Cara Sinkronisasi Gmail

Cara Sinkronisasi Gmail Di Android, Mudah Bukan? Bukan

Sinkronisasi memudahkan kita untuk terupdate dengan data yang terbaru baik pada perangkat hp atau pun laptop. Pada artikel ini kakak iyainaja, akan membahas tentang bagaimana cara sinkronisasi gmail di android. Serta akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah sinkronisasi gmail.

Sebelum membahas tentang “Bagaimana cara mengaktifkan sinkronisasi email (Gmail)“, ada baiknya untuk dipahami lebih dulu, mengenai “Apa itu Sinkronisasi Gmail“. Sinkronisasi Gmail, yaitu menyamakan atau menyesuaikan data gmail dengan perangkat android. Hal ini bertujuan agar data gmail yang ditampilkan pada perangkat android sama dengan data yang tersimpan pada server.

Cara Menghapus Akun Gmail

Salah satu fungsi sinkron akun google (gmail) yaitu untuk menyamakan data yang tersimpan di server dengan, data yang ada pada perangkat android. Contohnya jika kamu telah menyimpan data kontak ke akun google, maka jika kamu telah menyinkronkan akun google ke android, data kontak tersebut akan muncul ke phonebook hp.

Contoh lainnya, sama seperti ketika kita bermain game android, katakanlah mobile legend atau free fire. Ketika kita login game tersebut, akan diminta untuk login menggunakan akun google. Hal ini dimaksudkan, agar data tersimpan menggunakan akun google. Sehingga jika nantinya, kita berganti perangkat hp lama ke hp baru, dan mau login ke game tersebut. Maka secara otomatis, data game yang ditampilkan pada hp baru akan sama, seperti data ketika login menggunakan hp lama.

Sinkronisasi dapat dilakukan secara manual maupun otomatis. Secara garis besar, sinkronisasi akun gmail dilakukan dengan beberapa tahap:

  • Pertama menambahkan akun google ke perangkat
  • Kemudian tap “sync now” untuk sinkronisasi akun gmail.

Untuk lebih detailnya silakan kamu baca panduan berikut.

Cara Sinkronisasi Gmail Di Android

Langkah awal untuk sinkron akun google (gmail) yaitu menambahkan gmail terlebih dahulu, apabila belum synchronize sebelumnya. Namun, apabila kamu sudah menambahkannya, kamu dapat langsung synchronize secara langsung dengan menekan icon “sync now“. Sebagai catatan, pada artikel ini kakak, mencontohkan menggunakan perangkat oppo seri A57.

Menambahan Akun Gmail

  1. Pertama silakan buka menu settings pada smartphone / hp android kamu.
  2. Akan terdapat banyak menu settings yang muncul. Silakan kamu scroll hingga menemukan menu “account & sync“. Silakan tap menu tersebut.
  3. Pada menu setting “account & sync”, silakan tap “add account”, kemudian tap “add account“. Lalu tapemail“.
  4. Lalu ketikan email dan password.
  5. Jika email sudah tertambahkan, silakan dilanjutkan dengan mengaktifkannya.
cara sinkron akun google atau cara setting sinkronisasi gmail
cara sinkron akun google atau cara setting sinkronisasi gmail

Cara Mengaktifkan Sinkronisasi Gmail

  1. Silakan buka menu settings.
  2. Kemudian tap account & sync.
  3. Selanjutnya tap google.
  4. Akan muncul daftar email yang telah kamu tambahkan pada perangkat kamu. Kemudian pilih akun gmail yang akan disinkronkan, kemudian tap “sync now“. Sampai dengan langkah ini kamu telah mensinkronkan akun google pada perangkat android kamu.

Cara Mengatasi Masalah Sinkronisasi Pada Gmail

Apabila mengalami masalah gmail tidak bisa sinkronisasi, silakan coba beberapa panduan berikut:

  1. Silakan check koneksi internet terlebih dahulu. Pastikan kegagalan tersebut bukan karena jaringan internet yang kamu pakai. Jadi pastikan internet yang kamu pakai dalam keadaan normal dan stabil. Apabila tidak ada kendala pada koneksi kamu, silakan lanjut langkah ke-2.
  2. Coba buka aplikasi playstore, kemudian ketikan “gmail”. Check apakah aplikasi gmail kamu sudah terupdate atau belum? Jika belum, silakan tap update, untuk update aplikasi gmail. Apabila sudah terupdate dan masih belum bisa sinkron, silakan lanjut ke langkah-3.
  3. Pastikan Storage atau Tempat Media Penyimpanan masih terdapat space yang cukup. Karena apabila media penyimpanan penuh atau tidak mencukupi, hal tersebut bisa yang menyebabkan kegagalan. Namun jika kapasitas penyimpanan masih banyak, silakan lanjut langkah ke-4.
  4. Check Pengaturan Sinkronisasi Pada Aplikasi Gmail. Sinkronisasi pada aplikasi gmail pastikan aktif. Karena jika tidak aktif bisa jadi hal itu yang membuat gagal.
  5. Aktifkan Sinkronisasi Otomatis Pada Perangkat Android. Pastikan pada “auto sync” aktif, hal ini akan memudahkan kita untuk terus “sync” dengan google ataupun account lainnnya.
Kesimpulan

Jadi begitulah cara sinkronisasi gmail, bagaimana mudah bukan? “Bukan, wkwkw”. Untuk menyinkronkan yang perlu dilakukan pertama kali yaitu menambahkan akun google terlebih dahulu. Apabila akun google sudah ditambahkan, langkah berikutnya tap “sync now“. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.