cara mengubah format video ke mp4 tanpa software

Cara Mengubah Format Video Ke MP4 Tanpa Software

Cara mengubah format video ke mp4 tanpa software tambahan. Kalian sedang kebingungan cara mengubah format video ke mp4 di laptop, komputer, atau android? Jika “iya” artikel ini sangat tepat buat kamu.

Sebelum, membicarakan tentang bagaimana cara convert video ke mp4. Ada baiknya kakak paparkan tentang “Apa yang dimaksud dengan MP4”. Mp4 adalah format/ekstensi file video, biasa juga disebut MPEG4.

Format video bermacam macam, ada 3GP, MP4, MKV, AVI, dll. Tidak semua format video, dapat dengan mudah kita jalankan video tersebut. Karena, terkadang format video tidak support/cocok dengan video player yang kita punyai.

Salah satu solusinya, yaitu dengan mengubah format video, mengikuti video player yang kita punya. Ada berbagai macam cara, untuk mengubah format video menjadi mp4. Salah satunya, menggunakan aplikasi/software tambahan seperti; format factory, handbrake, dll. Lalu cara lainnya, yaitu tanpa menggunakan software tambahan.

Penasaran bagaimana cara mengubah format video tanpa software tambahan? Berikut 3 cara merubah format file video, tanpa software tambahan yang dilakukan secara online.

Cara Mengubah Format Video Ke MP4 Tanpa Software

123Apps

  1. Pertama, silakan hidupkan laptop atau smartphone kalian. Tentunya, pastikan perangkat kalian terkoneksi dengan internet.
  2. Kemudian, silakan buka web browser yang terdapat pada perangkat kalian. Bebas, bisa menggunakan google chrome, firefox, atau web browser lainnya.
  3. Jika sudah, silakan ketikan dan kunjungi situs 123apps.com
  4. Silakan gulir atau scroll kebawah, hingga temen temen menemukan toolsconverter” atau “konverter”.
  5. Ada berbagai macam tools yang disajikan. Silakan klik atau tap “video converter” atau alat “konversi video”.
  6. Selanjutnya silakan klik atau tap tombol “open file” atau buka file. Kemudian, cari dan pilih file video yang akan kalian convert menjadi MP4. Videopun akan terupload, tunggu hingga selesai terupload.
  7. Jika sudah berhasil terupload, sekarang pilih format video. Karena akan diubah menjadi MP4, maka klik atau tap pada bagian mp4.
  8. Kemudian pada bagian resolution, pilih “same as source“. Hal ini agar bertujuan tidak mengubah ukuran pixel video. Langkah terakhir klik tombol “convert” untuk mengubah menjadi MP4.
  9. Videopun akan diproses, silakan ditunggu. Apabila video selesai terconvert akan muncul notifikasi “conversion complete“, dan terdapat tombol download. Artinya convert telah selesai.
  10. Langkah terakhir, kalian hanya tinggal menekan “tombol download” untuk mengunduh video hasil konversi tersebut.
cara menggunakan video converter 123app
cara menggunakan video converter 123app

Cloudconvert

  1. Pertama silakan buka web browser.
  2. Kemudian silakan akses situs cloudconvert.com.
  3. Apabila situs telah terbuka, silakan tap atau klik pada kolom “convert” dan pilih jenis file sebelum kamu ubah menjadi mp4. Sebagai contoh kamu menggunakan “avi”, maka klik pilih “avi”. Sedangkan pada form “to“, pilih MP4.
  4. Klik atau tap “select file” dan pilih video yang akan diubah menjadi MP4.
  5. Kemudian klik convert. File video pun akan terupload dan akan memulai proses convert. Proses upload bergantung dari kecepatan internet temen temen.
  6. Apabila proses convert telah selesai. Akan muncul notifikasi, “finished” dan tombol download, yang artinya proses convert telah selesai.
  7. Langkah terakhir yaitu download video. Caranya, kalian hanya tinggal klik atau tap tombol download untuk mengunduh hasil convert video tersebut.

Convertio

  1. Silakan buka web browser dan kunjungi situs convertio.co
  2. Klik atau tap pada tombol “choose file” yang terletak pada halaman utama convertio.
  3. Kemudian, lanjut silakan pilih video mana yang akan kamu convert , lalu klik “open“.
  4. Pada form atau kolom “to“, silakan pilih MP4.
  5. Kemudian klik “convert“. Videopun akan terupload dan akan memulai proses convert. Silakan ditunggu. Lamanya proses, bergantung dari besar file dan internet yang temen temen gunakan.
  6. Apabila proses pengubahan format telah selesai, akan muncul notifikasi “finished“, dan terdapat tombol download. Sekarang hanya tinggal kamu download video hasil konversi tersebut, dengan menekan tombol download.

Kesimpulan
Jadi begitulah tips trik cara mengubah format video ke mp4 tanpa software tambahan. Ada banyak sekali situs penyedia layanan video converter, diantaranya 123apps.com, cloudconvert.com, dll. Situs situs tersebut dapat digunakan untuk mengkonversi dari format video apapun ke MP4. Sebagai contoh dari AVI ke MP4. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.