software monitoring jaringan komputer

11 Software Monitoring Jaringan Komputer, Valid Banget

Kamu sedang mencari referensi software monitoring jaringan komputer? Kebetulan sekali, kakak iyainaja akan membahas tentang daftar aplikasi monitoring jaringan, sekaligus akan meluruskan informasi, yang sering orang salah pahamI.

Sebelum itu ada baiknya untuk dipahami, apa itu “monitoring jaringan”. Monitoring jaringan adalah sebuah kegiatan/aktifitas untuk memonitor/memantau/menganalisa jaringan yang sudah terimplementasi / berjalan. Tujuan dari monitoring, untuk mengetahui kondisi perangkat ataupun traffic yang ada pada jaringan. Sebuah aplikasi monitoring jaringan hadir, guna untuk membantu memantau sistem jaringan / infrastruktur jaringan.

Sebagai contoh, pada suatu perusahaan memiliki 1000 perangkat jaringan yang sudah terinstallasi dan tidak menggunakan aplikasi, untuk monitoring perangkat. Kemudian suatu waktu, 5 dari 1000 perangkat tersebut mengalami down, hal ini akan menyulitkan pekerja jaringan pada perusahaan tersebut, jika tidak menggunakan network monitoring tools.

FYI:Biasanya kegiatan monitoring dilakukan oleh Network Enginner (NE), Network Administrator atau Network Operation Control (NOC) dalam suatu perusahaan.

Mengapa? Karena pekerja IT Infrastruktur perusahaan tersebut, akan kesulitan dalam proses penanganan / troubleshooting terkait perangkat mana yang down. Lain halnya, jika menggunakan aplikasi monitoring jaringan, tentu staff jaringan akan jauh lebih cepat dalam troubleshooting untuk nantinya dilakukan tindakan backup, restore, recovery, atau apapun guna menangani gangguan yang sedang terjadi.

Backup dan Restore Merupakan Hal Penting Dalam Perawatan Jaringan

Aplikasi Monitoring Jaringan Komputer atau biasa disebut Network Monitoring System (NMS) memiliki banyak fungsi, diantaranya:

  • Untuk mengetahui kondisi perangkat apa saja yang up (hidup) atau down (mati)
  • Memantau berapa besaran traffic yang lewat pada suatu perangkat (router, server,ataupun perangkat lainnya).
  • Memonitor resource perangkat seperti, ram, cpu, storage, dll.
  • Membuat/mendokumentasikan mapping/network diagram dalam bentuk visual
  • Membantu proses troubleshooting.
  • Memberikan alert/pemberitahuan jika terjadi sebuah masalah.
  • Dan masih banyak fungsi fungsi lainnya.

Tanpa berlama lama, berikut daftar aplikasi NMS yang dapat kamu gunakan.

Software Monitoring Jaringan Komputer / Aplikasi Monitoring Jaringan

1. The Dude

Salah satu software untuk memonitor jaringan adalah The Dude. Aplikasi The Dude merupakan Aplikasi Desktop Gratis dari Mikrotik, yang dapat kamu gunakan untuk monitoring perangkat jaringan. Selain dapat digunakan untuk monitoring, tools ini juga tersedia service ssh, telnet, webfig, atau winbox untuk melakukan remote ke perangkat. Meski aplikasi ini dari Mikrotik, bukan berarti hanya dapat digunakan untuk monitoring khusus perangkat Mikrotik saja.

Berikut Cara Akses Router Mikrotik, Kecuali

Kamu juga dapat gunakan, untuk monitoring perangkat yang berbeda brand seperti; Cisco, Juniper, Tp-Link, Sophos atau perangkat server, bahkan situs kamu sekalipun. The Dude ada dua macam, Server dan Client. Dude Server perlu kamu install pada Router, sedangkan The Dude Client perlu kamu install pada laptop/komputer kamu. The Dude Client support semua sistem operasi, baik itu Windows, Linux (wine) dan Mac OS (darwine).

tampilan aplikasi network monitoring the dude nms
tampilan aplikasi network monitoring the dude nms

Untuk installasinya, kamu perlu menyiapkan Router untuk diinstall The Dude Server. Nantinya perangkat tersebut akan menjadi Server Monitoring. Server Monitoring tersebut akan melakukan ping ke alamat ip / domain dari perangkat yang terdaftar. Jika reply, berarti up dan ditunjukan dengan warna hijau yang menandakan perangkat tersebut hidup.

2. Just For Fun Network Monitoring System (JFFNMS)

JFFNMS dapat kamu gunakan untuk monitoring jaringan. Software ini berbasis web / web based, jadi kamu perlu menyediakan Web Server terlebih dahulu. Untuk Web Server yang perlu kalian install bebas bisa menggunakan Xampp, Lampp, Nginx atau Web Server lainnya. JFFNMS lebih cocok digunakan untuk memonitor bandwidth.

3. WhatsUp Gold

Sama seperti aplikasi The Dude, WhatsUp Gold dapat digunakan untuk jaringan LAN, MAN atau WAN. Namun untuk menggunakan program ini kamu perlu membayar license. Program ini mendukung semua brands. Beberapa perusahaan besar menggunakan aplikasi ini untuk memonitor jaringan komputer perusahaan mereka.

4. Cacti

Cacti merupakan aplikasi monitoring jaringan berbasis web dan sifatnya gratis/open source. Software Cacti support Windows dan Linux. Untuk penggunaannya sendiri, dilakukan dengan cara menginstall/menyiapkan Web Server terlebih dahulu. Untuk jenis Web Server yang perlu kamu siapkan bebas, boleh Xampp, Lampp, atau Web Server lainnya.

5. Solarwinds NPM

Sama seperti The Dude, Solarwinds memiliki fitur auto discover untuk menambahkan perangkat yang akan dimonitor. Solarwinds NPM, merupakan aplikasi monitoring jaringan berbasis web. Perangkat lunak ini berbayar, Namun kamu juga dapat gunakan trial selama 30 hari. Program ini mirip mirip dengan WhatsUp Gold dan The Dude.

6. Pandora FMS

Pandora FMS adalah software monitoring berbasis web, yang dapat memonitor perangkat jaringan dan memonitor sistem operasi. Dapat digunakan untuk memonitor dari 1 hingga 1000 perangkat.

7. Netmonk

Netmonk, merupakan NMS kreasi anak bangsa. Software ini dapat digunakan untuk memonitor status perangkat yang terdapat pada sebuah jaringan. Fungsi Netmonk mirip dengan The Dude, hanya saja berbasis web.

8. Zabbix

Zabbix merupakan open source monitoring server (gratis), yang dapat kamu gunakan untuk memonitor perangkat jaringan. Untuk penggunaan zabbix, hanya dapat diinstall pada sistem operasi linux (ubuntu, red hat, debian, dll). Program ini berbasis web, sehingga memerlukan Web Server. Untuk Web Server yang dapat digunakan berdasarkan pengalaman dan instruksi web resmi hanya support Apache dan Nginx.

9. Nagios

Nagios adalah NMS open source yang dirancang untuk memonitor perangkat dan layanan jaringan serta untuk menginformasikan kondisi/event yang terjadi pada jaringan. Software ini dapat melakukan Graphing, Monitoring, namun dari segi user interfacenya sederhana. Program ini hanya bisa diinstall pada sistem operasi linux.

10. PRTG Network Monitor

Tools yang seringkali digunakan untuk melakukan monitoring adalah PRTG Network Monitor. Software ini acapkali digunakan pada Internet Service Provider (ISP) guna memantau penggunaan bandwidth pelanggan. PRTG Network Monitor biasa orang menyebutnya PRTG, adalah program berbayar yang dapat digunakan untuk memonitor penggunaan jaringan baik itu LAN, MAN, atau WAN.

11. MRTG

MRTG singkatan dari Multi Router Traffic Grapher. Software ini merupakan software gratis yang dapat kamu gunakan untuk monitoring jaringan. Untuk data yang ditampilkan berupa grafik. Software ini cocok bila digunakan untuk monitor traffic bandwidth/throughput suatu router,atau perangkat jaringan.

Yang Bukan Aplikasi Monitoring Jaringan

  • Fiddler, adalah aplikasi web debuging. Program ini tidak bisa dikategorikan sebagai NMS.
  • Advance IP Scanner merupakan software untuk jaringan. Namun aplikasi ini tidak dapat dikategorikan sebagai NMS. Dikarenakan software ini tidak memantau status atau traffic dari suatu perangkat jaringan. Software ini lebih cocok dikategorikan ip scanner tools, karena digunakan untuk scan perangkat yang masih satu segment.
QnA

Ka di web lain disebutkan fiddler dan ip scanner adalah aplikasi monitoring jaringan, tapi kok disini disebutkan tidak termasuk? Kok bisa begitu ka?
Karena beberapa penulis web tersebut kemungkinan tidak memiliki kompetensi, khususnya pada bidang jaringan. Fiddler dan ip scanner bukan network monitoring tools. Dapat kamu lihat melalui web resmi pada bagian about.

Kesimpulan

Jadi begitulah daftar software monitoring jaringan komputer yang kakak informasikan. Untuk rekomendasi salah satu aplikasi NMS untuk monitoring yaitu The Dude. Sedangkan untuk NMS berbayar kakak menyarankan untuk menggunakan Solarwinds atau WhatsUp Gold. Microsoft Network Monitor.

Fungsi NMS yaitu untuk mendokumentasikan jaringan yang telah terimplementasi, sekaligus memonitor kondisi atau traffic yang sedang berlangsung. Semoga artikel ini mudah dimengerti, dan dapat kamu jadikan referensi untuk memilih NMS yang akan kamu pakai. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Reference

  • Comparitech. “13 Best Network Monitoring Tools & Software of 2022”. Comparitech.com www.comparitech.com/net-admin/network-monitoring-tools/ (diakses pada 23 Maret 2022)
  • Citraweb. “Monitoring Dengan Aplikasi The Dude.” Citraweb.com. www.citraweb.com/artikel_lihat.php?id=172 (diakses pada 23 Maret 2022).
  • Saputra, I Wayan. (2020). Implementasi Sistem Pemantauan Jaringan Menggunakan Libre NMS Pada jaringan Kampus Universitas Udayana. Jurnal Spektrum, 7, 81-85.

Leave a Reply

Your email address will not be published.