cara membuat folder baru di laptop atau di komputer

4 Cara Membuat Folder Baru di Laptop dan Komputer, Mudah Banget

Kamu bingung cara membuat folder baru di laptop atau di komputer, khususnya dengan sistem operasi windows? Tenang, pada artikel ini kakak iyainaja akan berbagi, bagaimana cara membuat folder baru di windows.

Jumlah file yang berjibun, memang menjadi persoalan tersendiri apabila tidak diorganisir dengan baik. Hal ini akan menyulitkan kita, jika mau mencari file tertentu. Salah satu solusi mengatasi hal ini, yaitu dengan membuat folder baru untuk mengelompokan file berdasarkan kebutuhan,

Fungsi folder dalam sebuah sistem operasi digunakan untuk tempat menyimpan file (gambar, word,txt,dll). Tak hanya untuk menyimpan namun juga untuk mengelompokannya sesuai dengan keinginan kita.

Microsoft Windows Merupakan Sistem Operasi Komputer Yang Berbasis

Sebagai contoh kita memiliki 100 file tugas dengan ekstensi yang berbeda. Alahkah baiknya, kita kelompokan berdasarkan kebutuhannya, misal tugas PPKN kita jadikan satu folder. Lalu tugas Matematika, juga dijadikan satu folder yang berbeda juga. Dengan demikian, akan lebih mempermudah dalam pencarian file nantinya.

Folder dapat dibuat pada drive windows explorer ataupun pada desktop. Pada artikel ini, kakak jelaskan 4 cara membuat folder baru, diantaranya:

  1. Dengan tombol new folder
  2. Dengan klik kanan > new folder
  3. Menggunakan shortcut keyboard
  4. Menggunakan command prompt

Adapun berikut langkah langkah membuat folder baru untuk masing masing cara tersebut.

Cara Membuat Folder Baru di Laptop / Komputer

1. Membuat Folder Baru Dengan Tombol “New Folder”

Cara ini hanya dapat digunakan, pada windows explorer saja. Tidak berlaku pada desktop, karena pada desktop tidak terdapat iconnew folder“. Berikut langkah langkah membuat folder baru dengan klik tombol “new folder” :

  • Pertama silakan buka windows explorer, dengan menekan keyboard “windows + e“.
  • Apabila windows explorer telah terbuka, langkah berikutnya silakan buka drive dimana kamu ingin buat. Sebagai contoh kamu ingin membuat folder pada drive D. Maka silakan klik drive D.
  • Jika drive D telah terbuka, silakan perhatikan pada bagian atas, terdapat tulisan/tombol “new folder“.
  • Silakan klik tombol “new folder” untuk membuat folder baru. Kemudian beri nama untuk folder baru tersebut.
cara bikin folder baru di laptop
cara bikin folder baru di laptop

2. Membuat Folder Baru Dengan “Klik Kanan > New > Folder”

Cara ini dapat kamu terapkan baik pada windows explorer ataupun pada desktop. Berikut langkah langkahnya.

  • Buka Windows Explorer atau Desktop
  • Jika kamu mau menyimpannya pada drive D, silakan buka drive D terlebih dahulu.
  • Berikutnya klik kanan pada area kosong, akan muncul banyak pilihan. Silakan klik kiri new, lalu klik folder.
  • Folder baru pun terbuat, silakan berikan nama untuk folder baru tersebut

3. Cara Membuat New Folder Dengan Keyboard (Shortcut Keyboard)

Untuk cara yang ke-3 jauh lebih simpel dan praktis dibandingkan cara ke 1,2 atau 4. Cara ini dapat kamu praktekan pada windows explorer ataupun pada desktop.

  • Pertama silakan buka drive windows explorer atau desktop.
  • Jika kalian sudah berada pada drive windows explorer ataupun pada desktop. Silakan tekan tombol CTRL + SHIFT + N
  • Folder baru terbuat, silakan ketikan nama untuk folder tersebut.

4. Cara Buat Folder Baru Dengan Command Prompt

Command prompt (cmd) dapat digunakan untuk menjalankan program ataupun membuat folder baru. Untuk menjalankan ataupun membuat folder baru pada cmd, kamu perlu mengetikan sebuah perintah. Perintah yang digunakan untuk membuat folder adalah “md”. Yang artinya make directory.

  • Silakan buka command prompt, dengan cara tekan tombol keyboard “windows + R“. Kemudian ketikan “cmd“.
  • Jika “command prompt” telah terbuka, langkah berikutnya buka drive yang akan kalian simpan. Sebagai contoh kakak akan buat folder baru dengan nama “driver laptop windows” pada drive D. Maka ketikan “D:“. Jika tampilannya sudah berubah ke D, artinya kalian sudah berpindah pada partisi atau drive D:
  • Apabila sudah berpindah ke drive yang kamu inginkan, silakan buat folder baru dengan mengetikkan perintah md diikuti dengan nama folder. Sebagai contoh md “nama folder”. Lalu tekan enter. Secara otomatis folder akan terbuat sesuai dengan nama yang telah kamu inputkan.
Kesimpulan

Jadi begitulah cara membuat folder baru di laptop atau komputer. Dalam membuat folder baru dapat menggunakan 4 cara, diantaranya dengan tombol new folder, klik kanan new folder, shortcut keyboard, dan command prompt.

Cara cara tersebut dapat digunakan untuk semua versi windows, baik itu windows 7,8, windows 10 ataupun Windows 11 sekalipun. Cara diatas juga dapat kamu gunakan, untuk membuat folder pada harddisk external maupun flashdisk. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.