perbedaan wifi dan hotspot

Jadi ini, Perbedaan WiFi dan Hotspot

Ternyata masih banyak orang yang salah paham, tentang istilah WiFi dan Hotspot. Mereka mengira, bahwa WiFi dan Hotspot adalah sama. Oleh karenanya kakak iyainaja akan membahas tentang, perbedaan WiFi dan Hotspot menggunakan acuan jurnal, dan acuan secara teknis. Berikut pembahasannya.

Apa itu WiFi?

Menurut Karim Rahmatia (2016), WiFi (Wireless Fidelity) merupakan teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik, untuk bertukar data. Dapat dikatakan WiFi, sebagai media transmisi pengganti kabel. Untuk menggunakan WiFi, dibutuhkan perangkat tambahan yaitu Access Point. Perangkat inilah, yang akan menghubungkan antar perangkat jaringan, agar terkoneksi satu sama lain menggunakan sinyal radio.

Apa itu Access Point? Pengertian Access Point

Sebagai contoh kamu ingin sharing internet dua rumah yang jauh, maka salah satu solusinya menggunakan perangkat WiFi seperti Access Point. Contoh penerapan WiFi lainnya, ketika kamu menggunakan layanan internet/koneksi internet (ISP) di Rumah, pasti terdapat Access Point untuk menyebarkan sebuah SSID/Nama WiFi.

Apa itu Hotspot?

Menurut Ardianto F (2018) Hotspot, merupakan tempat atau area yang menyediakan akses ke jaringan internet, menggunakan media transmisi nirkabel (WiFi).

Sebagai contoh, kamu sedang berada di Telkom dan menggunakan layanan WiFi.id. Layanan WiFi.id ini lah, salah satu contoh layanan Hotspot berbayar. Sedangkan salah satu contoh Hotspot yang dapat kamu gunakan secara gratis, biasanya tersedia di tempat umum, seperti; area kampus, atau sekolah, dimana kamu hanya perlu menginputkan username dan password.

Lalu muncul pertanyaan, lantas “apakah semua Hotspot, pasti menggunakan media WiFi?” Jawabannya, tidak. Tidak semua Hotspot menggunakan media wireless. Penerapan Hotspot sendiri, juga dapat diterapkan pada sebuah media kabel, yang akan kakak bahas pada artikel lainnya.

Itu tadi hanyalah gambaran perbedaan Hotspot dan WiFi secara garis besar. Penasaran bagaimana detailnya? Silakan simak.

Berapa Frekuensi Antena Pada Sebuah Access Point Wifi

Perbedaan WiFi dan Hotspot

Pada bagian ini, akan kakak paparkan secara teknis beberapa perbedaan untuk kedua istilah tersebut. Berikut perbedaannya.

1. Media Transmisi Dan Service/Layanan

WiFi sendiri merupakan media transmisi atau penghantar data selain kabel. Sedangkan Hotspot merupakan salah satu service atau layanan yang berjalan pada sebuah media transmisi, baik itu secara nirkabel menggunakan Access Point (WiFi) ataupun tanpa Access Point (menggunakan kabel).

2. Keamanan

Jika pada sebuah WiFi yang tidak menerapkan Hotspot, pilihan keamanannya hanya bisa menggunakan WPA/WPA EAP dan WPA/WPA2 Preshared Key. Sedangkan pada Hotspot keamanan yang digunakan, captive portal yang terintegrasi dengan radius server.

3. Management

Dari segi management, akan lebih terorganisir menggunakan Hotspot dibandingkan WiFi. Hal ini karena tiap pengguna dapat kita atur baik itu username dan password. Selain itu manajemen bandwidth lebih memudahkan jika menggunakan Hotspot.

hotspot dan wifi
hotspot dan wifi

4. Access Internet

Pada WiFi untuk terhubung ke internet, kita perlu terkoneksi terlebih dahulu ke Access Point kemudian menginputkan password. Sedangkan pada Hotspot, untuk mengakses jaringan kamu perlu terkoneksi ke Access Point/Router. Kemudian akan dihadapkan sebuah tampilan web Hotspot login untuk menginputkan username dan password.

5. Implementasi

Untuk implementasi Hotspot sendiri paling tidak dibutuhkan satu buah Router yang support Hotspot Server. Router ini lah yang akan menyimpan data pengguna seperti username dan password. Sedangkan untuk menggunakan WiFi paling tidak dibutuhkan minimal access point.

Jika disederhananakan, perbedaan kedua istilah tersebut, sebagai berikut;

WiFiHotspot
Media transmisi jaringan pengganti kabelService/Layanan yang berjalan pada media transmisi (WiFi/ Kabel)
WPA/WPA2 Preshared KeyUmumnya Captive Portal + Radius Server
Perangkat yang dibutuhkan Access PointMinimal terdapat Router yang support Hotspot Server
Semua pengguna menggunakan password yang samaTiap pengguna, user dan password dapat dibedakan
QnA

Q: Ka terus apa bedanya personal Hotspot pada hp dengan Hotspot pada Access Point Mikrotik / Cisco?
A: Kalau personal Hotspot pada hp, tidak menggunakan captive portal. Tapi kalau Access Point mikrotik / cisco, bisa menggunakan captive portal (halaman Hotspot login).
Q: Ka terus apa bedanya Free WiFi dengan Free Hotspot?
A: Free WiFi keamanan yang digunakan tanpa menggunakan WPA/WPA2 Preshared Key, sedangkan Free Hotspot pengguna nantinya hanya perlu menekan tombol trial/mulai tanpa perlu menginputkan username dan password.
Q: Ka Hotspot itu gratis atau berbayar?
A: Hotspot bisa gratis bisa berbayar, tergantung konfigurasi. Contoh yang berbayar itu seperti WiFi.id atau Hotspot Cafe, sedangkan kalau yang gratis seperti disekolah kamu, dimana kamu hanya perlu menginputkan username dan password yang telah kamu miliki.

Kesimpulan

Jadi begitulah perbedaan WiFi dan Hotspot. WiFi merupakan sebuah media transmisi pengganti kabel. Sedangkan Hotspot merupakan salah satu layanan/service dari sebuah perangkat, yang berjalan pada media transmisi baik itu kabel ataupun nirkabel (WiFi).

Semoga artikel ini membantumu dalam memahami perbedaan Hotspot dan WiFi. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Reference
  • Ardianto F. (2018). Jaringan Hotspot Berbasis Mikrotik Menggunakan Metode Otentikasi Pengguna. Jurnal Surya Energy, 2, 166-171.
  • Karim Rahmatia (2016). Pentingnya Penggunaan WiFi Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pemustaka Pada Kantor Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Kota Tidore Kepulauan. Jurnal Acta Diura, Vol 5.

Leave a Reply

Your email address will not be published.