Keselamatan kerja dalam merakit komputer

Keselamatan Kerja Dalam Merakit Komputer

Keselamatan kerja dalam merakit komputer. Keselamatan Kerja atau beberapa orang menyebutnya, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, sering disingkat menjadi K3. Mengutip dari PP 50 Tahun 2012, K3 adalah kegiatan untuk melindungi Keselamatan dan kesehatan tenaga kerja, melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja. Adapun contohnya seperti penggunaan peralatan kerja yang sesuai.

Komputer terdiri dari beberapa komponen komponen penting seperti processor, ram, harddisk, dll. Beberapa komponen komponen tersebut sangat rentan untuk rusak. Jadi penting bagi kita, untuk melakukan K3. Dalam artikel ini mimin akan menjelaskan terkait, bagaimana K3 dalam merakit PC. Berikut adalah Tips Keselamatan dan Kesehatan Kerja K3 untuk perakitan komputer.

Keselamatan Kerja Dalam Merakit Komputer

  1. Gunakan gelang antistatic. Dalam bahasa inggris biasa disebut antistatic wrist strap. Gelang ini bertujuan untuk mencegah terkena arus listrik statis. Fungsi lain gelang ini untuk membuang muatan statis.
  2. Siapkan peralatan dan bahan sebelum merakit komputer. Agar ketika proses perangkitan berlangsung dengan lancar. Contoh peralatan yang dibutuhkan, obeng +, pinset, dll.
  3. Hindari merakit dalam keadaan berkeringat. Apabila tangan kamu mudah berkeringat baiknya gunakan sarung tangan.
  4. Pastikan power supply dalam keadaan mati pada saat perakitan komputer. Hal ini bertujuan agar kamu tidak terkena arus pendek.
  5. Jangan memasang harddisk secara kasar.
  6. Jangan memegang atau menyentuh kaki processor yang ada termasuk chipset. Kaki processor sangatlah rentan, jadi dalam pemasangan processor untuk berhati hati.
  7. Tempatkan air minum anda jauh dari meja kerja. Point ke-6 hampir sama seperti point ke-2 hal ini bertujuan untuk meminimalisir adanya air menetes pada komponen komputer. Bayangkan jika tempat air minum kamu tumpah ke komputer entah terkena ke bagian ram atau power supply. Tentunya akan mengakitbatkan hubungan arus pendek (konslet).
  8. Gunakan pula lampu penerangan yang cukup kuat.
Kesimpulan

Jadi begitulah keselamatan kerja dalam merakit komputer. Semoga dengan hal ini kalian jadi lebih memperhatikan K3 dalam bekerja. Terima kasih telah membaca di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.