cara merapikan tabel di excel

4 Cara Merapikan Tabel di Excel (Kolom dan Baris), Lengkap Banget

Salah satu cara merapikan tabel di excel yaitu, dengan menggeser pada sisi kolom atau baris. Namun ada tiga cara lain yang perlu kamu ketahui, satu dari ketiga cara lain tersebut sangat cocok dilakukan jika data yang berantakan banyak. Penasaran bagaimana cara merapikan lebar kolom dengan mudah? Silakan simak dan praktekkan.

Microsoft Excel adalah salah satu program komputer, yang dapat kamu gunakan untuk membuat tabel selain Microsoft Word. Microsoft Excel merupakan program lembar kerja (sheet) buatan microsoft, yang dapat kamu gunakan untuk mengolah data. Data yang ditampilkan ms excel berupa tabel. Tabel memudahkan kita untuk memahami serta menyortir sebuah data.

Microsoft Excel Merupakan Program Aplikasi Apa?

Tabel merupakan susunan dari kolom dan baris. Kolom merupakan bagian vertical yang mengarah dari atas ke bawah pada suatu sheet dilambangkan dalam bentuk huruf, sedangkan baris merupakan bagian horizontal pada sheet disimbolkan dalam bentuk angka. Apabila kolom atau baris excel berantakan, ada baiknya untuk kamu rapikan. Dengan merapikan tabel, maka akan lebih mudah untuk membaca atau melihat isi tabel tersebut.

Untuk merapikan tabel pada excel, ada 4 cara:

  1. Dengan menggeser pada sisi kolom atau baris. Mungkin cara ini semua orang sudah pada tahu. Cara ini menyusahkan atau kurang efektif, jika kolom atau baris yang berantakan banyak jumlahnya.
  2. Dengan klik dua kali pada sisi kolom atau baris. Selain dengan menggeser manual pada sisi kolom atau baris, kamu dapat klik dua kali pada sisi kolom atau baris. Jika data yang akan kamu rapikan banyak, cara ini tergolong kurang efektif.
  3. Menjalankan Fitur Autofit dengan mouse. Cara ini, terbilang sedikit orang yang tahu. Menggunakan fitur autofit, tergolong efektif dibandingkan dua cara sebelumnya.
  4. Memanfaatkan Fitur Autofit menggunakan Shortcut keyboard. Apabila menggunakan shortcut keyboard jauh lebih efisien jika data yang berantakan banyak, dan cara ini jauh lebih ringkas dibandingkan tiga cara lainnya.

Cara Merapikan Tabel di Excel

1.Cara Meratakan Ukuran Tabel Di Excel Dengan Menggeser Secara Manual

  • Silakan arahkan pointer kamu, pada sisi kolom.
  • Kemudian klik kiri dan tahan, lalu geser kekanan atau kekiri sesuai keinginanmu. Lakukan hal yang sama pada baris yang tidak rapi. Cara ini hanya cocok, jika data yang berantakan sedikit jumlahnya.

Bagaimana Cara Mengatur Lebar Kolom dan Tinggi Baris Excel? Gunakan Autofit, Auto Rapi

2.Cara Merapikan Tabel Excel Dengan Klik 2x

  • Arahkan pointer pada sisi kolom atau baris yang berantakan.
  • Kemudian klik kiri dua kali pada sisi tersebut, secara otomatis kolom atau baris tabel tersebut akan menjadi rata/rapi.
cara merapikan data di excel
cara merapikan data di excel

3.Cara Merapikan Tabel Excel Dengan Menjalankan Autofit Menggunakan Mouse

  • Silakan seleksi semua tabel, klik pada pojok kiri atas diantara kolom dan baris. Atau untuk shortcutnya, silakan tekan tombol “ctrl + a” pada keyboard.
  • Kemudian klik “format“, dan pilih “autofit column width” untuk merapikan bagian kolom. Jika bagian baris yang berantakan, silakan pilih “autofit row height“.

4.Cara Merapikan Tabel Excel Dengan Menjalankan Autofit Dengan Shortcut Keyboard

  • Silakan seleksi semua tabel terlebih dahulu, dengan menekan tombol keyboard “ctrl + a“.
  • Jika sudah terseleksi, silakan tekan tombol keyboard “alt, h, o” secara berurutan. Kemudian tekan “i” untuk merapikan bagian kolom.
  • Jika ingin merapikan bagian baris, maka urutannya; alt, h,o, a. Tekan tombol keyboard tersebut secara berurutan, bukan secara bersamaan.
Kesimpulan

Salah satu penyebab salah membaca data excel, karena data excel yang ditampilkan berantakan. Solusinya dengan cara merapikan tabel di excel. Ada empat cara mengatur tabel di excel supaya lebih rapi yaitu, dengan menggeser, klik dua kali pada sisi kolom atau baris, menjalankan autofit menggunakan mouse, dan autofit menggunakan keyboard.

Dari keempat cara tersebut, cara mudah merapikan tabel excel, menggunakan fitur autofit dengan shortcut keyboard. Apabila akan merapikan bagian kolom, maka cukup tekan tombol “Ctrl + A” kemudian tekan “Alt, H, O, I” secara berurutan. Namun jika ingin merapikan bagian baris, silakan tekan tombol “Alt, H, O, A“.

Empat cara yang kakak paparkan dalam artikel ini, dapat kamu terapkan pada microsoft excel versi berapapun. Semoga artikel ini membantumu, dalam mengatur tabel di excel yang berantakan. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.