tanpa aplikasi tambahan dan menggunakan aplikasi tambahan, seperti ccleaner ataupun revo uninstaller.

Aplikasi tambahan tersebut, berfungsi untuk menghapus aplikasi secara tuntas tanpa menyisakan registry. Selain itu berfungsi untuk mengatasi aplikasi yang tidak bisa dihapus, dan yang corrupt. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.