cara membuat garis di microsoft word

6 Cara Membuat Garis di Microsoft Word, Gampang Banget

Membuat garis memanglah mudah, yaitu tinggal menggaris dari satu ujung ke ujung lainnya. Namun, bisa kah kamu membuat garis pada komputer? Khususnya, pada program ms word. Pada artikel ini, kakak iyainaja akan membahas tentang cara membuat garis di microsoft word. Silakan simak dan praktekan.

Salah satu fungsi pembuatan garis dalam sebuah dokumen, yaitu untuk membuat kop surat. Tahu kah kamu macam macam bentuk garis? Berdasarkan bentuknya garis dibedakan menjadi; garis vertical, horizontal, panjang, pendek, melengkung, zig zag dan garis sejajar.

Cara Membuat Garis di Microsoft Word

Ada sekiranya enam cara membuat garis pada microsoft word, yang akan kakak sampaikan pada artikel ini. Besar harapannya, setelah membaca dan mempraktekannya kamu dapat membuat beberapa bentuk garis, seperti:

  • Garis vertikal, Jika ingin membuat garis vertical, silakan gunakan cara pertama.
  • Apabila ingin membuat garis pendek, maka silakan gunakan panduan pada cara ke satu dan drag sesuai keinginanmu.
  • Garis kotak, jika kamu ingin membuat kotak, kamu dapat menggunakan insert shapes dan memilih rectangle.
  • Garis dua. Apabila kamu mau membuat garis dua (garis sejajar), silakan gunakan cara keenam dan pilih karakter sama dengan (=).
  • Garis horizontal, sedangkan untuk cara membuat garis horizontal sendiri, kamu dapat gunakan semua cara yang terdapat pada artikel ini.

5 Cara Membuat Pangkat di Word, Lengkap Banget

1. Insert Shapes

Cara yang pertama merupakan cara yang paling umum digunakan. Insert shapes dapat kamu gunakan untuk membuat garis kotak, horizontal, vertical,dan garis pendek.

  1. Silakan klik tab menu insert, akan muncul beberapa group diantaranya pages, tables, ilustration, dan lain lain.
  2. Perhatikan pada bagian illustrations, klik pada “shapes”.
  3. Muncul banyak pilihan shapes seperti; “line” untuk membuat garis horizontal dan vertical, dan “rectangle” untuk membuat kotak. Silakan tentukan mau membuat garis apa. Sebagai contoh kakak akan membuat horizontal, maka pilih “line”.
  4. Cursorpun akan berubah menjadi tanda tambah (+). Selanjutnya silakan tekan tombol “SHIFT” + drag klik kiri + dan geser dari kiri ke kanan, kemudian lepas klik kiri. Sampai dengan langkah ini garis horizontal akan terbuat.
cara membuat garis pada word
cara membuat garis pada word

2. Border And Shading

Cara yang kedua yaitu menggunakan border and shading. Cara ini bisa hanya dapat kamu gunaka,n untuk membuat garis dengan bentuk horizontal. Meski begitu, ada berbagai macam jenis template garis yang menarik, untuk bisa kamu pakai.

  1. Silakan buka “border and shading” dengan menekan tombol ALT, H, B, dan O, secara berurutan.
  2. Kotak dialog “border and shading” muncul.
  3. Silakan klik pada bagian “horizontal line”.
  4. Akan muncul beberapa jenis garis. Silakan pilih salah satu jenis, kemudian klik ok.

3. Top Border

Top border terletak pada menu tab home, lebih tepatnya pada bagian group paragraph. Adapun berikut cara prakteknya.

  1. Arahkan insert point (area vertical yang pada ms word yang bekedip kedip) dimana kamu ingin membuat garis.
  2. Kemudian klik tab menu “home”, akan ada beberapa group; clipboard, font, paragraph, dll.
  3. Perhatikan pada group “paragraph” terdapat simbol kotak dengan garis patah patah, silakan klik icon tanda panah kebawah disamping icon “border” tersebut.
  4. Akan muncul banyak pilihan “border”, silakan pilih “top border”.
  5. Untuk shortcutnya silakan kamu tekan tombol keyboard ALT, H, B, P, secara berurutan.

4. Bottom Border

Sama seperti dengan top border, bottom border hanya bisa digunakan untuk membuat jenis garis horizontal.

  1. Apabila kamu mau menggunakan mouse, caranya sama seperti dengan menggunakan “top border. Hanya saja, pada saat memilih jenis “border”, silakan pilih “bottom border”.
  2. Namun jika kamu ingin menggunakan keyboard. Silakan tekan tombol ALT, H, B, B, secara berurutan. Setelah kamu menekan tombol tersebut, akan terbuat garis horizontal.

5. Horizontal Line

Sesuai dengan namanya cara ini hanya bisa digunakan untuk, membuat garis horizontal. Adapun berikut langkah langkahnya.

  1. Sama seperti cara menggunakan top dan bottom border, hanya saja kamu tinggal memilih “horizontal line” yang terletak pada bagian bawah.
  2. Untuk shortcut menggunakan keyboard. Silakan tekan tombol ALT, H, B, Z, secara berurutan.

6. Border Lines Pada Autoformat Correction

Selain menggunakan kelima cara tadi, ada cara yang lebih mudah yaitu menggunakan border lines yang terdapat pada fitur autocorrection. Cara ini hanya dapat digunakan untuk membuat garis horizontal.

Namun sebelumnya, pastikan autoformat correction dalam keadaan menyala dan border lines tercentang. Berikut langkah langkahnya.

  1. Silakan tekan tombol office button pada pojok kiri atas.
  2. Akan muncul beberapa menu, silakan klik “word option”.
  3. Klik pilihan “proofing” kemudian klik tombol “autocorrect option”.
  4. Muncul kotak dialog “autocorrect option”. Klik pada bagian “Autoformat as you type”, kemudian pada bagian “Apply as you type”, centang “Border lines”. Lalu klik ok. Jadi pastikan pada bagian “Border Lines” tercentang.

Jika border lines sudah dalam keadaan tercentang, silakan ikuti langkah langkah berikut ini.

  1. Silakan kamu pilih salah satu karakter; karakter bintang (*) atau karakter underscore (_) atau karakter min (-) atau karakter sama dengan (=) atau pagar (#) atau tilde (~).
  2. Jika kamu sudah menentukannya, silakan tekan tombol karakter tersebut sebanyak tiga kali. Kemudian tekan enter. Sebagai contoh kakak memilih karakter min (-), maka kakak akan ketikan min sebanyak tigakali tanpa spasi (—). Kemudian menekan enter, garis pun akan terbuat.
Kesimpulan

Jadi begitulah Cara Membuat Garis di Microsoft Word. Ada enam cara membuat garis di word, yaitu menggunakan insert shapes, border and shading, top border, bottom border, horizontal line, dan menggunakan border lines yang terdapat pada fitur autocorrect.

Dari enam cara tersebut, kakak menyarankan untuk menggunakan, selain cara satu dan dua. Karena keempat cara lainnya terbilang jauh lebih mudah dan ringkas. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.