cara membuat zip di hp

Cara Membuat ZIP di HP, Sangatlah Mudah

Cara membuat zip di hp. Kamu sedang bingung dalam membuat zip di hp android? Jangan bingung, pada artikel ini kakak iyainaja, akan memaparkan cara membuat file zip menggunakan smartphone.

Menyimpan file dalam ruang yang terbatas, menjadi persoalan bagi beberapa orang. Salah satu solusi untuk menghemat ruang yang terbatas, yaitu dengan mengompres file yang ukurannya besar. Mengompres adalah mengecilkan ukuran file menjadi lebih kecil daripada ukuran awal.

Kita dapat mengompres serta menggabungkan file, sekaligus untuk dijadikan satu file baru. Ekstensi file baru ini, bisa ZIP ataupun RAR. Menurut Rendi A (2016) Zip adalah standar kompresi data, yang diciptakan oleh Phil Katz. Kita dapat mengkompresi banyak file, menjadi satu tempat yang sama. Sebagai contoh, kamu memiliki file a, b, dan c untuk dijadikan satu file zip.

Ada dua cara, untuk membuat file zip:

  • Menggunakan aplikasi tambahan. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat file zip yaitu ez file explorer. Tak hanya menggunakan ez file explorer, namun kalian juga dapat menggunakan zarchiver.
  • Tanpa aplikasi tambahan. Apabila kamu tidak ingin menambah aplikasi baru pada smartphone kamu, maka kamu dapat menggunakan situs yang menyediakan layanan compress file secara online. Namun, kamu perlu pastikan bahwa hp atau smartphone kamu masih terdapat kuota internet.

Cara Membuat ZIP di HP

1. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Ada banyak sekali aplikasi yang dapat kalian install untuk membuat zip di HP. Berikut beberapa aplikasi yang dapat kakak rekomendasikan beserta caranya.

A. EZ File Explorer File Manager

  1. Pertama, silakan install dulu EZ File Explorer pada smartphone kamu. Aplikasi ini, dapat kamu temukan pada google play store.
  2. Apabila sudah terinstall, silakan buka aplikasi EZ File Explorer.
  3. Kemudian, cari file yang akan kamu compress dan kamu gabungkan menjadi file zip.
  4. Silakan tandai file file yang akan dicompress dan digabungkan menjadi file zip.
  5. Apabila sudah, tap pada icon titik tiga horizontal, lalu tap “compress”. Langkah berikutnya memilih tempat file zip nantinya. Pilih saja “current path.
  6. Kemudian tap “compress” lagi, dan akan muncul kotak dialog. Silakan inputkan nama zipnya. Langkah berikutnya tap “create. Sampai dengan langkah ini kamu telah menggabungkan beberapa file menjadi satu file zip.
EZ File Explorer

B. Winzip – Zip UnZip Tool

  1. Silakan install “winzip – zip unzip tool” di google playstore terlebih dahulu.
  2. Apabila aplikasi telah terinstall, silakan jalankan aplikasi winzip.
  3. Langkah berikutnya, silakan cari file yang akan dibuat menjadi zip.
  4. Kemudian tap pada file tersebut dan tandai. Lalu, tap “icon” titik tiga vertical pada pojok kanan atas.
  5. Akan muncul beberapa pilihan, silakan pilih “zip to here.
  6. Berikutnya silakan beri nama untuk file zip yang akan kamu buat.
  7. Jika sudah, tap “ok.

2. Tanpa Aplikasi Tambahan

Apabila temen temen enggan untuk menginstall aplikasi tambahan, temen temen tidak perlu risau. Kamu tetap dapat membuat file zip di android tanpa aplikasi. Maksudnya tanpa aplikasi disini, yaitu menggunakan sebuah situs yang menyediakan layanan zip online.

A. Compress2go

  1. Pertama silakan buka browser pada smartphone kamu. Jangan lupa pastikan kamu memiliki kuota internet yang cukup.
  2. Kemudian silakan akses situshttps://www.compress2go.com/id/buat-file-zip
  3. Apabila situs telah terbuka, silakan tap pada tombol “pilih file”. Kemudian silakan pilih file mana saja, yang akan kalian gabungkan menjadi satu file zip.
  4. Silakan ditunggu hingga file yang kalian pilih terupload.
  5. Apabila sudah terupload, langkah berikutnya tap tombol “mulai”.
  6. Silakan ditunggu beberapa saat hingga proses selesai. Bila sudah selesai, file pun akan terunduh secara otomatis.

B. Ezyzip

  1. Silakan kunjungi situshttps://www.ezyzip.com/
  2. Jika situs ezyzip telah terbuka. Silakan tap pada tombol “select file to archive. Lalu silakan pilih, file mana saja yang akan dijadikan zip.
  3. Tunggu file terupload. Jika sudah, tap tombol “zip files.
  4. Muncul notifikasi “Zip File Compressed, yang berarti file zip berhasil terbuat. Silakan tap tombolsave zip file untuk mengunduhnya.

Kesimpulan
Cara membuat zip di hp caranya sangat mudah. Ada dua cara yaitu dengan menginstall aplikasi tambahan atau bisa tanpa aplikasi tambahan. Kedua cara tersebut, dapat dilakukan secara gratis yang penting ada koneksi internet untuk menginstall dan mengakses situsnya. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.