Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah

Aplikasi Internet Yang Memungkinkan Pengambilan File Dengan Cepat Adalah

Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah a.www b.milis c.newsgroup d.FTP. Kalian kebingungan ketika menjawab pertanyaan itu? Tenang, kakak akan membantumu. Pada artikel ini kakak akan membantumu, melalui jurnal informatika yang ada di Indonesia.

Sebelumnya apakah kamu tahu internet? Menurut Muhammad R (2017) Internet adalah komunikasi antara satu perangkat dengan perangkat lain melalui jaringan komunikasi elektronik, yang dimungkinkan karena terdapat konektivitas jaringan komputer. Dalam sebuah jaringan internet ataupun intranet, kita bisa mengupload ataupun mengunduh file dari sebuah server. Proses pengunduhan atau upload membutuhkan sebuah aplikasi yang berjalan pada protokol tertentu. Protokol apakah itu? Penasaran? Mari lanjut dibaca. Sebelum kakak menjawab pertanyaan diawal, baiknya kakak akan lampirkan pengertian dari opsi jawaban, berdasarkan jurnal jurnal. Barulah kemudian kita simpulkan secara bersama sama.

Baca juga : Cara Menyambungkan Internet HP ke Laptop

WWW biasa disebut World Wide Web. Menurut fathansyah (2012) World wide web merupakan sistem informasi terdistribusi berbasis hypertext. Sedangkan menurut hidayatullah(2015), www suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip arsip risetnya.

Milis disebut dengan mailing list. Menurut Bayu K(2008) Milis merupakan sarana komunikasi melalui email, dimana setiap anggota dapat saling berkomunikasi atau berpartisipasi. Anggota milis yang menerima surat tersebut, dapat mengirim email baru, ataupun hanya membaca saja. Mailing List Manager adalah proses ketika anggota milis mereply sebuah email atau proses ketika email akan didistribusikan.

Menurut Isdiyanto(2005) newsgroup adalah sebuah fasilitas untuk melakukan komunikasi antara dua orang atau lebih dalam waktu yang sama (real time). Bentuk komunikasi tersebut bisa berupa audio, video, ataupun text. Contoh newsgroup seperti facebook, zoom, cisco webex, dll.

FTP singkatan dari File Transfer Protocol. Menurut Dasril (2018) FTP adalah sebuah protocol yang digunakan untuk pertukaran data / file. Dalam protokol ini terdapat dua komponen utama yaitu server & client. FTP server berfungsi sebagai penyedia file, sedangkan FTP client sebagai peminta atau penerima layanan.

Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah

Berdasarkan dasar teori tadi, dapat diambil kesimpulan bahwa jawaban yang benar yaitu FTP. YFI FTP menggunakan port 21. Metode authentikasi yang digunakan standar, yaitu menggunakan username & password yang tidak dienskripsi. Pengguna FTP bisa mengakses, mendownload, atapun mengupload file ke server. Server disini bisa berupa hosting, router, pc atau komputer, dll.

Pada osi layer ataupun tcp/ip layer, FTP berjalan pada Application Layer. Adapun contoh aplikasi yang menggunakan FTP seperti Filezilla, Winscp, Smartftp,dll.

FileZilla

FileZilla adalah salah satu aplikasi FTP yang gratis yang dapat kamu gunakan. Untuk mengunduh filezilla teman teman dapat langsung mengunjungi melalui situsnya langsung yaitu filezilla-project.org. Apabila komputer atau laptop kalian ingin menjadi FTP client maka download lah yang client. FileZilla client tak hanya support protokol FTP saja tetapi juga support FTP over TLS atau biasa disebut FTPS.

Winscp

Winscp contoh aplikasi FTP yang dapat kamu gunakan selain FileZilla. Untuk download winscp kalian dapat mengunduhnya langsung dari situsnya winscp.net/eng/download.php. Winscp telah meluncurkan versi yang terbaru yakni winscp 5.19. Untuk versi yang terbaru sudah support SFTP & SSL. Untuk file protokol yang disupport winscp diantaranya SFTP, SCP, FTP, WebDAV.

SmartFTP

SmartFTP adalah sebuah program atau aplikasi FTP client berbayar. SmartFTP hanya tersedia pada sistem operasi windows. Apabila pengguna linux, maka perlu install wine. Menariknya Aplikasi smartFTP, support ssh, telnet, google drive, onedrive, dll yang notabene kebanyakan aplikasi FTP tak support protokol tersebut. Hanya saja fitur fitur tersebut, kita perlu update ke edisi ultimate atau enterprise.

CuteFTP

Cuteftp juga merupakan aplikasi FTP client berbayar, namun kalian tetap dapat menggunakan secara trial. Teman teman dapat mengunduhnya melalui situs developernya langsung yakni globalscape.com/cuteftp. Protocol yang disupport diantaranya FTP, FTPS (SSL), SFTP (SSH2).

Kesimpulan

Jadi Aplikasi internet yang memungkinkan pengambilan file dengan cepat adalah FTP. FTP singkatan dari File Transfer Protokol. FTP bukanlah aplikasi, melainkan sebuah protokol yang digunakan untuk sharing file atau pengiriman file. FTP berjalan pada port 21. Contoh aplikasi yang menggunakan protokol FTP adalah Filezilla, CuteFTP, Winscp, Smartftp, dll. Semoga artikel ini membantu temen temen. Terima kasih telah membaca pada artikel iyainaja.my.id. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.