Cara membuat pivot table di google sheet

Cara Membuat Pivot Table di Google Sheet

Cara membuat pivot table di google sheet. Hai jumpa lagi dengan iyainaja.my.id. Kemarin kita membahas tentang cara freeze google sheet agar bila discroll tidak akan bergeser. Sekarang kita akan belajar membuat pivot tabel. Oh ya sebelum lanjut membaca artikel ini, teman teman pastikan sudah membaca atau paham mengenai cara membuat tabel di google spreadsheet, cara membuat google sheet, dan apa itu google spreadsheet.

Tabel pivot

Sebelum kita membahas cara membuat pivot, ada baiknya kita tau dulu apa itu pivot dan fungsinya. Pivot table adalah suatu fitur yang terdapat di google spreadsheet, yang digunakan untuk mengambil dan mengumpulkan data dalam jumlah yang besar. Tak hanya itu, juga berfungsi untuk mengelompokan atau meringkas data.

Cara membuat pivot table di google sheet

Berikut merupakan langkah langkah pembuatan pivot tabel. Simak ya.

  1. Hidupkan pc atau laptop atau smartphone kalian. Pastikan terkoneksi dengan internet.
  2. Silakan akses url berikut “http docs google com spreadsheet view form”, atau teman teman bisa login ke akun gmail masing masing bebas menggunakan gmail biasa atau akun google workspace.
  3. Apabila sudah login silakan buka atau buat sheet baru pada google sheet atau google spreadsheets.
  4. Jika sheets sudah terbuka. Silakan siapkan data datanya terlebih dahulu.
  5. Jika data data sudah semua siap, sekarang tandai atau blok semua data tersebut dengan klik kiri, atau lebih mudah pencet ctrl + a.
  6. Kemudian klik pada menu data yang ada pada google sheet. Selanjutnya klik pivot table. Dan akan terbuat sheet baru (masih dalam satu file) dengan nama pivot table. Tinggal teman teman sortir atau menyaring bagian apa yang mau dianalisa, Misalkan bagian alamat. Maka hanya tinggal alamat saja atau hanya ingin menganalisa absensi kehadiran. Maka tinggal drag n drop data yang mau ditampilkan untuk dianalisa.
membuat pivot table

Kesimpulan

Jadi begitulah Cara membuat pivot table di google sheet. Cara buat nya mudah, hanya tinggal tandai semua data lalu klik menu data dan klik pivot table dan pilih data yang mau ditampilkan. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa diartikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.