Skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilah

Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer Dikenal Dengan Istilah Apa?

Skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilah apa? a.tipe b.topologi c.geografi d.skalabilitas e.media transimisi. Kalian sedang bingung dalam menjawab pertanyaan itu? Tenang, pada artikel ini kakak iyainaja akan membantumu.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kakak akan menjawab menggunakan dasar teori jurnal, dan juga kbbi. Sebelum menjawab pertanyaan itu, ada baiknya kita pahami dulu apa itu “skema desain” dan “jaringan komputer”.

Menurut Siti Nur (2018) Jaringan komputer adalah interkoneksi antara dua komputer atau lebih yang terhubung melalui media transmisi, baik menggunakan media kabel ataupun tanpa kabel. Terhubungnya dua komputer atau lebih memungkinan untuk sharing data.

Itu tadi sekilas, mengenai jaringan komputer, lalu apa yang dimaksud dengan “skema desain”? Skema desain adalah suatu gambaran atau rancangan akan suatu bentuk. Berdasarkan pemenggalan kata tersebut, dapat kita pahami bahwa pertanyaan tersebut meminta kita, untuk memilih jawaban yang mendeskripsikan tentang gambaran / desain suatu jaringan komputer.

Setelah mengetahui kedua arti skema desain dan jaringan, mari kita cari tahu dari pilihan jawaban “tipe”, “media transmisi”, dan “topologi”.

Tipe, menurut kbbi yang berarti suatu jenis atau model dari benda tertentu. Sebagai contoh tipe mobil, tipe router, tipe access point, tipe switch, dll. Kata ini lebih menunjukan jenis dari produk tertentu, dan tidak mendeskripsikan suatu skema/desain jaringan. Jadi pilihan jawaban “tipe” tidak tepat untuk pertanyaan awal.

Menurut Wasis Salasi (2019) Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima. Media transmisi dibagi menjadi dua yaitu media kabel (wired) dan media tanpa kabel (wireless). Opsi jawaban “media transmisi” lebih mengacu pada media perantara dalam sebuah jaringan, namun tidak menggambarkan sebuah desain, jadi pilihan ini tidak tepat.

Media Kabel Dalam Jaringan Dikenal Dengan Istilah

Menurut Herlambang (2008:10) Topologi jaringan adalah sebuah gambaran, yang digunakan untuk menguraikan cara komputer terhubung dalam suatu jaringan. Sedangkan berdasarkan situs cisco, topologi jaringan adalah suatu gambaran yang digunakan, untuk mendiskripsikan struktur jaringan baik itu secara logical ataupun physical.

Skema Desain Pembangunan Sebuah Jaringan Komputer Dikenal Dengan Istilah

Dari dasar teori tadi dapat disimpulkan bahwa, jawaban yang tepat untuk skema desain dalam pembuatan sebuah jaringan komputer adalah topologi. Secara sederhana, istilah topologi jaringan adalah gambaran atau rangkaian suatu rancangan dalam sebuah jaringan, yang dijelaskan dalam bentuk gambar.

Pembuatan topologi jaringan, bisa digambar pada kertas biasa ataupun menggunakan software yang dikhususkan untuk membuat topologi jaringan. Adapun contoh topologi sederhana seperti berikut:

contoh topologi physical

Dapat temen temen perhatikan, pada gambar diatas merupakan topologi jaringan. Topologi tersebut adalah topologi physical, dimana terdapat beberapa komponen perangkat jaringan. Terdiri dari router, switch, access point, dan perangkat end device seperti pc atau laptop.

Topologi Jaringan dibagi menjadi dua:

  • Topologi physical, menggambarkan jaringan secara aktual dimana terdapat media serta perangkat jaringan itu sendiri, seperti kabel, switch, router, dll.
  • Topologi logical, menunjukkan data flow/aliran data dari suatu jaringan. Salah satu contoh topologi logical adalah topologi bus. Tak hanya topologi bus, ada juga topologi lainnya seperti, topologi mesh, topologi star, dll.

Topologi Jaringan berfungsi untuk:

  • Sebagai acuan dalam membangun infrastruktur jaringan.
  • Sebagai dokumentasi.
  • Membantu dalam proses troubleshooting. Topologi dapat membantu network administrator / network engineer dalam melakukan troubleshooting apabila terjadi masalah.

QnA

Apa itu topologi jaringan komputer?
Topologi jaringan komputer adalah gambaran dari suatu jaringan. Jaringan yang dimaksud, bisa jaringan komputer suatu gedung,jaringan pada sekolah,jaringan internet service provider, ataupun lainnya.

Apa fungsi topologi jaringan?
Sebagai acuan / panduan dalam mengimplementasikan sebuah jaringan. Tak hanya digunakan sebagai panduan, namun juga digunakan untuk membantu memudahkan dalam troubleshooting bila terjadi problem.

Lho kok bisa memudahkan? Hal ini, lantaran topologi jaringan sudah terdokumentasikan baik dalam bentuk gambaran pada sebuah kertas ataupun menggunakan software, sehingga dapat memudahkan network administrator untuk menganalisa suatu permasalahan.

Kesimpulan

Jadi skema desain pembangunan sebuah jaringan komputer dikenal dengan istilah topologi. Topologi jaringan adalah gambaran dari suatu jaringan. Istilah topologi akan sering temen temen jumpai jika, bersekolah dijurusan teknik komputer dan jaringan. Apabila temen temen kuliah pada prodi informatika juga akan menjumpai istilah ini. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Reference
https://www.cisco.com/c/en/us/solutions/automation/network-topology.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.