cara membuat footnote di google docs

Cara Membuat Footnote di Google Docs (Documents)

Cara membuat footnote di google docs. Hai, Kembali lagi bersama iyainaja.my.id Beberapa hari yang lalu kita membahas mengenai cara membuat halaman di google docs. Kali ini mimin akan membahas mengenai pembuatan footnote. Tentunya pastikan teman teman sudah paham apa itu google docs? Atau google document.

Sebelum membahas cara pembuatan kita harus tahu dulu apa itu footnote. Catatan kaki adalah istilah yang biasa sering kita dengar, catatan kaki merupakan nama lain dari footnote. Jadi footnote adalah catatan kaki. Footnote berfungsi sebagai sumber referensi atau rujukan atau kutipan. Misalnya saja kita merujukan atau mengutip sebuah rumus atau teori dari orang lain(ahli) dari sebuah buku atau jurnal. Maka kita perlu menambahkannya pada catatan kaki. Footnote bertujuan untuk menjelaskan sumber mana dan halaman berapa yang dijadikan sebuah acuan ketika kita mengutip sebuah statement atau argument orang lain. Jadi hampir sama seperti daftar pustaka, hanya saja ini diletakkan pada bawah halaman. Sedangkan daftar pustaka diletakan diakhir sebuah karya tulis/halaman terakhir. Tapi tentunya bukan itu saja ya perbedaan footnote dan daftar pustaka. Tentunya akan mimin bahas dilain kesempatan.

Cara Membuat Footnote di Google Docs

Adapun langkah langkah pembuatannya sebagai berikut:

  1. Pertama tama buka dan hidupkan perangkat kalian, (laptop/hp/smartphone) bebas mau pakai apa.
  2. Kedua buka google docs, sign in menggunakan akun kalian bebas mau menggunakan gmail biasa atau akun google workspace.
  3. Setelah login, kemudian bebas silakan buka documents baru atau buat document baru.
  4. Setelah buka document, pada toolbar klik sisipkan, kemudian klik catatan kaki. Jika akun berbahasa inggris klik insert kemudian klik footnote. Untuk shortcut atau cara cepatnya teman teman bisa pencet tombol keyword alt + ctrl + f secara bersamaan.
  5. Nah tinggal teman teman ketik atau tulis dari nama, sumber, tahun, serta halaman. Mengenai aturan atau cara penulisan footnote dan formatnya akan mimin bahas dilain kesempatan.

Kesimpulan

Jadi begitulah cara membuat footnote di google docs. Caranya tidak sulit. Hanya perlu klik insert kemudian klik footnote. Terima kasih telah membaca di iyainaja.my.id. Sampai jumpa diartikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.