cara freeze di google spreadsheet cara freeze google sheet

Cara Freeze di Google Spreadsheet atau Google Sheet

Cara freeze di google spreadsheet atau cara freeze google sheet. Hai bertemu lagi dengan iyainaja, Kemarin kita telah membahas tentang cara membuat google sheet online kali ini mimin akan membahas mengenai freeze atau mengunci cell di google spreadsheet. Pastikan teman teman telah membaca artikel apa itu google spreadsheet ya.

Kegunaan freeze panes

Sebelum kita membahas cara freeze, ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu apa yang dimaksud freeze pada google sheet. Jadi freeze panes salah satu fitur google sheet yang berfungsi untuk mengunci cell agar ketika kita melakukan scrolling cell tersebut tetap terlihat dan tidak ikut terscroll.

Cara freeze di google spreadsheet

Untuk cara freeze google sheet sebetulnya cukup mudah. Adapun langkah langkahnya sebagai berikut:

  1. Pertama buka dan hidupkan baik laptop atau pc atau smartphone kalian. Jangan lupa pastikan perangkat yang kalian pakai tersambung dengan koneksi internet.
  2. Buka google sheet melalui url berikut “http docs google com spreadsheet view form” atau ketik di google “google sheet login” silakan login menggunakan akun gmail teman teman, boleh juga menggunakan akun google workspace apabila teman teman punya.
  3. Silakan teman teman buka atau buat sheet baru.
  4. Jika sheet telah terbuka, siapkan dulu data datanya sebagai contoh seperti no, nama, kelas, nomor, nilai.
  5. Jika sudah sebagai contoh kita akan gunakan nama label yang telah kita buat seperti no, nama, dll tidak ikut terscroll. Klik dan drag pada cell tersebut kemudian klik view, lalu klik freeze, klik up to current row(1)
  6. Freeze pun sudah berhasil terbuat. Silakan coba untuk discroll.
    Untuk cara mengunci kolom excel agar tidak bergeser menggunakan smatphone kurang lebih caranya tidak jauh berbeda, tetapi mimin sarankan menggunakan laptop atau pc. Karena smartphone layarnya yang kecil dan cenderung untuk salah drag. Sedangkan untuk cara unfreeze juga sama saja tinggal ditandai cell mana saja yang mau diunfreeze, kemudian klik view, klik free, dan klik “no row atau no column”. Sesuaikan dengan kemauan dan kebutuhan kalian.
google sheets freeze row

Kesimpulan

Jadi begitulah Cara freeze di google spreadsheet atau cara freeze google sheet. Caranya sendiri mudah hanya tinggal klik view lalu freeze. Terima kasih telah membaca di iyainaja.my.id. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.