menjadikan chrome sebagai browser default

Menjadikan Chrome Sebagai Browser Default

Menjadikan chrome sebagai browser default. Kalian lagi bingung bagaimana cara mengubah chrome sebagai default browser? Tenang mimin iyainaja.my.id bakal selalu ada buat membantumu.

Siapa diantara kalian pengguna web browser chrome? Dilansir dari halaman statcounter, google chrome adalah browser yang paling banyak penggunanya di dunia. Berdasarkan data 2021 pada web statcounter, pengguna chrome sekitar 64,04%. Maka tidak heran apabila beberapa orang jauh suka menggunakan browser buatan google(chrome). Oleh karenanya mimin bakal memberikan tips cara mengubah chrome menjadi default browser.

Sebelum mimin memaparkan cara menjadikan default browser, ada baiknya buat tahu “Apa yang dimaksud dengan default browser“?

FYI Default browser / browser default adalah browser bawaan yang ketika temen temen mengklik sebuah link, maka secara otomatis bakal terbuka menggunakan browser tersebut. Contoh, didalam laptop/smartphone android kalian terdapat 2 browser yaitu chrome & firefox. Kemudian kalian mengklik link dari wa, line, atau telegram, maka perangkat kalian bakal membuka link tersebut secara otomatis menggunakan salah satu browser(cth:chrome) dari kedua browser tersebut.

Bagaimana sudah cukup paham mengenai default browser? Penasaran bagaimana caranya? Lanjut simak dibawah ya.

Baca juga : Cara menjadikan google sebagai halaman awal google chrome

Menjadikan chrome sebagai browser default

Untuk mengubah web browser chrome sebagai default cukup mudah. Di artikel ini akan mimin paparkan menggunakan dua perangkat diantaranya laptop / pc, smartphone android. Adapun langkah langkah nya sebagai berikut.

Cara menjadikan google chrome sebagai default browser di laptop / pc windows 10

  1. Pada kolom pencarian ketikan & klik “default apps“.
  2. Akan muncul daftar daftar default apps. Gulir kebawah & perhatikan di bagian web browser. Klik pada browser yang telah jadi default browser sebagai contoh microsoft edge. Kemudian bakal tertampil beberapa opsi browser lain sebagai contoh chrome. Klik chrome. Muncul konfirmasi bahwa bakal diganti jadi chrome, klik “switch anyway”. Sampai langkah ke-2 temen temen telah berhasil mengubah chrome menjadi default browser.

Cara menjadikan google chrome sebagai default browser di laptop / pc windows 7

  1. Pertama silakan hidupkan laptop atau pcnya terlebih dahulu.
  2. Kemudian buka “start menu” dan buka “default program“. Dengan cara tekan tombol windows pada keyboard. Akan muncul beberapa aplikasi dan menu. Perhatikan dibawah control panel terdapat default program. Click “default program“. Kemudian click “set your default programs“.
  3. Akan muncul beberapa program yang dapat kita atur. Clik pada google chrome, kemudian click pada “set this program as default“. Sampai langkah ini temen temen telah berhasil membuat chrome sebagai default browser.
cara menjadikan google chrome sebagai default browser di laptop atau pc atau android

Cara menjadikan google chrome sebagai default browser di android

  1. Persiapkan smartphone adroid kalian. Bebas boleh menggunakan xiaomi, oppo atau apapun. Disini mimin menggunakan smartphone android oppo. Jadi sesuaikan dengan smartphone kalian masing masing.
  2. Kemudian buka menu “settings” atau pengaturan. Akan muncul banyak pilihan settings. Pilih dan tap pada “additional settings“. Lalu tap pada “aplication management“.
  3. Perhatikan terdapat tiga pilihan yang ditampilkan yakni “running, installed, & all“. Perhatikan di bagian bawah terdapat icon “default app management“. Tap pada “default app management“.
  4. Akan muncul beberapa informasi diantara ada homescreen, message, browser, dll. Karena kita akan mengubah browser, maka tap browser.
  5. Dan bakal tertampil daftar browser yang ada di smartphone kamu. Pilih google (chrome). Apabila tanda centang sudah ada dibagian chrome artinya chrome sudah menjadi browser default. Sampai langkah ini temen temen telah berhasil.
Kesimpulan

Jadi begitulah Cara menjadikan chrome sebagai browser default. Bagaimana dengan cara menjadikan chrome sebagai default browser, mudah bukan? Jika ada yang kebingungan, silakan tanyakan pada kolom komentar. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.