cara membuat google sheet online

Cara Membuat Google Sheet Online

Cara Membuat Google Sheet Online atau Cara Menggunakan Google Spreadsheet. Hai jumpe lagi dengan iyainaja.my.id. Kemarin kita telah bahas mengenai apa itu google sheet atau apa itu google spreadsheet? Kali ini mimin akan bahas tentang cara penggunaan dan cara buat google sheet baru.

Cara Buat Google Sheet

Cara bikin google sheet online sebetulnya mudah tidak ribet. Penasaran? Simak dan ikuti langkah langkah berikut:

  1. Hidupkan pc/laptop/smartphone kalian, pastikan device kalian terdapat koneksi internet.
  2. Tahap selanjutnya silakan akses melalui url berikut https.docs.google.com/spreadsheets atau ketik google sheet login. Dan silakan login menggunakan akun gmail kalian, bebas mau menggunakan gmail biasa atau akun gmail google workspace.
  3. Setelah login, klik pada tombol tambah atau plus yang ada tulisannya blank, untuk membikin sheet baru.
  4. Sheet terbuat. Dan akan tertampil sheet kosong. Silakan ubah nama sheet, dan isi setiap kolom atau baris yang kalian butuhkan untuk mengerjakan pekerjaan kalian.
    Untuk pembuatan spreadsheet menggunakan smartphone kurang lebih caranya sama.

Cara Membuat Google Sheet Bisa DIAKSES Semua Orang

Setelah mengetahui cara bikin google sheet. Tentu kita ingin supaya google sheet dapat atau bisa diakses semura orang. Tentunya hal ini akan berguna apabila kita ingin berkolaborasi dengan teman kita. Ikutin langkah cara share google sheet, sebagai berikut:

  1. Pertama tama tidak lupa hidupkan pc atau laptop atau smartphone kalian. Pastikan perangkat sudah ada koneksi internet. Jika tidak, nebeng wifi.
  2. Langkah selanjutnya silakan buka atau buat dokumen baru, sebagai contoh kita akan menggunakan dokumen yang sudah tadi dibuat.
  3. Lalu lihat dibagian kanan atas, terdapat tombol bagikan atau share. Klik tombol tersebut.
  4. Akan muncul menu pop up, klik dibagian bawah dimana terdapat menu get link, pastikan permissionnya “anyone with the link” dan dengan permission “viewer” , lalu “copy link” dan klik done.
cara share google sheet

Cara Membuat Google Sheet Bisa DIEDIT Semua Orang

Tentunya kita ingin kerja kita semakian efisien atau ingin orang lain mengoreksi(mengedit) pekerjaan kita, berikut mimin sampaikan Cara edit google spreadsheet agar bisa diedit semua orang. Sebetulnya caranya tidak jauh berbeda dengan share hanya saja diganti persmission viewer menjadi editor, untuk mudahnya simak langkah berikut:

  1. Lakukan cara seperti ditahapan cara share spreadsheet sampai dengan langkah ke 3.
  2. Kemudian pada bagian permission “viewer” diklik dan ganti dengan klik “editor”, dan klik done.
  3. Dan bagikan url google sheet kalian. Agar semua orang bisa mengedit.
Kesimpulan

Jadi begitulah penjelasan atau artikel mengenai cara membuat google sheet online. Termasuk agar bisa diakses atau diedit semua orang. Caranya sendiri mudah hanya tinggal klik share, lalu atur permissionnya. Terima kasih telah membaca di iyainaja.my.id. Sampai jumpa diartikel kami berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *