software untuk lab komputer sekolah

Software Untuk Lab Komputer Sekolah

Software Untuk Lab Komputer Sekolah. Kamu bingung software apa saja yang cocok untuk lab komputer sekolah kamu? Berikut ini, mimin iyainaja, akan memberikan rekomendasi software, untuk kamu install pada laboratorium komputer sekolah.

Apakah kamu petugas laboratorium komputer? Atau kamu sedang dibanjiri pesanan, untuk menginstall software pada lab komputer sekolah? Ada banyak sekali software, yang dapat kamu install khususnya pada lab komputer sekolah. Tetapi ada baiknya, sesuaikan dengan kebutuhan pengguna komputer dan sesuaikan pula dengan spesifikasi komputer.

Berikut ini adalah daftar rekomendasi software yang dapat kamu install pada komputer sekolah, baik untuk komputer guru ataupun komputer siswa.

Software Untuk Lab Komputer Sekolah

1. Microsoft Office

Software pertama yang wajib ada yaitu microsoft office. Microsoft office adalah software bundle untuk excel, word, power point. Microsoft Office salah satu software wajib yang perlu kamu install pada sekolah. Hal ini agar para murid atau para guru dapat mengetik, membuat slide, dll.

2. Browser

Berikutnya browser atau peramban, browser wajib ada pada komputer sekolah. Fungsi browser atau peramban pada laboratorium komputer agar para murid atau guru dapat browsing atau mengakses internet. Tetapi tentunya, pastikan kalian juga sudah instalasi jaringan komputer terlebih dahulu. Dan tentunya harus berlangganan internet terlebih dahulu. Untuk browser sendiri bebas, boleh google chrome ataupun firefox. Mimin menyarankan untuk menginstall dua browser. Hal ini apabila satu browser mengalami crash masih terdapat browser lain.

3. Deep Freeze

Karena komputer nantinya, akan digunakan banyak orang, tentunya wajib untuk menginstall Deep Freeze. Deep Freeze, berguna agar guru atau murid tidak sembarangan menginstall aplikasi baru, pada komputer laboratorium. Dengan demikian, virus pun dapat diminimalisir. Karena hanya administrator atau orang yang tahu password deep freezenya saja, yang dapat menginstall aplikasi baru.

4. Netsupport School

Netsupport School adalah aplikasi monitoring lab komputer atau software monitoring pc. Aplikasi ini juga wajib ada untuk laboratorium komputer. Netsupport school digunakan untuk memantau komputer siswa atau komputer guru. Tak hanya dapat digunakan untuk memantau, tetapi juga dapat digunakan untuk menshutdown komputer siswa secara massal. Sehingga apabila selesai kelas, dan siswa belum menshutdown komputer. Maka kita dapat shutdown komputer siswa secara remote.

software untuk lab komputer
software untuk lab komputer

5. Cisco Packet Tracer

Cisco packet tracer adalah software simulator jaringan yang dapat kamu install. Software ini optional, sesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Apabila sekolah masih smp atau sma tidak perlu di install, tidak masalah. Tetapi, apabila sekolah smk, yang notabene untuk jurusan Teknik Komputer dan Jaringan(TKJ). Maka software ini, wajib diinstall pada komputer sekolah.

6. Adobe Photoshop

Photoshop dapat digunakan untuk mengedit gambar, menggambar, melukis secara digital, dll. Software design ini sangat cocok apabila sekolah tersebut, terdapat jurusan multimedia ataupun design grafis. Software adobe photoshop sifatnya optional jadi sesuaikan kebutuhan sekolah saja.

7. Adobe Premiere

Adobe premiere adalah salah satu software edit video yang dapat kamu install. Hanya saja premiere membutuhkan spesifikasi yang mumpuni. Jadi pastikan komputer sekolah, spesifikasinya cocok untuk menggunakan software ini. Software ini juga, sifatnya optional untuk diinstall.

8. Xampp

Xampp adalah web server opensource yang bisa anda install. Xampp cocok diinstall pada komputer smk yang mengajarkan tentang web development. Xampp terdiri dari Apache Server, MySQL Database,dll. Software ini sifatnya tidak wajib untuk diinstall.

9. Visual Studio Code

Visual studio code (VSC) adalah salah satu, dari sekian banyak text editor. Visual studio sangat cocok apabila sekolah mengajarkan tentang web development atau tentang programming.
Selain ini kamu juga dapat menginstall sublime. Bebas mau menggunakan yang mana.

Kesimpulan
Jadi begitulah daftar rekomendasi software untuk lab komputer sekolah. Dari sekian daftar software tersebut, sesuaikan saja apa yang menjadi kebutuhan siswa dan guru. Bahkan dari kesembilan daftar tersebut, cukup kamu install empat software diawal saja tidak masalah. Terima kasih telah membaca di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.