cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100kb

Cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb atau 200kb menjadi lebih ringan. Kamu sedang bingung dalam mengubah ukuran foto menjadi lebih kecil? Tenang, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai cara kompres foto.

Ukuran file terkadang menjadi masalah tersendiri, khususnya bagi beberapa orang yang memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas. Tak hanya itu, beberapa orang memutuskan untuk mengkompres foto karena beberapa hal, diantaranya seperti ukuran besar (diatas 1 Mb).

Beberapa orang khususnya yang akan melamar pekerjaan akan diminta untuk mengupload foto, dimana biasanya maksimal ukuran foto 1Mb. Tentu mau tak mau orang tersebut akan mencari cara bagaimana cara mengecilkannya.

Dalam mengompres ukuran file foto ada berbagai macam cara, diantaranya:

  • Menggunakan Software/Aplikasi Tambahan. Apabila kamu menggunakan laptop / pc, maka kamu bisa menggunakan adobe photoshop. Atau bisa menggunakan edit photo editor lainnya. Namun bila mana kamu menggunakan hp, kamu bisa coba menggunakan aplikasi Compres Image Chitro yang tersedia pada playstore.
  • Tanpa Aplikasi Tambahan. Jika kamu tidak ingin menginstall aplikasi tambahan, maka temen temen bisa menggunakan situs yang menawarkan compress foto. Salah satu situs yang bisa kamu gunakan yaitu “https://www.imgonline.com.ua/eng/compress-image-size.php

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100KB/200KB

Menggunakan Software / Aplikasi Tambahan

Ada berbagai macam aplikasi yang dapat kamu install, baik pada smartphone / laptop kamu untuk mengubah ukuran file foto. Berikut aplikasi tambahan yang dapat temen temen gunakan.

A. Photoshop

Salah satu aplikasi untuk mengubah ukuran file foto menggunakan laptop bisa menggunakan photoshop. Selain digunakan untuk mengedit foto ataupun melukis secara digital, photoshop dapat digunakan untuk mengompres ukuran file foto. Berikut cara mengompres ukuran foto menggunakan adobe photoshop.

  1. Pertama silakan download & install aplikasi adobe photoshop. Bebas mau menggunakan versi berapa pun.
  2. Apabila sudah terinstall, langkah berikutnya silakan buka aplikasi photoshop.
  3. Berikutnya, silakan untuk membuka file foto yang akan dikompres. Cara bukanya klik file kemudian klik open, lalu pilih foto & klik open kembali.
  4. Apabila file foto telah terbuka, langkah berikutnya adalah mengompres foto. Cara compresnya,klik file kemudian klik “save for web & device“.
  5. Akan muncul kotak dialog baru, pada bagian preset silakan pilih ekstensi beserta kualitasnya. Bebas pilih low, medium, atau high. Jika sudah, klik save.
compress menggunakan photoshop dan compress image chitro

B.Compres Image Chitro

Tenang saja. meski kamu tidak mempunyai laptop / pc, bukan berarti kamu tidak dapat mengkompres foto. Kamu dapat mengkompres foto dengan menginstall Compres Image Chitro pada smartphone kesayanganmu. Tahukah kamu apa yang menarik dari aplikasi ini? Aplikasi ini menawarkan fitur kompres foto yang beragam pilihan, mulai dari:

  • Make it smaller
  • Fixed Size
  • Resolution & Quality

Adapun caranya sebagai berikut;

  1. Silakan install Compres Image Chitro melalui google playstore.
  2. Apabila sudah terinstall, langkah berikutnya silakan jalankan aplikasinya.
  3. Tap pada tombol “allow access” terlebih dahulu untuk mengijinkan aplikasi tersebut mengakses folder photo pada perangkat kita.
  4. Langkah berikutnya tap tombol compress, kemudian silakan pilih foto yang ada di media/galery photo kamu. Silakan pilih salah satu, kemudian tap “next”.
  5. Kita akan dihadapkan pada menu compress mode, terdapat tiga mode yang ditawarkan untuk mengompress foto. Silakan pilih salah satu berdasarkan kebutuhanmu. Jika sudah, silakan tap centang, aplikasi tersebut pun akan mengompres, & akan nampak hasil foto yang kalian kompres.

Tanpa Aplikasi Tambahan

Apabila kamu tidak ingin ribet menginstall daftar aplikasi tambahan tadi. Maka, kamu dapat menggunakan situs penyedia layanan compress online. Berikut situs situs kompres foto online yang dapat kamu gunakan.

A. Imgonline.com

Imgonline merupakan salah satu situs tool online yang dapat kalian gunakan untuk mengecilkan ukuran file foto. Berikut langkah langkah compres foto menggunakan imgonline:

  1. Pertama buka browser yang terdapat pada smartphone / laptop kalian. Pastikan perangkat kalian terkoneksi dengan internet.
  2. Kemudian silakan akses, dengan mengcopy & paste link berikut pada kolom url browser: “https://www.imgonline.com.ua/eng/compress-image-size.php”
  3. Langkah berikutnya silakan klik pada tombol “choose file”, untuk memilih & mengupload foto yang akan kalian ubah.
  4. Apabila file foto telah terupload , selanjutnya menentukan nilai compress file. Secara default/bawaan akan menggunakan nilai 200kb, namun kamu dapat menyuntingnya misalkan menjadi kurang dari 100 kb. Maka silakan inputkan nilai yang kamu inginkan pada kolom form yang disediakan.
  5. Langkah terakhir tinggal klik “ok”. Silakan ditunggu beberapa detik & kamu akan diarahkan pada halaman baru.
  6. Langkah terakhirnya kamu tinggal klik “download processed image” untuk mengunduh foto.

B. Compresspng / Compressjpg

Tak hanya situs imgonline.com kalian juga bisa menggunakan situs compresspng.com & compressjpg.com. Kedua situs tersebut dapat kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran file foto. Adapun caranya sebagai berikut:

  1. Apabila jenis file yang kalian ubah berekstensi png maka, silakan kunjungi situs “compresspng.com”. Namun apabila file kalian jpg maka, kunjungi “compressjpg.com”
  2. Jika situs tersebut sudah terakses, langkah berikutnya klik pada tombol unggah file untuk mengupload foto.
  3. Apabila foto sudah terunggah, situs tersebut secara otomatis akan mengkompres foto.
  4. Langkah terakhir kamu tinggal klik / tap tombol download untuk mengunduhnya.

Kesimpulan
Jadi begitulah cara mengubah ukuran foto menjadi 100kb / 200kb. Untuk mengkompres foto dapat dilakukan bayak cara mulai dengan menginstall aplikasi tambahan ataupun menggunakan tools online. Dengan kamu mengecilkan ukuran file foto maka, kapasitas penyimpanan kamu akan terasa lenih longgar. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.