cara membuat pangkat di excel

3 Cara Membuat Pangkat di Excel, Lengkap Banget

Cara Membuat Pangkat di Microsoft Excel tak jauh berbeda dengan cara membuat pangkat di word. Namun ada sedikit perbedaan, penasaran bagaimana cara membuat pangkat di excel? Silakan simak dan praktekan.

Pangkat merupakan tulisan dengan angka jauh lebih kecil dibandingkan angka atau huruf lainnya. Contohnya saja 32, dibaca tiga pangkat dua yang berarti tiga dikali dengan tiga sebanyak dua kali. Sering kali pangkat ditemui pada beberapa mata pelajaran seperti; matematika, kimia, fisika, dll.

Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi

Jika menulis pangkat pada kertas, kita hanya perlu menulis angka tersebut jauh lebih kecil dibandingkan angka lainnya dan ditaruh diatas. Namun jika kita menulis pangkat pada komputer khususnya pada microsoft excel, tidak bisa jadi pangkat secara instan. Ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk membuat pangkat. Pada artikel ini kakak iyainaja akan membantumu untuk membuatnya.

Cara Membuat Pangkat di Excel

Jika pada word terdapat equation, namun pada excel hanya terdapat superscript dan subscript untuk kamu gunakan. Superscript dapat kamu digunakan untuk membuat pangkat atau kuadrat, sedangkan subscript digunakan untuk membuat rumus kimia seperti H2O. Berikut tiga cara menulis pangkat di excel.

1. Format Cells Melalui Tab Home

Cara pertama yang dapat kamu lakukan yaitu menggunakan format cell yang terletak pada menu home dibagian ribbon font.

  1. Langkah pertama untuk membuat tulisan menjadi pangkat yaitu mempersiapkan angka atau tulisan yang akan dibuat menjadi pangkat. Sebagai contoh mau membuat x kuadrat, silakan tulis x2.
  2. Langkah selanjutnya, blok tulisan/angka 2 yang akan dibuat pangkat.
  3. Kemudian klik tab menu home, ada beberapa menu ribbon, seperti; clipboard, fonts alignment, number, dll. Silakan perhatikan pada bagian font, terdapat icon tanda kebawah. Klik icon tersebut.
  4. Akan muncul kotak dialog format cells. Centang pada bagian superscript, lalu klik ok. Angka dua yang tadinya sejajar dengan huruf x pun akan berubah menjadi pangkat.
menulis pangkat di excel
menulis pangkat di excel

2. Klik Kanan Format Cells

Selain mengakses kotak dialog font melalui toolbar, kamu jika bisa mengaksesnya melalui klik kanan format cells. Silakan simak langkah berikut.

  1. Silakan tandai angka yang akan kamu jadikan pangkat.
  2. Kemudian klik kanan dan pilih format cells.
  3. Akan muncul kotak dialog format cells, centang pada bagian superscript lalu klik “ok“.

3. Shortcut keyboard

Ada cara mudah mengakses format cell tanpa menggunakan mouse, yaitu menggunakan shortcut keyboard. Adapun langkah langkahnya sebagai berikut.

  1. Pertama silakan blok angka atau huruf yang akan dijadikan pangkat.
  2. Selanjutnya tekan tombol ALT, H, F, N pada keyboard secara berurutan atau untuk mudahnya silakan tekan tombol CTRL + SHIFT + F untuk membuka format cells dengan cepat.
  3. Tekan tab hingga berada pada “superscript” kemudian tekan tombol (+) pada keyboard. Kemudian tekan tombol “enter“.

Catatan Dalam Membuat Pangkat di Excel

Jika pada word atau google docs ketika membuat pangkat dengan angka, cukup dengan melakukan salah satu dari ketiga cara diatas. Namun jika pada excel kamu perlu menambahkan tanda kutip satu (‘) sebelum angka tersebut.

Sebagai contoh kamu ingin membuat 3 pangkat 2, maka kamu perlu menambahkan tanda kutip satu (‘) sebelum angka 3. Jadinya ’32. Kemudian kamu tinggal blok angka dua dan lakukan salah satu dari ketiga cara diatas yang sudah kakak paparkan.

Kesimpulan

Begitulah cara Membuat Pangkat di Excel. Cara menulis pangkat di excel, caranya mudah. Kamu hanya perlu menandai angka atau tulisan, yang akan dijadikan pangkat. Kemudian klik kanan format cells, lalu centang superscript dan klik ok.

Yang perlu diperhatikan ketika membuat pangkat di excel yaitu, apabila sebelum pangkat adalah angka (0-9) maka kamu perlu menambahkan tanda kutip. Namun jika itu huruf, kamu tidak perlu menambahkan tanda kutip. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.