cek ketersediaan jaringan indihome

5 Cara Cek Ketersediaan Jaringan IndiHome, Terbaru (2022)

Halo calon pelanggan IndiHome. Kamu ingin berlangganan internet IndiHome, namun kamu ragu apabila jaringan IndiHome sudah mengcover daerahmu? Tenang, pada artikel ini, kakak iyainaja akan berbagi tentang bagaimana cara cek ketersediaan jaringan IndiHome.

Jaringan Internet memang menjadi kebutuhan dimasa kini. IndiHome merupakan salah satu produk layanan Internet, milik PT. Telkom Indonesia. IndiHome merupakan produk pengganti Speedy dengan menawarkan kecepatan yang lebih cepat, karena menggunakan kabel fiber optic sebagai media transmisi.

Dibandingkan dengan produk Internet Service Provider (ISP) lain, IndiHome mengcover banyak daerah. Hal ini, karena PT.Telkom Indonesia merupakan pemain lama dalam bidang penyedia layanan internet. Sehingga, dari sisi infrastruktur sudah mengcover banyak daerah, dibandingkan dengan ISP lain seperti; BIZNET, CBN, dll.

Nah, bagi kamu yang ingin berlangganan IndiHome, baiknya kamu cek coverage area IndiHome terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengecek “apakah tempat tinggalmu sudah tercover atau belum?”.

Jika tempat tinggalmu belum tercover, salah satu solusinya yaitu menggunakan produk orbit (produk telkom) atau menggunakan ISP lain yang media transmisinya menggunakan wireless.

cek jaringan indihome
cek jaringan indihome

Pada artikel ini kakak akan paparkan, 5 cara untuk mengecek coverage IndiHome, diantaranya:

  1. Mengunjungi Plasa Telkom
  2. Call Center 147
  3. Melihat Tersedianya Optical Distribution Point (ODP) pada daerahmu.
  4. Dengan Aplikasi MyIndiHome
  5. Web IndiHome / fibermap.indihome.co.id

Adapun langkah langkahnya sebagai berikut.

Cek Ketersediaan Jaringan IndiHome

1. Datang Langsung Ke Kantor Plasa Telkom

  • Silakan datang ke kantor plasa telkom, pada jam dan hari kerja.
  • Kemudian datang dan ambil nomor antrian, untuk bertemu dengan customer service telkom.
  • Ceritakan bahwa kamu ingin berlangganan IndiHome Fiber, namun kamu ingin cek coverage IndiHome pada daerahmu terlebih dahulu.
  • Nantinya pihak customer service akan meminta data alamat tinggalmu, untuk dia cek ke petugas lapangan ataupun mengecek berdasarkan system “apakah sudah tercover apa belum?” Apabila sudah tercover, maka kamu dapat untuk melanjutkannya untuk menjadi pelanggan baru IndiHome.

2. Menghubungi Call Center 147

  • Bagi kamu yang tidak sempat untuk mengunjungi plasa telkom. Kamu dapat menghubungi call center 147, untuk meminta bantuan cek coverage IndiHome pada daerahmu.
  • Silakan lakukan panggilan ke nomor 147, dari handphone kamu.
  • Kemudian tanyakan, bahwa mau cek coverage IndiHome. Nantinya, kamu akan ditanyai seputar nama kamu dan alamat tinggal kamu. Bila tercover, kamu dapat melanjutkannya untuk berlangganan IndiHome

3. Dengan Cek ODP Telkom/IndiHome Pada Tiang Telkom Terdekat

  • Silakan kamu keluar rumah dan lihat disekitar rumahmu.
  • Lihat dan amati sekeliling areamu terutama pada tiang telkom terdekatmu. Apakah terdapat kabel fiber di lokasi kamu tinggal? Cirinya, kabel ini diameternya lebih besar dibanding kabel pada umumnya.
    Amati juga “Apakah terdapat tiang telkom yang terdapat kotak ODP IndiHome/Telkom?” FYI ODP IndiHome/Telkom biasanya berwarna hitam, ada juga yang berwarna putih biasa bertuliskan ODP.
  • Apabila ada, kemungkinan itu milik PT. Telkom Indonesia. Silakan kamu cross check dengan menelpon ke bagian call center 147 jika masih ragu.

4. Melalui Aplikasi MyIndiHome

  • Silakan buka playstore, kemudian cari dan install Aplikasi MyIndiHome.
  • Jika sudah terinstall, silakan jalankan dan lakukan pendaftaran akun terlebih dahulu pada aplikasi. Inputkan data sesuai data kamu, dan pastikan nomor handphone yang kamu cantumkan aktif.
  • Bila proses registrasi akun telah berhasil. Langkah berikutnya yaitu login. Klik tombol “login“, kemudian inputkan nomor atau email kamu. Lalu inputkan password, dan selanjutnya memilih verification method menggunakan wa atau sms, silakan pilih salah satu.
  • Jika sudah berhasil login silakan tap pada menu “shop” > “internet” > “check availability/ketersediaan”.
  • Silakan inputkan alamat kalian atau aktifkan GPS kalian, kemudian klik confirm. Lalu inputkan alamat detail dibagian “detail address“. Selanjutnya tap tombol “next“.
  • Tunggu beberapa saat, jika area kamu tercover maka akan muncul notifikasi “indihome service is available in your area“.

5. Melalui Web Indihome

  • Silakan buka web browser, kemudian kunjungi https://myih.telkom.co.id/home
  • Jika situs telah terbuka, silakan anda klik tombol “masuk/daftar”.
  • Akan muncul pop up menu, klik tombol “daftar”
  • Muncul form pendaftaran, silakan isi sesuai instruksi yang terlampir, usahakan nomor handphone yang kamu gunakan aktif. Jika sudah klik “submit / daftar sekarang”.
  • Langkah berikutnya yaitu login menggunakan akun yang telah kamu buat. Sistem pun akan meminta otp yang terkirim ke nomor handphone kamu. Silakan inputkan otp tersebut.
  • Bila sudah berhasil login, klik tombol “cari paket internet”, kemudian klik “cek ketersediaan paket”.
  • Kemudian silakan inputkan alamat kamu pada form yang tersedia. Selanjutnya geser geser pointer hingga tepat dengan kamu tinggal. Jika sudah klik tombol “konfirmasi/confirm”
QnA

Q: Bagaimana jika jaringan IndiHome tidak tersedia?
A: Jika tidak tersedia, kamu dapat menggunakan orbit, produk lain dari PT. Telkom Indonesia. Atau kamu bisa cari ISP lain yang media transmisinya menggunakan wireless.

Q: Call Center IndiHome berapa?
A: 147 Ka.

Kesimpulan

Jadi begitulah cara cek ketersediaan jaringan IndiHome. Apabila kamu ragu daerahmu belum tercover, kamu bisa tanyakan langsung dengan mendatangi kantor plasa telkom, ataupun dengan menghubungi melalui call center 147. Cara lain, kamu dapat mengecek “apakah terdapat odp Indihome terdekat disekitarmu?” Jika ada, kemungkinan tercover, kamu dapat cross check ke call center jika ragu.

Semoga dengan artikel ini dapat membantumu, untuk mengecek area IndiHome di daerahmu. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.