Cara Membuat Dropdown di Google Sheet

Cara Membuat Dropdown di Google Sheet

Cara Membuat Dropdown di Google Sheet atau Cara Membuat Pilihan di Google Sheet. Hallo balik lagi dengan iyainaja. Gimana kabar kalian baik baik kan? Kali ini kita akan belajar dropdown menu google sheet. Tentu baiknya kita paham dulu yang dimaksud dropdown menu seperti apa. Dropdown menu yang dimaksud pada artikel ini yaitu menu pilihan ketika pada kolom cell. Fungsinya sendiri agar lebih mudah ketika dalam pengisian data. Sebagai contoh pengisian data karyawan, data survey ketika kita mengisi misal golongan darah kita hanya tinggal klik cell tersebut dan sudah ada pilihan. Tentunya hal ini akan jauh lebih mudah daripada kita harus mengisi dengan cara mengetik.

Cara membuat dropdown di google sheet

Sebelum mencoba Cara Membuat Pilihan di Google Sheet, pastikan teman teman telah paham diantaranya; apa itu google spreadsheet dan cara menggunakan google spreadsheet atau cara membuat google sheet. Jika teman teman dirasa belum paham, mimin menyarankan membaca artikel tersebut. Ok lanjutnya kita akan langsung ke langkah langkah membuat google sheets drop down list. Berikut merupakan langkahnya:

  1. Hidupkan laptop atau pc atau smartphone kalian. Pastikan perangkat kalian terhubung dengan internet.
  2. Jika sudah terhubung dengan internet. Silakan akses google sheet “https docs google com spreadsheets” atau teman teman bisa login dulu menggunakan akun gmail masing masing lalu akses google sheet seperti biasa. Bebas mau menggunakan gmail biasa ataupun gmail google workspace.
  3. Jika sudah silakan buat sheet baru atau menggunakan sheet yang sudah ada. Selanjutnya silakan siapkan dulu data datanya atau kosongpun juga tidak masalah. Tetapi mimin sendiri menggunakan contoh data pada artikel cara membuat pivot table di google sheet seperti kemarin.
  4. Selanjutnya silakan tandai kolom atau baris atau cell yang mau dibuat menjadi dropdown menu.
  5. Jika sudah ditandai berikutnya klik pada menu data, kemudian pilih data validation.
  6. Akan muncul pop up menu data validation, pastikan cell range sesuai dengan seluruh cell yang akan kita ubah menjadi dropdown menu. Selanjutnya pada bagian criteria by default akan terisi list from a range, ubah criteria menjadi list of items. Kemudian pada bagian kolom disampingnya isikan pilihannya. Sebagai contoh mimin mengisi untuk golongan misal 3A, 3B, dst. Pastikan pilihan pilihan tersebut dipisahkan menggunakan koma. Jika sudah klik save.
  7. Selamat dropdown menu sudah terbuat. Dan ditandai dengan cell tersebut terdapat tanda segitiga mengarah ke bawah. Hal ini menandakan google sheets dropdown telah terbuat secara sempurna.
cara membuat pilihan di google sheet

Cara remove dropdown di google sheet

Untuk cara menghapus pilihan di google sheet sendiri sama percis seperti ketika membuat dropdown. Yang membedakan ketika kita tadi kita save, hanya saja sekarang kita klik remove validation.

Kesimpulan

Jadi begitulah Cara Membuat Dropdown di Google Sheet atau Cara Membuat Pilihan di Google Sheet. Caranya sendiri sangatlah mudah. Hanya perlu menandai cell dan klik data kemudian data validation dan inputkan pilihannya dan save. Terima kasih telah membaca di iyainaja.my.id. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.