apa itu access point

Apa itu Access Point? Pengertian Access Point

Apa itu access point? iyainaja.my.id Apakah kalian tahu access point? Katakan tak tahu.. katakan lebih keras.. Access point adalah sebuah tehnologi yg sudah sangat umum yg diketahui di internet. Sekarang ini banyak sekali industri / lembaga yg mempunyai area terbuka luas contohnya rumah sakit, pusatt belanja, kampus, & lainn-lainn hingga memerlukan koneksi internet yg dapat mencapai semua tempat sehingga tidak ada blankspot. Sebab itu banyak beberapanya yg mempergunakan access point utk memecahkan permasalahan tersebut.

Banyak dari kitaa yg telah memakai & tahu access point didalam kehidupan secara lazim. Tapi cukup banyak juga yg tak tahu apa itu access point. Sebab tu, utk mempermudah kita untuk mempelajarinya maka telah mimin kumpulkan info terkait pemahaman, fungsi, langkah seting, serta cara kerjanya.

Apa itu access point?

Apa itu access point? Access point(AP) ialah hardware jaringan computer yg mengkoneksikan device nirkabel (tanpa kabel) dgn network LAN mempergunakan tehnologi seperti wifi. AP kerap disebutkan menjadi wireles local area network (WLAN). AP mempunyai peran utk mengirimi serta menerima data dr wireles adapter. AP sendiri berada di osi layer 1 & 2 karena berguna sebagai media transmisi & meneruskan frame.

Antena & transceiver adalah komponen yg terdapat pada AP. Dua elemen AP ini berperan untuk memancarkan & terima signal dari endpoint-AP atau AP yg mengarah endpoint. Pancaran signal / sering kita sebut wifi atau bahasa teknisnya SSID(Service Set Identifier). SSID wajib disetting ketika kita menkonfigurasi sebuah AP. Sering kali, AP akan dihubungkan dengan hardware contohnya router, hub, / switch lewat ethernet kabel.

Kelebihan yg didapat saat memakai AP ialah signal wifi yg dikeluarkan dapat mencapai segala ruang meskipun terhambat banyak tembok atau penyekat antara ruang.

Cara Kerja Access Point

Sebagaimana yg dipaparkan tadi, AP yakni gateway yg menjembatani device nirkabel dgn LAN. Aksess kontrol berfungsi dgn menyajikan transmisi antara jalur data signal RF yg terbentuk dari wifi & jalur data listrik yg terbentuk dari Ethernet cable. Takhanya itu, aksess kontrol jua mengontrol aksess, ennkripsi data, toleransi kesalahann, & network management.

Ketika terdapat device yg coba akses jaringan lewat AP, AP bakal menetapkan utk mengijinkan / tidaknya mengijinkan device utk terkonek pada jaringan. Untuk hal tersebut, AP bakal merunning fiture acces control yg dimilikinya. Lalu fiture security AP bakal berjalan. Aksess kontrol bakal mengenkripsi kata sandi, menvalidasi kecocokan kata sandi pada Access Point dgn kata sandi yg ditelahdiinputkan oleh device endpoint.

Device akan diijinkan untuk terkoneksi di jaringan bila kata sandii yg diberikan benar. Berikutnya, AP akan bertugas menjadi DHCP(jika difungsikan sebagai DHCP Server) jika tidak maka langsung diforwardkan, yg mensupport alamat IP utk endpoint. Misalnya kita coba akses internet via jaringan nirkabel pada sebuah cafe, maka jaringan nirkabel di device seluler kita bakal mengkoneksikan dirinya sendiri ke AP pada kafe tersebut. Sesudah terkoneksi pada AP, halanan browser yg kita buka selanjutnya bakal disajikan halaman yg isinya kolom utk mengisi kata sandi maka kita bisa terkoneksi ke jaringan. Bilamana kata sandi yg kita masukkan cocok,maka akses kita daptkan & bakal memungkinkan kita untuk terkoneksi pada jaringan. Ketika lu sudah terkoneksi dgn AP, lu bakal dapat IP pada end device lu, sehingga device bisa berkomunikasi dgn device lain di network local / terkoneksi dgn internet.

Fungsi Access Point

Peranan khusus access point ialah meluluskan / menampik piranti utk tersambung dgn network local yg setara. Berikut beberapa fungsi AP dgn detail:

• Peranan AP sebagai penebar signal internet ke piranti yg tersambung lewat gelombang radio.
• AP ialah penyambung antara jaringan, yakni jaringan local yg menggunakan cable dgn jaringan nirkabel contohnya wifi, wireless, lain sebagainya & bluetooth.
• AP bisa dipakai utk mentransmisikan alamat IP secara automatis pada piranti yg tersambung.
• Dgn diperlengkapi feature security WEP / WAP yg umum disebutkan share keyy-autentication, AP bisa dipakai sebagai security.

Jenis-jenis Access Point

Access Point Indoor : yaitu AP yg acapkali dipergunakan pada dalam ruangan & area jangkauan tak terlalu jauh (sempit), acapkali AP ini ada di cafe, cafe internet & dll.
Access Point Outdoor : yaitu AP yg berada pada luar ruangan sebab area yg lumayan luas jenis AP acapkali ada di Campus, Bangunan, & sebagainya. Seringkali AP ini dipergunakan utk keperluan point to point / point to multipoint.

Mode Access Point

secara standar / default mode AP dipecah menjadi
• Access Point Mode: setingan ini akan membuat AP untuk membroadcastkan SSID
• Station Mode: setingan ini akan membuat AP menjadi Station untuk menerima SSID, contohnya HP kita sendiri ketika connect ke SSID Wifi, maka HP kita disebut Station.
• WDS/Repeater Mode: mode ini digunakan utk membroadcastkan ulang SSID kembali agar signal strenght lebih kuat. Hanya terdapat kekurangan setingan ini bakal mengurangi bandwidth / throughput.

Contoh-contoh Access Point

  1. Cisco, Cisco Aironet 1852i F-K9 AP
    Merupakan satu merk AP sangat glamour manalagi jika tak Cisco. AP Cisco ini sangat glamour dijual di Indonesia jadi satuu contoh product jaringan terglamour dibandinglainnya. Cisco mendevelop product AP dgn fiture yg banyak & juga kian mengalami update di sisi IOSnya sehingga terus mengimprove security & juga fiture.Contoh satu productnya yaitu Cisco Aironet 1852i F-K9 AP yg banyak akan fiture juga mensupport security yg terbaik. Contohnya saja yaitu fiture 4×4 MIMO, jalur access 4 ruang-arus yg mensupport spesifikasi 802.11ac Wave 2 IEEE yg paling baru. Tak lupa product ini jg support gelombang 5 GHZ dgn speed sampai 1,7 Gigabitpersecond.
  2. Aruba Access point
    Aruba AP inii memberikan speed, security, juga sederhana pada tiap productnya. Sebab AP Aruba kala sekarang sudah memanfaatkan cloud sehingga datauser, device, sampai apps voice & videos. Aruba ESP mengkombinasikan segala operasi jaringan pada segala wireless, kabel, & jua WAN.
  3. UBIUITI
    merk ini sangat sering digunakan oleh ISP yg menggunakan media transmissi Wireless. Merk ini sering digunakan sebagai AP maupun CPE untuk client ISP tersebut.
  4. Mikrotik, cAP Lite
    merk ini dindonesia sudah sangat banyak yg tahu & sudah banyak yg memakainya.
    & tentunya masih banyak vendor & merk lainnya. Selain dari yg mimin sebutkan.

Penutup

Nach, demikian info terkait apa itu access point? Mulai dr pengertian, cara kerja, fungsi, jenis, & juga contohnya. Bila dibanding dgn jaringan LAN yg memerlukan kabel physical, pemakaian tehnologi AP benar-benar sangat mempermudah & memberikan keuntungan bagi perusahan, Sebab selainnya sangat rapi, feature ini mempunyai ketidaksamaan capaian yg cukup signifikaan.
Mudah-mudahan bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *