Cara menghapus penyimpanan di google drive

Cara Menghapus Penyimpanan di Google Drive

Cara menghapus penyimpanan di google drive. Siapa sih yang tidak tau tentang google drive? Google drive adalah salah satu tempat menyimpan file atau untuk menyimpan data. Untuk menggunakan google drive kita wajib memiliki akun google(gmail). Ruang penyimpanan google drive untuk pengguna biasa(gratis) yaitu sebesar 15Gb.

Baca juga Pengertian Google Drive

Ruang penyimpanan google drive yang sebesar 15 Gb itulah yang terkadang orang lupa untuk tidak memanage dengan baik, sehingga cepat penuh. Akibatnya apabila mau menyimpan file baru jadi tidak bisa. Untuk mengatasi hal itu dapat diatasi dengan cara menghapus file di google drive. Pada kesempatan ini mimin iyainaja bakal berbagi mengenai cara membersihkan penyimpanan google drive. Dengan adanya artikel ini harapannya dapat menjawab permasalahan teman teman terkait penyimpanan google drive yang penuh.

Baca juga Cara mengatasi kuota terlampaui google drive

Meski kita telah menghapus salah satu file dari google drive. Penghapusan file tersebut tidak langsung mengurangi ruang google drive. Jadi semisal didalam google drive terdapat 3 file, & total semua file adalah 12Gb, dengan asumsi 1 file 1Gb. Apabila kita menghapus salah satu file, seharusnya space akan menjadi 8Gb. Tetapi ternyata tidak langsung akan mengurangi space. Karena ketika kita menghapus file dari drive akan masuk ke trash atau recycle bin gdrive kita. Tetapi kita dapat menghapusnya secara permanen dari google drive dengan cara mengosongkan isi trash, atau dengan menunggu selama 30 hari maka secara otomatis file pada trash akan terhapus dengan sendirinya.

Cara menghapus penyimpanan di google drive

Cara membersihkan penyimpanan google drive sebetulnya mudah. Untuk membersihkan storage google drive dapat dilakukan, baik menggunakan pc ataupun di smartphone android.

Cara membersihkan penyimpanan google drive menggunakan pc

  1. Pertama dan yang perlu dilakukan yaitu login menggunakan akun google(gmail).
  2. Kemudian silakan buka google drive / teman teman bisa mengujungi link gdrive https://drive.google.com/drive/my-drive
  3. Secara otomatis kita akan masuk kedalam my drive. Silakan teman teman untuk melihat file, serta memilih file mana yang akan dihapus permanen.
  4. Jika sudah menemukan file yang akan dihapus, langkah berikutnya. Klik kanan pada file, akan muncul banyak opsi. Klik remove. Sampai dengan langkah ini file belum terhapus permanen.
  5. Setelah kita menghapus dari drive langkah selanjutnya yaitu mengosongkan isi trash. Dengan cara klik tombol trash atau menu trash.
  6. Apabila sudah masuk ke trash silakan klik kanan pada file, kemudian click delete forever. Sampai dengan langkah ini teman teman sudah berhasil menghapus file permanen.
cara membersihkan penyimpanan google drive menggunakan pc
cara membersihkan penyimpanan google drive menggunakan pc

Cara membersihkan penyimpanan google drive android

Cara membersihkan penyimpanan google drive menggunakan smartphone android, tidak jauh berbeda dengan menggunakan pc. Berikut ini cara menghapusnya:

  1. Pertama silakan teman teman buka drive.
  2. Setelah buka drive tahap berikutnya carilah file yang mau dihapus.
  3. Jika sudah menemukan file yang akan dihapus, sentuhlah pada icon atau tanda titik tiga.
  4. Akan muncul beberapa opsi.Scroll lah kebawah nanti bakal muncul opsi remove, lalu pilihlah remove.
  5. Buka trash. Dengan cara sentuh icon garis tiga pada pojok kiri atas.
  6. Jika trash sudah terbuka langkah selanjutnya menghapus file dari trash. Sentuh pada icon more atau titik tiga vertical. Lalu pilih delete forever.Sampai dengan langkah ini eman teman sudah menghapus penyimpanan di google drive.
cara membersihkan penyimpanan google drive android
cara membersihkan penyimpanan google drive android

Kesimpulan

Jadi begitulah cara menghapus penyimpanan di google drive atau cara membersihkan penyimpanan google drive. Mudah sekali bukan? Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.