Cara Membuat Garis di Google Docs

4 Cara Membuat Garis di Google Docs, Lengkap Banget

Salah satu pemanfaatan garis pada sebuah dokumen, untuk membuat kop surat. Penting bagi kamu yang berkutat dibidang komputer, khususnya administrasi untuk tahu tips ini. Sebetulnya cara membuat garis di google docs, tak jauh berbeda dengan cara membuat garis di microsoft word. Penasaran bagaimana caranya?

Cara Membuat Garis di Google Docs

Berikut ini kakak iyainaja paparkan 4 cara membuat garis di google dokumen. Silakan untuk dibaca dan dipraktekan.

1. Secara Manual Dengan Shift & Underscore

Cara yang pertama yaitu dengan menekan tombol keyboard “shift + underscore(_)“. Kelebihan cara ini yaitu mudah, dan dapat diganti ganti warnanya. Namun kekurangannya, garis yang dibuat tidak bisa diatur ketebalannya. Adapun berikut cara membuatnya:

  1. Langkah pertama, buka browser terlebih dahulu.
  2. Lalu akses google docs dan buat dokumen baru.
  3. Kemudian tentukan warna garis yang akan dibuat. Jika kamu ingin membuat garis warna hitam, silakan langsung ke langkah dua. Namun misalnya kamu ingin membuat warna biru, silakan klik “text color” kemudian pilih warna biru .
  4. Kemudian silakan tekan tombol shift dan tombol underscore secara bersamaan.
  5. Tekan hingga sesuai keinginananmu. Jika kamu ingin membuat garis panjang, silakan tekan hingga sampai ke ujung kanan dokumen.

Cara Membuat Tabel di Google Docs Dengan Mudah

2. Dengan Spesial Character

Cara yang kedua hampir sama dengan cara yang pertama. Jika cara pertama menggunakan keyboard, sedangkan pada cara kedua menggunakan mouse (click). Dari segi kelebihan dan kekurangan cara ini sama seperti cara yang pertama.

  1. Sama seperti cara pertama, tentukan warna garis terlebih dahulu.
  2. Setelah itu silakan klik menu “insert“, dan pilih “special character“.
  3. Akan muncul kotak dialog “insert special character“.
  4. Pada form pencarian, silakan ketikan kode unicode/codepoint005F“.
  5. Kamu akan menjumpai “low line” character, silakan klik character tersebut berkali kali hingga ujung kanan dokumen hingga membentuk garis. Selain menggunakan unicode tersebut, kamu dapat menggunakan kode “00AF” dan “2500”.

3. Dengan Drawing

Cara ketiga ini, menurut kakak yang paling lengkap atau sempurna. Karena selain dapat diganti warna, kamu dapat mengatur ketebalan hingga panjang garis yang akan dibuat.

cara membuat garis di google dokumen
cara membuat garis di google dokumen dengan drawing
  1. Klik menu”insert” kemudian klik “drawing” dan pilih “new“.
  2. Akan muncul kotak dialog “Drawing“.
  3. Silakan klik “select line“, icon tanda segitiga kebawah disamping icon garis.
  4. Muncul beberapa jenis line, silakan klik “line“.
  5. Cursor akan berubah menjadi tanda tambah (+). Untuk membuat garis, silakan tekan tombol Shift dan lakukan Drag And Drop dari kiri ke kanan.
  6. Jika hanya ingin membuat garis, silakan tekan tombol “save and close” untuk menyelesaikannya. Namun jika kamu ingin mengubah warna garis, silakan klik pada iconline color“. Lalu pilih warna yang kamu suka, warna garis pun akan berubah. Kemudian klik “save and close“.
  7. Sampai dengan langkah ke-6, garis telah terbuat dengan warna tertentu. Jika kamu ingin mengubah ukuran ketebalan garis, silakan klik kiri pada garis.
  8. Akan muncul beberapa pilihan, silakan klik iconimage option” pada paling ujung opsi pilihan. Lalu dilanjutkan dengan klik “size & rotation“.
  9. Muncul “image option” pada samping monitor. Silakan hapus centang pada bagian “lock aspect ratio“.
  10. Kemudian silakan ubah ukuran pada bagian “height“. Sampai dengan langkah ini, garis, warna, dan ketebalan telah terbuat.

4. Dengan Horizontal Line

Cara yang keempat yaitu menggunakan horizontal line. Kelebihannya lebih simpel dan ringkas, namun kekurangannya tidak dapat diganti warna. Secara default garis yang terbuat akan berwarna hitam agak keabu abuan.

  1. Silakan klik menu “insert“.
  2. Kemudian klik “horizontal line“. Hanya dengan dua langkah tersebut garis langsung terbuat. Cara ini jauh lebih mudah dibandingkan cara lainnya.
Kesimpulan

Jadi begitulah cara membuat garis di google docs. Ada 4 cara membuat garis; pertama dengan cara menekan shift dan karakter underscore. Lalu yang kedua dengan special character, ketiga dengan drawing. Dan yang terakhir dengan horizontal line.

Dari empat cara tersebut kakak, menyarankan untuk menggunakan cara ketiga dan keempat. Karena lengkap dan simpel. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.