cara membuat link bitly google form

Cara Membuat Link Bitly Google Form

Cara membuat link bitly google form sebetulnya mudah. Secara otomatis atau secara langsung link google forms ketika awal digenerate panjang. Tentunya tidak efisien jika kita share link tersebut ke media sosial karena terlalu panjang. Pasti teman teman pernah merasa link terlalu panjang, tentunya terkadang kita ingin untuk memperpendek link google form.

Lalu bagaimana sih, cara memperpendek link google form atau google folmulir? Kita dapat mengubah nama link google form sesuai keinginan kita menggunakan bit.ly. Pada kesempatan ini mimin akan paparkan cara membuat link google form menjadi bit.ly.

Baca juga cara apa itu google form

Sekilas tentang Bitly. Bit.ly adalah situs pemendek url. Bitly dapat digunakan untuk memperpendek link google form, google drive, google docs atau link apapun. Kalian dapat menggunakan bitly secara gratis. Tak hanya untuk memperpendek link, juga dapat mengubah link menjadi QR Code dengan menggunakan fitur custom link. Hanya saja fitur tersebut berbayar.

Cara membuat link bitly google form

Sebetulnya ada banyak sekali cara mempersingkat link google form salah satu nya menggunakan bit.ly. Khusus artikel ini hanya akan membahas cara perpendek link google form dengan cara menggunakan bit.ly. Sebelum mimin paparkan cara lengkap untuk memperpendeknya mimin akan jelaskan tahap tahapnya.

Baca juga cara upload file di google form

Tahapan memperpendek link google form diantaranya:

  1. Sign up bitly atau Sign-in bitly
  2. Membuat Google Form
  3. Mengcopy link google form
  4. Create link bitly
memperpendek link google form
memperpendek link google form

Cara membuat link google form menjadi bit.ly

1.Sign up bitly atau daftar bitly. Pertama yang teman teman lakukan yaitu membuat akun bitly dengan cara daftar bit.ly terlebih dahulu. Tetapi apabila teman teman sudah punya akun bitly. Silakan login bit.ly dan langsung menuju langkah ke-2. Berikut cara membuat akun bit.ly:
• Caranya teman teman buka browser kalian. Kemudian ketikan bitly.com. Jika halaman bit.ly sudah termuat, lihat pada bagian pojok kanan atas, terdapat tulisan login dan sign up free.
• Klik tombol “sign up free”. Teman teman bisa sign up menggunakan akun google atau gmail. Tetapi apabila teman teman menggunakan email selain google juga bisa, tinggal isikan form username, email, dan password lalu klik sign up with email.
• Lakukan verifikasi email seperti biasa. Akun sudah terbuat, lakukan login. Apabila teman teman sudah login maka url pun akan berubah menjadi app.bitly.com. Hal ini tandanya teman teman sudah login.
2.Silakan teman teman buka google form dan buat google form. Bebas mau ada isinya atau tidak. Kemudian klik send dan beralih ke url.
3.Copy link google form yang telah barusan dibuat pada langkah ke-2.
4.Akses kembali bitly. Klik tombol create. Pada samping akan muncul window menu. Pastekan atau masukan link google form yang tadi terbuat pada form “enter long url”. Kemudian tekan tombol create. Link google formulir pun sekarang akan menjadi bitly. Dengan begini maka kalian telah menyingkat link google form.

Cara mengubah nama link google form sesuai keinginan menggunakan bit.ly

Pada cara sebelumnya kita telah membuat link google form menjadi link pendek menggunakan bitly. Tetapi keterangan setelah tanda slash “/” masih berupa angka dan huruf random. Sebetulnya hal tersebut dapat kita edit agar lebih mudah mengaksesnya. Misalnya bitly.com/namagoogleform. Cara edit link di bitly sebagai berikut:

  1. Pertama teman teman Akses bit.ly menggunakan browser kalian. Kemudian login bitly.
  2. Klik pada url link yang sudah tershort pada bitly. Kemudian klik edit.
  3. Ganti nama link bitly pada bagian customize back half, sebagai contoh “bitly.com/form1”
  4. Kemudian klik save. Link bitly pun sudah terbuat sesuai keinginan kita. Nama pun jauh lebih mudah diingat daripada tadi.
cara mengubah nama link google form sesuai keinginan
cara mengubah nama link google form sesuai keinginan

Kesimpulan

Jadi cara membuat link bitly google form sangat mudah. Untuk memperpendek link google form dapat menggunakan bitly. Caranya mudah cukup pastekan link atau url yang akan disingkat pada form yang disediakan dan klik create. Link pun terbuat. Bitly by default kalau langsung klik create link yang terbuat akan random. Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat atasi dengan cara mengubah link sesuai keinginan dengan memanfaatkan fitur customize back half. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Jangan lupa berbagi, karena berbagi itu indah. Apabila terdapat kesalahan informasi atau kurang jelas, silakan ditulis pada kolom komentar. Sampai jumpa pada artikel beritkutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.