setting mikrotik sebagai bridge

Teori dan Panduan Cara Setting Mikrotik Sebagai Bridge

Kamu ingin membuat dua/lebih interface Router menjadi satu segment? Solusinya ada dua, pertama menggunakan fitur switch mode, dan yang kedua dengan mode bridge. Pada artikel ini kakak akan berbagi, tutorial cara setting mikrotik sebagai bridge.

Sebelum praktek, alangkah baiknya untuk tahu dulu “Apa itu Bridge dan Apa Fungsi Bridge di Router Mikrotik?” Bridge adalah suatu metode/fitur, yang menjadikan dua/lebih interface menjadi satu interface baru (logical). Sehingga dua/lebih interface tersebut, menjadi satu segment layaknya sebuah switch.

Lalu muncul pertanyaan, “Apa perbedaan fitur switch dan bridge pada mikrotik?” Perbedaannya secara garis besar, jika switch hanya dapat diterapkan pada port ethernet saja. Namun jika menggunakan bridge, kita dapat menggabungkan interface wireless dengan ethernet. Lalu perbedaan berikutnya, tidak semua seri support switch mode, namun hampir semua seri router mikrotik support bridge.

topologi cara setting bridge di mikrotik
topologi cara setting bridge di mikrotik

Itu tadi sekilas tentang perbedaannya, sekarang saatnya praktek. Namun sebelum itu, silakan perhatikan topologi pada gambar diatas. Terdapat beberapa perangkat jaringan diantaranya, 2 buah Laptop dan 1 buah Router mikrotik 951.

Untuk segment ip yang digunakan yaitu 192.168.10.0/24. Untuk ip masing masing Laptop tersebut bebas, kamu boleh setting menggunakan DHCP Server Router ataupun nantinya kamu setting static secara manual. Silakan simak baik baik dan praktekan.

Setting Mikrotik Sebagai Bridge

Cara setting bridge di mikrotik ada dua pilihan. Pertama dengan cara gui dan yang kedua menggunakan command line yang dapat diketikan, menggunakan terminal winbox atau menggunakan putty. Adapun langkah langkahnya sebagai berikut.

GUI Menggunakan Aplikasi Winbox

  1. Silakan remote mikrotik terlebih dahulu menggunakan aplikasi winbox. Kalau kamu bingung bagaimana cara remote mikrotik kakak sarankan untuk membaca ” berikut ini cara akses router mikrotik kecuali “. Pada artikel tersebut sudah kakak jelaskan langkah demi langkah untuk remote mikrotik.
  2. Setelah berhasil kamu remote, langkah berikutnya yaitu membuat interface bridge terlebih dahulu.
    • Klik menu bridge.
    • Akan muncul kotak dialog bridge.
    • Silakan klik tombol tambah.
    • Pada tab general, terdapat form name. Ubah isi name, menjadi nama bridge sesuai keinginanmu, sebagai contoh “bridge1” lalu klik ok. Sampai dengan langkah ini, interface bridge telah terbuat.
  3. Langkah selanjutnya yaitu menambahkan atau memasukan interface interface lain ke interfacebridge1“.
    • Klik “tab ports“, kemudian klik “tanda tambah“.
    • Perhatikan pada bagian parameter interface, ganti menjadi interface yang akan dimasukkan ke bridge1. Sebagai contoh interface ether2 ke bridge1. Lalu klik ok.
    • Ulangi langkah sebelumnya, untuk menambahkan ether3 ke interface bridge1. Sampai dengan langkah ini interface bridge telah terbuat, ether2 dan ether3 telah tergabung kedalam interface bridge1.
  4. Langkah terakhir yaitu menambahkan ip address ke interface bridge1.
    • Klik menu “ip > address”. Lalu klik tanda tambah.
    • Silakan tambahkan ip untuk interface bridge1. Sebagai contoh pada artikel ini menggunakan ip 192.168.10.254/24 ke interface “bridge1”.
langkah langkah cara setting bridge di mikrotik
langkah langkah cara setting bridge di mikrotik

CLI

  1. Silakan remote terlebih dahulu, boleh menggunakan winbox atau putty. Jika menggunakan winbox, silakan klik terminal.
  2. Kemudian silakan copy dan paste command berikut untuk membuat interface bridge.
    • [iyainaja] > interface bridge add name=bridge1
  3. Setelah interface bridge1 terbuat, langkah selanjutnya yaitu menambahkan ether2 dan ether3 ke bridge1. Silakan copy dan paste command berikut.
    • [iyainaja] > interface bridge port add interface=ether2 bridge=bridge1
    • [iyainaja] > interface bridge port add interface=ether3 bridge=bridge1
  4. Tambahkan ip address ke interface bridge. Silakan ketikan command berikut.
    • [iyainaja] > ip address add address=192.168.10.254/24 interface=bridge1

Perintah yang digunakan untuk mengecek koneksi

Pengujian Bridge

  1. Silakan sambungkan kabel dari router mikrotik, ke port ethernet komputer/laptop kamu yang lain.
  2. Berikan ip pada masing masing komputer atau laptop. Kamu juga boleh menggunakan dhcp server untuk memberikan ip otomatis ke komputer atau laptop kamu.
  3. Jika komputer atau laptop telah mendapatkan ip atau diberi ip. Langkah selanjutnya, silakan lakukan ping dari laptop ke router atau antar laptop ke laptop. Apabila reply, artinya setting mikrotik sebagai bridge berhasil dilakukan. Namun jika tidak reply kemungkinan karena paket icmp terblokir, silakan check firewall windows terlebih dahulu.
Kesimpulan

Jadi begitulah cara setting bridge di mikrotik. Bridge berfungsi untuk menggabungkan dua/lebih interface menjadi satu interface maya/logical. Dengan begitu dua/interface tersebut menjadi satu segment jaringan, dan seakan akan seperti switch. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.