cara menambah kolom pada excel dan cara menambah baris pada excel

3 Cara Menambah Kolom Pada Excel dan Cara Menambah Baris Pada Excel

Artikel ini akan membahas tentang cara menambah kolom pada excel dan cara menambah baris pada excel. Silakan ikuti dan praktekkan.

Insert sheet column digunakan untuk menyisipkan kolom baru, sedangkan insert sheet row digunakan untuk menyisipkan baris. Pada artikel ini akan membahas tiga cara menyisipkan kolom dan baris. Skill ini dapat sangat membantumu jika kamu bekerja pada bidang admin, keuangan atau personalia.

cara menambah kolom di excel dan cara menambah baris di excel
cara menambah kolom di excel dan cara menambah baris di excel

Artikel ini menggunakan acuan seperti gambar diatas. Terdapat tiga tabel, yaitu X, Y, dan Z. Pada tabel X terdapat 2 kolom yaitu A dan C, yang mana seharusnya ada kolom B. Sedangkan pada tabel Y terdapat 4 jumlah baris yaitu 1,2,4,5, padahal seharusnya terdapat baris 3.

Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi Apa?

Penasaran bagaimana cara membuat tabel X dan Y menjadi seperti tabel Z? Silakan simak dan praktekan.

Cara Menambah Kolom Pada Excel

Cara 1: Klik Kanan

Salah satu cara membuat kolom baru diantara dua kolom, yaitu menggunakan klik kanan > insert.

  1. Jika kamu ingin praktek dengan file yang kamu punya, silakan buka file excel yang akan kamu edit. Namun jika ingin mengikuti seperti artikel ini, silakan siapkan dua kolom A dan C.
  2. Silakan klik kanan pada kolom yang akan ditambahkan. Sebagai contoh terdapat dua kolom, A dan C. Kemudian kamu mau menambahkan B, maka silakan klik kanan pada kolom C.
  3. Akan muncul beberapa menu, silakan klik “insert.”
  4. Muncul kotak dialog “insert“, silakan pilih “entire column“. Sampai dengan langkah ini, akan ada kolom baru diantara A dan C.

Cara 2: Ribbon Cell

Selain menggunakan klik kanan lalu insert. Ada cara lainnya yaitu pada ribbon cell. Pada ribbon cell terdapat tools insert. Adapun cara menggunakannya sebagai berikut.

  1. Pertama buka microsoft excel terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, sama seperti cara pertama, silakan klik kiri dulu pada kolom setelah ingin kamu tambahkan. Sebagai contoh klik kiri pada kolom C.
  3. Kemudian, silakan klik pada menu home.
  4. Akan ada banyak menu ribbon, seperti clipboard,font,alignment,number,styles, cells, dan editing.
  5. Silakan perhatikan pada ribbon editing, kemudian klik insert, dan pilih “insert sheet column“.

4 Cara Merapikan Tabel di Excel (Kolom dan Baris), Lengkap Banget

Cara 3: Shortcut Keyboard

Selain kedua cara tersebut ada cara praktisnya, yaitu menggunakan shortcut keyboard. Silakan praktekan langkah langkah berikut.

  1. Pastikan kamu berada pada kolom setelah ditambahkan. Sebagai contoh ada dua kolom A dan C. Jadi pastikan kamu berada pada kolom C.
  2. Kemudian silakan tekan tombol ALT, H, I, C secara berurutan untuk menambahkan kolom baru. Kolom barupun akan terbuat sebelum kolom C.

Cara Menambah Baris Pada Excel

Cara 1: Klik Kanan

  1. Klik kanan pada baris yang akan kamu tambahkan. Sebagai contoh terdapat baris urutan yaitu 1,2,4,5, lalu kamu ingin menambahkan 3 diantara 2 dan 4. Maka silakan arahkan cursor pada angka 4 kemudian klik kanan.
  2. Muncul beberapa pilihan, silakan klik “insert”.
  3. Pada kotak dialog “insert”, silakan klik “entire row” untuk menyisipkan baris. Baris barupun akan muncul diantara baris 2 dan 3.

Cara 2: Ribbon Cell

  1. Sama seperti cara pertama, silakan klik kiri dulu pada baris yang ingin kamu tambahkan. Sebagai contoh klik kiri pada baris 4.
  2. Kemudian, silakan klik pada menu home.
  3. Akan ada banyak menu ribbon, seperti clipboard,font,alignment,number,styles, cells, dan editing.
  4. Silakan perhatikan pada ribbon editing, kemudian klik insert, dan pilih “insert sheet rows”.

3 Cara Membuat Pangkat di Excel, Lengkap Banget

Cara 3: Shortcut Keyboard

  1. Pastikan kamu berada pada baris setelah ditambahkan. Sebagai contoh terdapat empat baris yaitu 1,2,4,5 kemudian akan ditambahkan baris 3. Jadi pastikan kamu berada pada baris 4.
  2. Kemudian silakan tekan tombol keyboard ALT, H, I, R secara berurutan. Dengan demikian baris baru pun akan muncul diantara baris 2 dan 4. Silakan inputkan data yang ingin kamu tambahkan.
Kesimpulan

Jadi begitulah cara menambah kolom pada excel dan cara menambah baris pada excel. Dari beberapa cara tersebut baik untuk menambahkan baris dan kolom kakak menyarankan untuk menggunakan cara pertama atau cara yang ketiga. Karena kedua cara tersebut jauh lebih simpel.

Sedangkan untuk menghapus kolom atau baris sendiri caranya kurang lebih sama. Kamu tinggal klik kanan > delete > dan pilih delete column atau delete row. Semoga artikel ini membantumu, terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.