Program program komputer disebut juga dengan istilah

Program Program Komputer Disebut Juga Dengan Istilah

“Program program komputer disebut juga dengan istilah”. Kamu sedang bingung , dalam menjawab pertanyaan itu? Tenang, pada artikel ini, kakak iyainaja akan membantu dalam menjawab pertanyaan itu.

Sebelum itu, ada baiknya kita tahu dulu “apa itu komputer”. Menurut Blismer (1985), komputer adalah sebuah alat elektronik, yang dapat melakukan beberapa tugas seperti; menerima input, memproses, dan menyimpan hasil proses, dan menyediakan output berupa informasi.

Secara sederhana dapat kita pahami, komputer adalah perangkat elektronik, yang menerima input, mengolah, serta menampilkan output. Output yang dihasilkan bisa bermacam macam, bisa dalam bentuk suara, gambar, ataupun video.

Komputer (bahasa inggris: computer), terdiri dari tiga komponen utama:

  1. Brainware, yaitu pengguna komputer.
  2. Hardware atau perangkat keras adalah sebuah benda elektronik yang dapat disentuh dan dilihat secara langsung untuk membentuk sebuah komputer, contohnya seperti monitor, keyboard, mouse, dll.
  3. Software, disebut juga perangkat lunak. Perangkat lunak, maksudnya adalah program yang terdapat atau terinstall dalam sebuah komputer, contohnya; microsoft word, winbox, paint, sistem operasi, dll.

Program Komputer = Perangkat Lunak = Software, “Sama Arti, Beda Tulisan”

Berdasarkan salah satu dari ketiga komponen tersebut, sebetulnya kamu sudah dapat menjawab pertanyaan diawal, namun ada baiknya, untuk menyimak dari para ahli berikut;

Menurut Dananjaya S, perangkat lunak (software) adalah program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan. Sedangkan menurut Melwin (2007), perangkat lunak (software), sebuah program yang berfungsi untuk menjembatani interaksi pengguna dengan komputer.

Program Program Komputer Disebut Juga Dengan Istilah

Berdasarkan dasar teori kutipan dari jurnal penelitian tersebut, dapat disimpulkan program komputer disebut juga dengan istilah software atau perangkat lunak. Berdasarkan pemaparan tadi dapat disimpulkan bahwa “semua program yang terdapat pada komputer disebut juga software”.

Komputer Berasal Dari Kata to Compute Yang Berarti

Program atau software tersebut, tidak tiba tiba secara otomatis ada. Namun program tersebut dibuat menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Oleh karenanya terdapat istilah “programmer“, atau orang yang membuat program. Sekumpulan barisan kode program, yang dilakukan oleh programmer yang akan membentuk sebuah software dinamakan source code, atau kode program/kode sumbernya.

ilustrasi program atau software pada komputer
ilustrasi program atau software pada komputer

Fungsi Software / Program Komputer

Software dalam komputer digunakan untuk membantu penggunanya untuk melakukan sesuatu. Contohnya saja program microsoft word, digunakan untuk membantu pengguna, dalam mengolah kata/membuat artikel. Lalu contoh lainnya program adobe photoshop, yang digunakan untuk membantu membuat gambar ilustrasi atau desain secara digital.

Perbedaan Komputer Dan Laptop

Macam Macam Software / Perangkat Lunak

Menurut Dananjaya S, Perangkat lunak terbagi menjadi:

  1. Perangkat Lunak Sistem Operasi / Software System, adalah program yang digunakan untuk untuk mengoperasikan komputer secara keseluruhan. Software sistem menjadi platform software lain untuk dapat berfungsi. Atau sederhananya, suatu program yang membantu pengguna mengoperasikan komputer. Contoh Perangkat Lunak Sistem Operasi; windows, linux, mac os, dll. Tak hanya sistem operasi, namun juga meliputi utilitas seperti driver.
  2. Perangkat Lunak Aplikasi / Software Application, merupakan sebuah program dalam sistem operasi komputer, yang dirancang oleh programmer dengan tujuan menjawab kebutuhan pengguna (end user), contohnya; word, photoshop, paint, excel, winbox, browser, dll.

Jenis Software

Berdasarkan jenisnya, software dibagi menjadi:

  1. Freeware. Merupakan perangkat lunak gratis, yang dapat digunakan tanpa jangka waktu tertentu, namun orang umum tidak dapat memodifikasi source code. Contoh freeware; google chrome, opera, dll.
  2. Open Source Software, adalah perangkat lunak yang sifatnya terbuka dan tidak perlu lisensi (gratis), dimana source codenya dapat dilihat secara umum. Sehingga perangkat lunak tersebut dapat dipelajari, dan dikembangkan. Contoh program open source; linux.
  3. Shareware, merupakan program yang dibagikan gratis untuk keperluan tertentu, biasanya sifatnya terbatas. Sering kali terdapat tenggang waktu tertentu, sering digunakan untuk keperluan uji coba.
  4. Firmware, adalah perangkat lunak yang ditanam ke memori. Contoh firmware; bios, embeded system, dll
FAQ

Apa saja contoh dari software aplikasi?
Contohnya, seperti; microsoft word, paint, photoshop, google chrome, dll.

Apakah perbedaan antara hardware dan software?
Hardware lebih kepada perangkat kerasnya/sesuatu hal yang ada wujudnya secara fisik dan dapat kita sentuh secara langsung. Contoh hardware; mouse, keyboard, ram, monitor, dll. Sedangkan software, adalah program program yang terdapat dalam komputer. Contohnya; sistem operasi, paint, adobe premierre, dll.

Kesimpulan

Jadi program program komputer disebut juga dengan istilah software. Software adalah sebuah program yang terdapat dalam komputer yang dapat kita operasikan, namun tidak dapat kita sentuh secara langsung.

Semoga kamu dapat terbantu dalam menjawab pertanyaan tadi. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Referensi
https://kamus.tokopedia.com/p/perangkat-lunak/#

Leave a Reply

Your email address will not be published.