cara reset mikrotik cara mereset mikrotik

Cara Reset Mikrotik Lengkap Untuk Semua Tipe

Cara reset mikrotik atau cara mereset mikrotik. Tentunya artikel ini ditujukan bagi kalian yang kebingungan dalam mereset mikrotik, atau untuk teman teman yang awam tentang jaringan. Dalam mereset perangkat mikrotik, terdapat dua cara yaitu dengan cara soft reset atau dengan cara remote mikrotik kemudian reset. Dan yang kedua dengan cara mikrotik hard reset.

Mungkin teman teman ada yang masih awam dengan router mikrotik. Sekilas tentang Mikrotik atau bisa juga disebut Mikrotik routerboard. Mikrotik adalah salah satu perusahaan di latvia yang bergerak dibidang pembuatan router dan wireless system. Tak hanya router, mikrotik juga mendevelop seperti access point, switch, & lain sebagainya. Banyak orang menggunakan produk mikrotik(router) untuk membagi(manajemen) bandwidth, dsb. Tapi bagaimana jadinya jika orang yang menggunakan produk tersebut tetapi tidak tahu bagaimana cara resetnya. Berikut mimin paparkan cara meresetnya.

Cara reset mikrotik

Cara mereset mikrotik sebetulnya gampang. Yang menjadi kendala adalah kurang beraninya teman teman dalam mencoba sesuatu hal yang baru. Berikut mimin paparkan dua (2) cara menggunakan soft reset & hard reset.

Mikrotik Soft Reset

Untuk soft reset sendiri bebas teman teman mau menggunakan winbox / putty dalam remote mikrotik. Pada intinya jika kita mau melakukan cara ini kita musti remote mikrotik terlebih dahulu. Untuk soft reset sendiri dibagi jadi dua, yaitu GUI dan TERMINAL.

1. GUI(Winbox)

Winbox adalah mikrotik software yang digunakan untuk meremote atau konfigurasi mikrotik. Dengan winbox kita juga bisa menghapus konfigurasi perangkat mikrotik. Reset mikrotik menggunakan winbox sendiri mudah. Adapun langkah langkahnya sebagai berikut;

  • Silakan jalankan aplikasi winbox. Perhatikan dibagian neighbours, bebas kalian mau remote mikrotik menggunakan ip address ataupun menggunakan mac address. Pilih salah satu, jika sudah klik connect.
  • Jika sudah bisa login mikrotik menggunakan winbox. Klik pada menu system, kemudian akan muncul beberapa pilihan. Klik reset configuration.
  • Akan muncul kotak dialog reset configuration. Klik atau centang pada opsi no default configuration. Kemudian klik reset configuration. Tunggu beberapa detik, winbox pun akan disconnect. Dan mikrotik bakal berbunyi beep beep yang artinya mikrotik sedang restart dan booting ulang. Sampai dengan langkah ini teman teman telah berhasil reset perangkat routerboard.
cara mereset mikrotik soft reset
cara mereset mikrotik soft reset

2. Terminal

Untuk terminal disini bisa menggunakan winbox itu sendiri lalu klik terminal ataupun menggunakan putty. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Silakan pertama teman teman remote mikrotiknya, bebas boleh menggunakan putty atau winbox.
  • Apabila kalian menggunakan winbox, jika sudah login teman teman klik terminal. Jika teman teman menggunakan putty lewati langkah ini.
  • Berikutnya ketikan ” system reset configuration no default=yes” Lalu enter. Penambahan no default=yes artinya mikrotik saat load pertama kali dia tidak bakal load konfigurasi default mikrotik. Artinya mikrotik nantinya bakal benar benar tereset tanpa konfigurasi bawaan.

Mikrotik Hard Reset

Untuk hard reset sendiri dilakukan ketika soft reset tak dapat dilakukan. Hard reset sendiri juga terdapat dua cara. Yaitu dengan tombol reset & yang kedua dengan jumper langsung pada PCB Mikrotik.

1. Dengan tombol reset

Mikrotik memiliki tombol reset. Langkah langkahnya sebagai berikut:

  • Sebelumnya, lihat di mikrotik routerboard kalian. Perhatikan apakah ada tombol / lubang reset atau tidak. Sebelum melakukannya, lepas kabel power / power adapter.
  • Jika yang kalian gunakan router mikrotik 941, kalian tinggal menekan tombol reset pada perangkat tersebut, sambil tetap ditahan tancapkan kabel power / power adapter. Tahan kurang lebih sekitar 5 detik. Kemudian lepas tombol reset.
  • Jika perangkat kalian seperti mikrotik rb951, atau mikrotik rb2011, maka kalian memerlukan alat bantu lain yaitu pinset / ujung pensil untuk melakukan reset mikrotik rb951. Untuk reset mikrotik rb951 kurang lebih cara meresetnya sama seperti mikrotik 941 yang membedakannya, kita memerlukan alat bantu tambahan berupa pinset.
cara mereset mikrotik hard reset
cara mereset mikrotik hard reset

2. Dengan jumper PCB Mikrotik

Jumper PCB bisa menjadi altervatif lain semisal gagal reset, tak hanya menjadi alternative, karena beberapa produk mikrotik juga tidak terdapat tombol atau lubang reset. Contoh produk mikrotik yang tak memiliki tombol reset diantaranya mikrotik 1100, mikrotik rb 1100ahx2, dst. Sehingga apabila mau reset maka perlu bongkar casing terlebih dahulu. Untuk melakukan reset melalui PCB, yang diperlukan sebelum membuka casing mikrotik yaitu obeng. Adapun langkah langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama lepas kabel power. Kemudian silakan bongkar casing mikrotiknya.
  • Apabila sudah terbongkar, perhatikan pada bagian PCB mikrotik. Akan terlihat tembaga berbentuk lingkaran dimana pada tengah lingkaran tersebut tidak tersambung(dipisahkan oleh garis). Sambungkan atau tancapkan menggunakan obeng pada jumper tersebut.
  • Tancapkan kabel power sambil tetap ditahan obengnya untuk tetap tertancap pada PCB. Tahan sekitar 30 detik, kemudian anda lepas obeng tersebut. Sampai dengan langkah ini teman teman telah berhasil reset melalui PCB.

Question

Q: Ka di beberapa situs lain disebutkan kalau menggunakan netinstall juga salah satu metode reset mikrotik, apakah benar?
A: Salah, netinstall bukan untuk reset mikrotik melainkan untuk install ulang mikrotik routeros. Jadi netinstall digunakan untuk install ulang os mikrotik.

Kesimpulan

Jadi begitulah Cara reset mikrotik atau cara mereset mikrotik. Ada 2 cara untuk reset mikrotik yaitu soft reset dan hard reset. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.