Aplikasi untuk membuat file grafis berbasis bitmap adalah

Aplikasi Untuk Membuat File Grafis Berbasis Bitmap Adalah

Aplikasi untuk membuat file grafis berbasis bitmap adalah. Kamu sedang kesulitan ketika menjawab pertanyaan itu? Tenang, kakak iyainaja bakal membantumu untuk menjawab pertanyaan itu. Pada artikel ini, kakak akan memberikan beberapa informasi juga terkait bitmap. Tak lupa jua, kakak paparkan daftar software pengolah gambar bitmap.

Adobe photoshop, corel draw, krita, adobe ilustrator, microsoft paint, macromedia freehand, micrografx designer, dll merupakan program aplikasi design grafis. Program program tersebut, dapat kamu gunakan untuk membuat logo, mengedit gambar, melukis secara digital, dll. Tapi tahukah kamu, bahwa tidak semua program grafis tersebut berbasis bitmap?

Program aplikasi design grafis khususnya digital art, dibagi menjadi dua yaitu aplikasi berbasis bitmap (raster) & berbasis vektor. Tahukah kamu, apa yang dimaksud dengan file grafis berbasis bitmap (raster)? Mengutip jurnal penelitian (Andrian:2007), bitmap atau raster merupakan sebuah bahan matriks yang menjelaskan individualitas dari titik titik individu dalam gambar yang biasa disebut pixel, yang membentuk sebuah gambar. Atau bahasa mudahnya, bitmap adalah sekumpulan titik titik(pixel) / dot yang tergabung menjadi suatu bentuk objek.

Program Aplikasi Bitmap, sering kali digunakan untuk membuat gambar ilustrasi, foto realistik, / membuat ilustrasi yang memerlukan detail yang rumit. Contoh program desain grafis berbasis bitmap adalah microsoft paint. Lalu adakah program aplikasi berbasis bitmap selain microsoft paint? Jawabannya “Ada”.

Aplikasi untuk membuat file grafis berbasis bitmap adalah

Aplikasi grafis yang berbasis bitmap, ada banyak macam. Salah satu program aplikasi grafis berbasis bitmap adalah paint, apakah hanya paint? Tentu saja “tidak”. Berikut daftar software pengolah gambar bitmap.

1. Microsoft Paint

Microsoft Paint atau sering disebut paint, adalah program bawaan windows. Program ini memang salah satu contoh program berbasis bitmap. Program sejuta umat. Bisa dibilang hanya sedikit digital artist yang menggunakan program ini. Adalah salah satu digital artist yang keren karyanya ketika menggunakan paint, salah satu diantaranya caesar ian muyuela.

2. Adobe Photoshop

Adobe photoshop, merupakan perangkat lunak pengolah grafis berbasis bitmap. Photoshop adalah salah satu produk adobe yang berbasis bitmap. Sedangkan adobe ilustrator berbasis vektor. Photoshop cukup digandrungi untuk kalangan seniman atau digital artist. Karena, program ini kaya akan fitur. Saat ini photoshop sudah sampai versi 6. Program adobe photoshop hanya tersedia di windows, apabila kamu mau menggunakannya pada os linux, kamu harus menginstall wine.

3. Gimp

Gimp adalah aplikasi yang digunakan untuk mengedit gambar bitmap. Gimp / biasa dikenal GNU Image Manipulation Program. Gimp merupakan program open source cross platform, artinya tersedia untuk sistem operasi linux, windows, & mac os. Program gimp awalnya hanya tersedia di linux.

4. Krita

Krita merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengedit gambar bitmap. Krita adalah program digital painting open source. Fitur krita sendiri jauh lebih lengkap ketimbang dengan GIMP. Program ini mempunyai fitur hampir sama photoshop. Krita bisa menjadi salah satu rekomendasi program open source bagi digital artist yang menggunakan sistem operasi linux.

5. Artrage

Artrage merupakan program aplikasi design painting atau design grafis berbasis bitmap. Program ini dapat kamu jalankan baik pada laptop atau komputer kamu. Artrage support sistem operasi Windows, Mac OS X, ipad ataupun iphone.

Kesimpulan

Aplikasi untuk membuat file grafis berbasis bitmap adalah adobe photoshop, paint, gimp, dll. Tinggal sesuaikan jawaban dengan pilihan yang tercantum pada soal adik adik. Dari kelima program tersebut kakak sendiri jauh lebih suka photoshop, krita & artrage. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.