cara membuat pangkat di word

5 Cara Membuat Pangkat di Word, Lengkap Banget

Cara menulis pangkat di microsoft word tidak jauh berbeda dengan cara membuat pangkat di google docs. Pada artikel ini kakak iyainaja, akan membahas mengenai cara membuat pangkat di word.

Pangkat dalam bahasa inggris disebut exponential. Penulisan bilangan berpangkat biasa kalian temui pada rumus matematika, fisika, kimia,dll. Jika menulis pangkat pada sebuah kertas, kita hanya perlu menulisnya saja. Namun jika menulis pada komputer khususnya pada ms word ada cara khusus, tidak tiba tiba langsung jadi pangkat.

Salah satu cara menulis pangkat di ms word, yaitu menggunakan superscript. Fungsi superscript yaitu digunakan untuk:

  • Membuat rumus matematika, seperti bilangan berpangkat, bisa digunakan untuk membuat bilangan berpangkat dua (kuadrat), pangkat tiga (kubik), ataupun pangkat lainnya.
  • Menulis derajat.

Namun selain menggunakan superscript, ada empat cara lainnya yang perlu kamu ketahui. Penasaran apa saja dan bagaimana caranya? Silakan untuk disimak dan praktekan.

Cara Membuat Pangkat di Word

Jika pada web lain hanya disebutkan tiga cara membuat pangkat, pada artikel ini kamu akan belajar lima cara pembuatan pangkat.

1.Fitur Equation

Cara pertama yang dapat kamu lakukan yaitu menggunakan equation yang terdapat pada menu insert.

  1. Pertama tama silakan kamu klik menu insert. Perhatikan pada menu insert terdapat tujuh ribbon diantaranya; pages, tables, ilustrations, links, header & footer, text, dan symbols.
  2. Silakan kamu klik “equation“.
  3. Kemudian pilih “script“, dan akan muncul berbagai macam pilihan script. Silakan pilih “superscript“.
  4. Akan muncul dua kotak silakan isi dua kotakan tersebut.
cara buat pangkat di word font dialog box
cara buat pangkat di word font dialog box

2.Font Dialog Box

Selain menggunakan fitur equation, kamu dapat membuat atau menulis pangkat dengan superscript yang terletak pada kotak dialog font. Adapun berikut langkah langkah membuatnya.

  1. Silakan persiapkan dulu bilangan yang akan kalian tulis sebagai pangkat. Sebagai contoh mau membuat 32. Maka ketikan “32”.
  2. Kemudian tandai atau blok tulisan/angka “2”.
  3. Klik pada tab menu “home“. Kemudian perhatikan pada bagian “ribbon font” terdapat kotak dengan tanda panah kebawah. Silakan klik tanda tersebut.
  4. Akan muncul kotak dialog font, silakan centang “superscript” kemudian klik “ok. Angka atau tulisan yang kamu seleksi tadi, akan berubah menjadi pangkat.

3.Ribbon Font Superscript

Superscript tak hanya terletak pada kotak dialog font, melainkan juga terdapat pada ribbon font. Kamu hanya perlu klik icon superscript.

  1. Persiapkan dulu angka yang akan dijadikan pangkat.
  2. Kemudian, blok tulisan/angka yang akan dibuat pangkat.
  3. Pastikan kamu klik pada menu “tab home“. Pada menu home terdapat lima ribbon; clipboard, font, paragraph, styles, dan editing.
  4. Perhatikan pada ribbon font, terdapat banyak icon, ada b, i, u, x dengan angka 2 di atas dan bawah. Silakan kamu klik icon x dengan pangkat 2 diatas (icon superscript). Setelah kamu klik icon tersebut, angka yang tadi kamu tandai akan berubah menjadi pangkat.

4.Shortcut Keyboard ALT,H,6

Selain tiga cara diawal, ada cara mudah yang bisa kamu pakai yaitu menggunakan shortcut keyboard.

  1. Cara menggunakan cara keempat yaitu dengan menekan tombol alt, h, 6 secara berurutan/bergantian.
  2. Dalam melakukan langkah pertama, kamu bebas mau menyiapkan terlebih dahulu angkanya baru ditandai kemudian dilakukan langkah pertama. Atau bisa juga langsung mempraktekkan langkah pertama.

5.Shortcut Keyboard CTRL +SHIFT + (+)

Cara kelima ini sama seperti cara keempat. Jika pada cara keempat tombol keyboard ditekan secara bergantian, sedangkan pada cara kelima tombol keyboard ditekan secara serentak.

  1. Silakan tandai tulisan atau angka yang akan dijadikan pangkat
  2. Kemudian silakan tekan tombol CTRL + SHIFT + (+). Angka yang kamu tandaipun akan berubah menjadi pangkat.

Cara Membuat Kuadrat di Word

Cara pembuatan kuadrat di word juga tak jauh beda dengan pembuatan pangkat. Karena kuadrat sendiri merupakan bilangan berpangkat dua. Sebagai contoh 22, dll. Kamu dapat membuat kuadrat dengan kelima cara tadi.

Kesimpulan

Jadi begitulah cara membuat pangkat di word. Ada lima cara membuat pangkat, yaitu dengan fitur equation, font dialog box, toolbar superscript, shortcut keyboard “alt,h,6”, dan menggunakan shortcut keyboard “ctrl+shift+(+)”.

Dari kelima cara tersebut kakak menyarankan, menggunakan tombol kombinasi pada cara keempat atau kelima. Semoga artikel ini membantumu. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.