cara memperpendek link google form

7 Cara Memperpendek Link Google Form Lengkap

Cara memperpendek link google form. Link yang panjang tentu sangat tidak efisien. Untuk memperpendek link dapat menggunakan banyak cara. Salah satu contohnnya bisa menggunakan bawaan google form. Tetapi konteks kali ini kita paparkan tak hanya milik google form sendiri juga milik platform situs lain. Lalu bagaimanakah caranya? Oh ya pastikan kalian paham apa itu google form ya.

Baca juga cara upload file di google form

Cara memperpendek link google form

Ada banyak sekali cara dalam memperpendek url google form. Bisa menggunakan yang berbayar sampai yang gratisan. Berikut ini mimin paparkan:

Memperpendek link google form gratis

1. Menggunakan bawaan google form

Teman teman dapat menggunakan fitur bawaan yang terdapat pada google form. Teman teman dapat langsung klik shorten url. Dan beberapa saat pun link google form yang tadinya panjang langsung menjadi pendek.

2. Menggunakan bitly

Cara ini pernah mimin paparkan pada artikel cara membuat link bitly google form. Teman teman bisa membacanya pada artikel tersebut. Untuk bitly sendiri statistiknya cukup detail mulai dari jumlah klik, link referer, source klik, dan source pengujung.

3. Menggunakan linklyhq

Situs url shortener lainnya yang dapat kalian gunakan untuk memperpendek link google form yaitu linklyhq. Untuk menggunakan fitur fitur nya maka teman teman harus mendaftar terlebih dahullu. Berikut cara menggunakan linklyhq:

  • Silakan teman teman kunjungi linklyhq.com. Kemudian klik pada tombol “try it for free“. Teman teman silakan bebas mau mendaftar menggunakan akun google atau menggunakan email lain. Jika sudah klik sign up. Kemudian kalian akan diarahkan ke halaman dashboard utama.
  • Untuk memperpendek link teman teman klik tombol “create my first link“, paste link yang mau dipersingkat pada bagian “destination“, gulir kebawah dan klik “save link“.
  • Adapun fitur yang dapat teman teman gunakan sebagai pengguna biasa seperti langsung tergenerate QR Code,dan bisa delete link.
  • Terkait dengan statistik yang dapat dilihat terbilang lengkap untuk gratisan, adapun yang tertampil seperti, jumlah klik, negara, operating sistem, referer link, bahkan sampai isp(internet service provider) yang dipakai oleh orang yang mengeklik link kita.
memperpendek link google form gratis s id dik si
memperpendek link google form gratis s id dik si

4. Menggunakan s.id

Merupakan salah satu dari sekian banyak url shortener yang berasal dari indonesia.Situs ini adalah salah satu karya pandi. Situs ini merupakan salah satu kreasi anak bangsa. Untuk cara penggunaannya sendiri mudah. Teman teman dapat langsung mengunjungi situs home.s.id. Kemudian paste link yang akan dipendekan linknya kemudian klik shorten. Tetapi apabila teman teman mau melihat detail statistik dari url yang teman teman share maka teman teman perlu mendaftar terlebih dahulu. Caranya seperti berikut:

  • Akses home.s.id. Apabila halaman sudah terload, silakan teman teman untuk klik tombol mendaftar.
  • Teman teman dapat mendaftar menggunakan akun google ataupun menggunakan akun email lainnya. Apabila menggunakan email selain google silakan teman teman isikan email,kata sandi, dan konfirmasi kata sandi. Kemudian klik tombol mendaftar. Tak selang lama kalian akan diarahkan pada halaman dashboard home.s.id.
  • Untuk mempersingkat link menjadi pendek silakan teman pastekan link, ke form “tempel tautan untuk menyingkat” Berikutnya klik singkatan. Sampai dengan langkah ini teman teman sudah berhasil memperpendek link.
  • Terkait dengan fitur yang diberikan hanyalah untuk memperpendek link saja. Belum ada QR Code. Dan dari segi statistik yang tertampil hanya jumlah visitor dan visitor unik.

5. Menggunakan dik.si

Situs ini mirip dengan bitly. Diksi salah satu karya anak bangsa. Teman teman tinggal mengunjungi situs tersebut. Kemudian tinggal klik shorten. Shortlink ini dapat kalian gunakan untuk mempersingkat google form ataupun google drive ataupun link lainnya. Cara penggunaanya sebagai berikut:

  • Silakan teman teman ketikan dik.si. Lalu dilanjut dengan sign up. Kemudian verifikasi menggunakan email yang telah kalian daftar. Langkah selanjutnya silakan sign in.
  • Pada halaman dashboard utama, klik pada links. Kemudian paste link pada bagian “enter long url“. Kemudian klik “confirm“. Pada langkah ini teman teman sudah berhasil mempersingkat link google form.
  • Dari segi fitur dik.si jauh lebih spesifik jika dibandingkan dengan s.id. Pada dik.si kita dapat membuat “link expired” ataupun membuat “link” terdapat “password“, bahkan dapat menhapus url yang telah kita buat.
  • Terkait dari segi statistik info yang ditampilkan seperti jumlah klik, lokasi, browser yang digunakan, dan operating sistem yang digunakan.

6. Menggunakan rebrandly

Pemendek url lain yang dapat kamu pakai untuk menyingkat google form lainnya yaitu rebandly. Rebranly sendiri terbilang cukup populer. Teman teman dapat langsung mencoba demonya dengan paste pada bagian form yang disediakan dan klik shorten url. Tetapi apabila teman teman ingin mencoba fitur lengkapnya maka teman teman perlu mendaftar. Berikut cara daftar rebranly dan cara memperpendek link menggunakan rebranly.

  • Kunjungi situs rebrandly.com. Klik tombol sign up pada bagian pojok kanan atas.
  • Silakan teman teman sign up seperti biasa, dan jangan lupa untuk verifikasi menggunakan email yang kalian daftarkan. Setelah verifikasi kalian akan diarahkan pada halaman dashboard rebrandly.
  • Untuk memperpendek link teman teman tinggal klik “new link“. Kemudian pastekan pada kolom “destination url“, lalu dilanjut klik tombol “create link“. Link google form pun akan menjadi pendek menggunakan domain rebrandly.
  • Apabila teman teman mau menggunakan fitur QR Code, silakan klik pada icon QR Code. Dan QR Code akan muncul, silakan “save QR Code” tersebut dan silakan share ke teman kalian. Menariknya fitur ini dapat langsung kita gunakan, berbeda dengan bitly yang kita harus bayar dulu. Menariknya lagi kita dapat menghapus link yang telah kita buat, berbeda dengan url shortener gratis lainnya yang sering kali tidak dapat untuk dihapus. Sampai dengan langkah ini teman teman sudah berhasil memperpendek url.
  • Untuk statistik dari segi free user, kita dapat melihat statistik berupa jumlah klik. Lalu asal klik, device yang digunakan, dan juga browser yang digunakan. Apabila kita ingin melihat lebih detail lagi maka kita perlu menggunakan user premium atau berbayar.
memperpendek link google form gratis rebrandly tinyurl
memperpendek link google form gratis rebrandly tinyurl

7. Menggunakan tinyurl.com

Url shoterner lain yang dapat kamu gunakan yaitu tinyurl. Dari segit tampilan dan fitur cukup sederhana dan minimalis. Untuk menggunakannya fitur fitur yang ada teman teman bisa ikut langkah berikut:

  • Kunjungi situs tinyurl.com, kemudian silakan lakukan signup.
  • Langkah berikut teman teman pastekan link pada bagian form yang disediakan, kemudian klik tombol “make tinyurl“. Sampai dengan langkah ini teman teman sudah berhasil memperpendek link.
  • Dari fitur yang disedikan, teman teman dapat membuat link dan dapat menghapus (delete) link
  • Sedangkan dari segi statistik simpel, hanya menampilkan jumlah kliknya saja.

Kesimpulan

Jadi begitulah cara memperpendek link google form. Mudah sekali bukan? Ada berbagai macam cara mempersingkat link google form. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.