cara cek typo di google docs

Bagaimana Cara Cek Typo di Google Docs?

Bagaimana cara cek typo di google docs? Beberapa dari kita, sering kali salah ketik atau salah penulisan. Tahukah kamu, kalau menggunakan google doc(google dokumen) bisa digunakan untuk mengecek kesalahan penulisan?

Cara cek typo di google docs

Kesalahan kata (typo) atau kesalahan penulisan memang menjadi sebuah masalah tertentu ketika menulis. Hal ini sudah menjadi sesuatu hal yang wajar. Tetapi tentu hal ini akan menjadi masalah, apabila isi dokumennya panjang. Tentu kita akan direpotkan untuk memeriksa / mengecek kata demi kata. Untungnya masalah pengecekan kesalahan kata dapat diatasi dengan aplikasi. Ada banyak sekali situs atau aplikasi cek typo atau check typo. Salah satu cara cek typo online yaitu dengan fitur google doc.

Pada google docs, sudah terdapat fitur yang namanya “spelling and grammar” atau jika teman teman menggunakan google doc bahasa indonesia maka tertulisnya “Ejaan dan tata bahasa”. Fitur ini tidak langsung aktif, oleh karena itu akan mimin paparkan cara menggunakannya.

Cek typo di google docs

Tanpa berbasa basi berikut merupakan langkah langkah untuk memeriksa atau mengecek typo pada google doc:

  • Pertama buka google doc, atau teman teman dapat mengakses melalui link : https://docs.google.com/
  • Buat atau buka dokumen baru.
  • Jika dokumen sudah terbuka atau sudah terbuat maka selanjutnya isilah dulu dokumen tersebut.
  • Perhatikan pada toolbars, klik tools(alat) akan muncul banyak opsi. Pilih Spelling and grammar, dilanjut klik pada spelling and grammar check(pemeriksaan ejaan dan tata bahasa). Atau untuk shortcutnya temen temen bisa tekan tombol pada keyboard ctrl+alt+x.
  • Setelah klik pada pemeriksaan ejaan dan tata bahasa, nantinya akan muncul sebuah pengkoreksian kata baku secara otomatis. Apabila terdapat kesalahan penulisan, maka akan muncul rekomendasi kata. Nah teman teman tinggal memilih, untuk menggunakan rekomendasi pembenaran kata tersebut atau tidak, apabila ingin menggunakannya maka klik accept. Tetapi apabila pengkoreksian dari google doc, dirasa kurang cocok dihati kalian. Kalian juga dapat untuk mengabaikan nya dengan cara klik ignore.
  • Pengecekan typo juga tak hanya dapat dilakukan untuk bahasa indonesia, bahasa inggris juga bisa. Jadi cocok banget nih, buat kamu yang suka nulis pakai bahasa inggris mau cek grammar di google docs.
  • Catatan: Pengecekan penulisan pada google doc mengacu pada kamus besar bahasa indonesia. Jadi pastikan kalian menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar(baku).
cek typo di google docs
cek typo di google docs

Kesimpulan

Jadi begitulah cara cek typo di google docs. Bagaimana, mudah bukan? Pengecekan kesalahan penulisan pada google docs, dapat diminimalisir dengan fitur spelling and grammar. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.