berapa frekuensi antena pada sebuah access point wifi

Berapa Frekuensi Antena Pada Sebuah Access Point Wifi?

Kamu penasaran berapa frekuensi antena pada sebuah access point wifi? Pada kesempatan ini kakak iyainaja, akan menjelaskan berapakah frekuensi standar antena pada sebuah access point (AP). Sekaligus akan meluruskan informasi, yang mungkin beberapa orang sering salah paham.

Wifi dapat digunakan untuk keperluan apapun, baik itu untuk menyediakan koneksi internet / internet connection, ataupun hanya sebagai media penghubung pengganti kabel (sharing data). Untuk menggunakan sebuah wifi, diperlukan sebuah perangkat yaitu access point (AP). Access Point adalah perangkat jaringan, yang dapat digunakan untuk membaca/menerima sinyal wifi, dan dapat digunakan untuk menyebarkan SSID Wifi. Jenis jenis access point terbagi menjadi indoor, outdoor, dan router access point.

Apa itu Access point, Pengertian Access Point

Access Point terdiri dari beberapa komponen penting, yaitu antena dan wireless transceiver module/mini pci/wireless card. Antena dalam sebuah AP, berfungsi untuk menguatkan sinyal dari transceiver, baik itu untuk keperluan menerima (receive) dan mengirimkan (transmit). Sedangkan wireless transceiver module/mini pci/wireless card yang akan menentukan frekuensi yang dipakai pada sebuah perangkat access point, sekaligus menerima atau mentransmit sinyal.

gambar access point penjelasan transceiver dan antena
gambar access point penjelasan transceiver dan antena

Sebagai contoh dapat teman teman perhatikan pada gambar diatas, adalah access point tplink dan juga mikrotik. Pada nomor 1 dan 2 merupakan antena daripada kedua AP tersebut. Sedangkan pada nomor 3 dan 4 adalah wireless transceiver module untuk perangkat tersebut.

Dapat temen temen pahami bahwa, komponen utama access point yang menentukan frekuensi adalah transceiver, bukan antena. Antena hanya untuk menguatkan sinyal dari transceiver.

Berapa Frekuensi Antena Pada Sebuah Access Point Wifi

Berapa frekuensi standar antena pada sebuah access point wifi? Jawabannya, bergantung dari standar protokol yang diterapkan vendor, pada perangkat tersebut. Bisa 2.4Ghz atau 5Ghz. Adapun penjelasannya sebagai berikut.

Standarisasi protokol jaringan komputer dibuat oleh IEEE. IEEE, merupakan organisasi internasional, yang berfokus untuk peningkatan teknologi baru dalam semua aspek, termasuk telekomunikasi, jaringan komputer,dll. IEEE membuat banyak standarisasi dalam teknologi komunikasi, diantaranya standarisasi untuk LAN, Wireless LAN, dan lain sebagainya.

Standarisasi tersebut ditulis menggunakan sebuah kode. Adapun kode yang ditetapkan IEEE, untuk jaringan nirkabel / wireless yaitu 802.11 (wifi). Maka tak heran jika teman teman perhatikan pada sebuah detail product access point, terdapat informasi seperti tulisan 802.11a/b/g/n/ac. Hal ini menunjukan perangkat tersebut menggunakan standar apa, frekuensi berapa, sekaligus menggunakan modulasi apa.

Standarisasi Protokol Wireless / Standarisasi Jaringan Nirkabel

Standarisasi Protokol Wireless (WIFI) atau IEEE 802.11 dibagi menjadi:

  • IEEE 802.11a, bekerja pada frekuensi 5Ghz , untuk data rate yang bisa dilewati kurang lebih hingga 54Mbps.
  • IEEE 802.11b, berjalan pada frekuensi 2.4 Ghz dengan data rate hingga 11Mbps.
  • 802.11g, juga menggunakan frekuensi 2.4Ghz, data rate/throughput yang dapat dilewati hingga 54Mbps.
  • Protokol IEEE 802.11n, beroperasi pada frekuensi 2.4Ghz dan 5Ghz. Biasa disebut dualband. Untuk data rate yang disupport antara 100Mbps hingga 500Mbps.
  • IEEE 802.11ac, biasa juga disebut wi-fi 5 menggunakan frekuensi 5Ghz. Data rate yang disupport 802.11ac hingga 1Gbps.
  • IEEE 802.11ax, standar ini menggunakan frekuensi 2.4Ghz dan 5Ghz dengan menggunakan modulasi MIMO (Multiple Input Multiple Output). Besar kecepatan data yang disupport kurang lebih hingga 10Gbps.
QnA

Ka jadi jawabannya 2.4Ghz dan 5Ghz ya? Tapi dipilihan ganda cuman ada 2.4.
Yak betul, jawabannya 2.4Ghz dan 5Ghz. Tinggal disesuaikan dengan pilihan ganda yang disajikan saja, apabila hanya terdapat 2.4Ghz ya silakan pilih, pilihan tersebut.

Ka, apabila sebuah access point tanpa antena apakah bisa?
Jawabannnya bisa, hanya saja apabila tanpa menggunakan antena, signal yang diterima atau yang dikirim akan kecil nilainya. Analoginya, sama seperti tv biasa yang menggunakan antena. Apakah tv tanpa antena bisa digunakan? Tentu saja bisa, hanya saja gambar yang ditampilkan tidak sebagus menggunakan antena.

Ka, maksudnya SSID Wifi itu apa?
SSID wifi maksudnya adalah, nama dari wifi yang disebarkan oleh access point.

Kesimpulan

Jadi jawaban atas pertanyaan berapa frekuensi antena pada sebuah access point wifi yaitu 2.4Ghz dan 5Ghz, bergantung dari wireless adapter/mini pci/wlan card yang dipakai pada sebuah AP. Hal ini mengacu pada standarisasi IEEE yang diterapkan vendor dalam memproduksi access point.

Dengan membaca kode IEEE pada sebuah spesifikasi product, kita dapat mengerti frekuensi, data rate, serta modulasi apa yang diterapkan pada sebuah perangkat wireless tersebut.

Jaringan itu mudah bukan? Bukan. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Reference
https://en.wikipedia.org/wiki/IEEE_802.11

Leave a Reply

Your email address will not be published.