cara menyisipkan gambar pada microsoft word

4 Cara Menyisipkan Gambar Pada Microsoft Word

“Ada banyak jalan menuju roma”, begitu pula dengan cara menyisipkan gambar pada Microsoft Word. Ada banyak cara untuk menyisipkan gambar di Word. Pada artikel ini kakak iyainaja, akan paparkan empat cara, penasaran apa saja? Silakan disimak!

Microsoft Word salah satu program komputer pengolah kata. Kebanyakan orang akan menggunakan Microsoft Word, untuk membuat karya tulis. Sebagai contoh saja seperti; membuat artikel, cerita, atau buku sekalipun. Sebuah karya tulis tanpa adanya ilustrasi, akan sedikit membosankan untuk dibaca dan sulit dipahami, contohnya saja dalam sebuah buku atau blog.

Ilustrasi dalam sebuah buku atau blog, berfungsi untuk membantu pembaca, mengerti isi/makna dari sebuah tulisan yang tercantum. Jenis ilustrasi bermacam macam bisa berupa gambar, foto, atau sebuah grafik. Lantas, bagaimanakah cara menambahkan gambar atau foto ke dalam Word? Penasaran?! Yuk Lanjut simak.

5 Cara Membuat Pangkat di Word, Lengkap Banget

Cara Menyisipkan Gambar Pada Microsoft Word

Untuk menyisipkan gambar ke dokumen ms Word ada empat cara, diantaranya dengan fitur picture, clip art, drag n drop, dan copy paste. Penasaran bagaimana langkah langkah dari kempat cara tersebut? Silakan simak dibawah.

1. Dengan Picture

Untuk menambahkan gambar, kamu dapat menggunakan fitur picture. Pilihan ini terdapat pada menu insert. Berikut langkah langkah menyisipkan gambar pada Microsoft Word.

  1. Langkah pertama, silakan untuk membuka program Microsoft Word terlebih dahulu. Dan buka dokumen yang ingin kamu sisipkan gambar.
  2. Apabila Microsoft Word telah terbuka, langkah berikutnya. Silakan klik menu insert, kemudian klik picture.
  3. Akan muncul kotak dialog picture.
  4. Silakan cari dan pilih gambar yang akan disispkan ke dokumen. Jika sudah ketemu klik gambar, kemudian klik insert. Tak berselang lama, gambarpun akan muncul kedalam dokumen Word.

2. Dengan Clip Art

Selain menggunakan fitur picture, kamu dapat menggunakan clip art. Sama seperti picture, clip art berada pada menu insert. Adapun langkah langkah menyisipkan gambar di Microsoft Word, dengan clip art sebagai berikut.

  1. Klik insert, lalu klik clip art.
  2. Akan muncul kotak dialog clip art disamping kanan kamu, kemudian klik “go“. Banyak pilihan gambarpun akan muncul, silakan klik kiri, untuk memilih salah satu gambar yang disajikan. Gambarpun akan muncul ke dokumen.
  3. Apabila kamu tidak begitu suka dengan template gambar yang disajikan kamu dapat mengubahnya.
    • Silakan klik kiri pada gambar yang telah tersisipkan, kemudian tab menu format.
    • Tab format terdiri dari beberapa group diantaranya, adjust, picture styles,dll. Silakan perhatikan pada bagian adjust, dan klik pada bagian change picture untuk mengubah gambar.
    • Akan muncul kotak dialog insert picture, silakan pilih dan cari gambar. Jika sudah ketemu, silakan klik kiri gambar, dan klik insert. Gambarpun akan berubah tak lagi menggunakan template “clip art“.
  4. Jika kamu ingin mengubah posisi gambar.
    • Silakan klik kiri pada gambar dan klik menu format.
    • Kemudian perhatikan pada bagian “arrange” terdapat opsi position. Silakan klik “position“, akan muncul banyak pilihan “wrap text” yang dapat kamu gunakan. Seperti membuat gambar disamping tulisan, ditengah tulisan, hingga ditengah tulisan, dll. Silakan pilih salah satu.
langkah langkah menyisipkan gambar pada microsoft word
langkah langkah menyisipkan gambar pada microsoft word

3. Drag n Drop

Cara lainnya untuk menambahkan gambar yaitu dengan cara drag n drop gambar ke Word. Silakan simak langkah berikut.

  1. Silakan buka Microsoft Word, dan buka Windows Explorer.
  2. Apabila Windows Explorer telah terbuka, silakan cari dan pilih yang akan kamu tambahkan ke dokumen.
  3. Kemudian, silakan lalukan (drag n drop) tekan dan tahan gambar tersebut, dan geser ke dokumen Word. Lalu silakan lepaskan. Secara otomatis gambar akan terinsert ke dalam dokumen Word yang kamu buka.

6 Cara Membuat Garis di Microsoft Word, Gampang Banget

4. Copy Paste

Cara yang keempat yaitu dengan mengcopy kemudian mempaste ke Word. Cara ini tergolong jauh lebih simpel dibandingkan dengan tiga cara sebelumnya. Adapun langkah langkahnya sebagai berikut.

  1. Buka Windows Explorer terlebih dahulu.
  2. Langkah selanjutnya, silakan cari file gambar yang akan kamu sisipkan ke Word.
  3. Apabila sudah menemukannya, silakan klik kanan pada gambar, kemudian pilih “copy“.
  4. Silakan buka ms Word, kemudian klik kanan pada lembar dokumen, dan pilih opsi “paste“. Sampai dengan langkah ini, gambar berhasil kamu sisipkan ke dalam dokumen Word. Kamu juga dapat lakukan cara ini dengan menggunakan shortcut keyboard CTRL + C pada file gambar atau foto, kemudian CTRL + V pada dokumen.
Kesimpulan

Ada empat cara menyisipkan gambar pada Microsoft Word yaitu, dengan picture, clip art, drag n drop, dan copy paste. Dari keempat cara tersebut kakak sendiri lebih menyarankan cara terakhir, dikarenakan jauh lebih simpel ketimbang cara lainnya. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.