berikut ini cara akses router mikrotik

Berikut Ini Cara Akses Router Mikrotik Kecuali

Berikut ini cara akses router mikrotik kecuali. Kembali ketika mimin browsing mendapat pertanyaan seperti itu untuk anak smp atau anak smk jaringan. Mungkin soal soal mikrotik smk. Kali ini mimin akan menjelaskannya dengan cara memaparkan cara cara akses router mikrotik, sehingga teman teman dapat menjawab “kecuali”.

Berikut ini cara akses router mikrotik kecuali

Dalam meremote router mikrotik, terdapat berbagai macam cara. Untuk saat ini cara mengakses router mikrotik ada empat cara, yaitu menggunakan winbox, ssh, telnet, dan menggunakan webfig.
Berikut mimin jelaskan dan contoh cara akses router mikrotik.
Cara ke-1: Cara Akses Mikrotik Menggunakan Winbox
Download winbox lewat mikrotik.com atau melalui routerboard.com. Ada dua opsi dalam mengakses router mikrotik menggunakan winbox, yaitu menggunakan mac address dan ip address. Apa itu Winbox? Pengertian Winbox, secara singkat adalah program atau aplikasi berbasis GUI yang digunakan untuk meremote router mikrotik, dengan tujuan agar memudahkan kita untuk mengkonfigurasi sebuah router.
• Untuk Cara Akses Mikrotik Menggunakan Winbox, pastikan sebelumnya, laptop kalian terhubung dengan mikrotik bebas menggunakan kabel atau nirkabel. Kemudian klik winbox, dan klik pada tab neighbours. Lihat dibagian bawah terdapat list router mikrotik yang terscan. Akan tertampil informasi seperti mac address router, ip router atau switch, nama router, versi mikrotik routerboard, dan uptime.
• Klik pada router yang akan kalian remote pastikan connect to terisi mac address atau ip mikrotik yang akan kalian remote atau akses. Kemudian ketikan login untuk username mikrotik apabila masih bawaan pabrik atau kosongan isikan Admin. Sedangkan untuk password tidak perlu diisi dengan catatan masih settingan default atau password belum diubah.
Cara ke-2: Cara Akses Mikrotik Menggunakan Telnet
• Untuk menggunakan fitur ini pastikan service mikrotik telnet, pada router mikrotik dalam keadaan enable. Untuk mengechecknya silakan klik ip kemudian services. Pastikan dalam keadaan hijau. Artinya enable. Lanjut untuk mengaksesnya kita dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu putty atau menggunakan program bawaan windows yaitu cmd.
• Apabila menggunakan putty. Silakan buka aplikasi putty. Kemudian pada connection type centang atau pilih pada telnet, kemudian isikan ip address mikrotik kita. Kemudian Klik open.
• Apabila menggunakan cmd. Silakan buka cmd dengan pencet tombol windows + R. Kemudian ketikan cmd. Command promt pun terbuka. Ketikan “telnet ip mikrotik“. Sebagai contoh “telnet 192.168.2.1“. Langkah selanjutnya silakan masukan username dan password mikrotik.
Cara ke-3: Cara Akses Mikrotik Menggunakan SSH
• Untuk ssh sendiri caranya sama dengan telnet.
• Silakan buka putty kemudian klik ssh. Isikan ip address dari router mikrotik yang akan kita akses atau remote. Kemudian Klik open
Cara ke-4: Cara Akses Mikrotik Menggunakan Webfig
• Port mikrotik web (webfig) by default menggunakan port 80.
• Untuk akses mikrotik menggunakan web caranya tinggal menggunakan browser yang biasa kalian pakai, bisa chrome ataupun browser lainnya. Kemudian ketikan ip address mikrotik yang akan kita remote.

cara akses router mikrotik
cara akses router mikrotik

Setelah membaca keempat cara tersebut teman teman seharusnya dapat menjawab pertanyaan “Berikut ini cara akses router mikrotik kecuali” yaitu yang bukan ssh,telnet,webfig,dan winbox.

Question

Q:Ka aku remote dibagian neighbour list kok terbaca ip 192.168.88.1 ya?
A:IP tersebut merupakan alamat “ip default mikrotik” atau “default mikrotik ip address” atau ” ip default mikrotik”. Bebas teman teman mau menggunakan istilah yang mana. Makanya ada baiknya jika ingin mereset mikrotik untuk mencentang “no default configuration”, supaya tidak load setingan default.
Q:Ka perbedaan mengakses router menggunakan telnet atau ssh apa? Kan sama sama terminal tuh?
A:Perbedaannya ada disegi keamanan dan pada port yang digunakan. Telnet tanpa enkripsi sedangkan, SSH menggunakan enkripsi. Telnet menggunakan port 23, sedangkan SSH menggunakan port 22.
Q:Ka kalau winbox pakai port berapa? Dan kalau webfig tadi pakai port berapa?
A:By default port winbox atau winbox port menggunakan port 8291. Port mikrotik web (webfig) port yang digunakan secara default yaitu 80.

Kesimpulan

Jadi begitulah artikel Berikut ini cara akses router mikrotik kecuali. Semoga membantu teman teman dalam menjawab soal, dan dapat memberikan teman teman wawasan. Terima kasih telah membaca di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.