media kabel dalam jaringan dikenal dengan istilah

Media Kabel Dalam Jaringan Dikenal Dengan Istilah

Media kabel dalam jaringan dikenal dengan istilah. Teman teman, sedang kebingungan dalam menjawab pertanyaan itu? Tenang, kakak akan membantumu. Semoga dengan artikel ini, teman teman dapat terbantu. Ayo membaca.

Internet adalah salah satu produk jaringan, yang biasa teman teman gunakan. Untuk membuat jaringan diperlukan beberapa sumber daya. Sumber daya tersebut bisa bermacam macam, mulai dari router, server, radio, ataupun media transmisi.

Media transmisi dalam sebuah infrastruktur jaringan dibagi menjadi dua, media kabel dan tanpa kabel. Kedua media tersebut memiliki fungsi. Fungsi apakah itu? Media kabel dan tanpa kabel, digunakan untuk menyalurkan/transfer data. Tak hanya itu, fungsi kabel digunakan untuk menghubungkan jaringan, baik jaringan intranet ataupun internet.

Kabel jaringan bisa digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih, dengan berbagai topologi jaringan. Tak hanya sebatas menghubungkan komputer, namun juga bisa digunakan untuk mengkoneksikan antar pulau ataupun antar negara. Maka tak heran jika teman teman pernah mendengar istilah kabel bawah laut.

Kabel jaringan berbeda dengan kabel listrik ya teman teman. Dalam osi layer, kabel jaringan, termasuk ke dalam perangkat layer 1 atau physical layer. Apa itu osi layer? Dan physical layer? Akan kakak bahas dinext artikel ya.

Media Kabel Dalam Jaringan Dikenal Dengan Istilah

Media kabel dalam jaringan disebut juga wired atau wireline. Media kabel dapat teman teman jumpai dalam kehidupan sehari hari. Apabila teman teman capek membaca, bisa berhenti sejenak untuk melihat gambar berikut.

media kabel jaringan
transmisi kabel jaringan

Gambar diatas adalah contoh media kabel. Setelah melihat gambar diatas, pasti teman teman tidak asing lagi atau pernah melihat kabel tersebut pada suatu tempat. Pada gambar b terlihat kabel utp, kabel ini termasuk dalam jenis kabel twisted pair. Sering kali, teman teman jumpai pada lab sekolah atau mungkin dirumah kalian.

Contoh media kabel dalam jaringan komputer

• Kabel Coaxial
Pada lampiran gambar diatas, tepatnya pada tanda a, adalah gambaran kabel coaxial. Kabel jenis ini biasanya digunakan pada radio radio microwave. Radio microwave biasa terletak pada menara/tower bts. BTS bukan BTS korea ya temen temen. Melainkan BTS singkatan dari Base Transceiver Station.

Dulunya kabel coaxial ini, juga digunakan untuk kebutuhan membangun jaringan LAN. Hanya saja sekarang ditinggalkan, karena kebanyakan perangkat sudah tidak support atau tidak terdapat port BNC pada PC/komputer. Lainnya hal pada beberapa perangkat seperti access point ataupun microwave yang kebanyakan masih support coaxial.

• Kabel Twisted Pair
Dinamakan twisted pair, karena kabel ini berpasangan dan dipelintir. Kabel ini terdiri dari delapan warna. Putih orange, orange, putih hijau, hijau, putih biru, biru, putih coklat, coklat.
Kabel twisted pair sendiri masih dibagi menjadi tiga; kabel utp, kabel ftp, dan kabel stp.
Masing masing perbedaan utp, ftp, dan stp akan kakak jelaskan dinext artikel ya.

• Kabel Fiber Optik
Pada lampiran gambar sebelumnya, yaitu yang bertanda c. Gambar c merupakan gambaran kabel fiber optik. Biasa adik adik temui pada tiang tiang yang ada dijalan. Tetapi tidak semua di tiang adalah kabel fiber ya teman teman. Kabel ini terbuat dari serat optik. Berbeda dengan dua jenis kabel sebelumnya, yang menggunakan tembaga. Kelebihan kabel ini jauh lebih cepat, lebih panjang jangkauannya, dan lebih besar data yang bisa dilewatkan, dibandingkan dengan kabel twisted pair ataupun coaxial.

Kesimpulan
Jadi media kabel dalam jaringan dikenal dengan istilah wired atau wireline. Media kabel dalam jaringan dibagi menjadi tiga yaitu kabel coaxial, kabel twisted pair, dan kabel fiber optic Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.