cara import soal ke google form

Cara Import Soal ke Google Form Dengan Mudah

Cara import soal ke google form. Kamu sedang bingung, bagaimana cara import soal ke google form?Atau kamu bingung, cara upload soal dari word ke google form? Pada artikel ini, akan dibahas mengenai import soal ke google form.

Google form memang menjadi sarana membuat soal secara online. Tak hanya itu, dapat juga digunakan untuk membuat kuisioner. Pernah kah kamu membuat soal kuis atau membuat kuisioner pada google form? Ada cara mudah membuat soal di google form yaitu dengan cara memindah soal yang sudah ada di pc atau laptop. Lantas bagaimana caranya? Penasaran? Simak artikel ini sampai usai ya.

Import soal dari pc atau laptop ke google form memang memudahkan kita dalam membuat soal. Hal ini membuat pekerjaan menjadi lebih efisien. Karena kita hanya perlu membuat soal secara offline, kemudian hanya perlu mengimportnya saja ke google form, tanpa perlu membuat manual secara satu persatu kembali. Dengan import, kita juga dapat memindahkan soal dari microsoft word ke google form tanpa copy paste.

Ada berbagai macam cara untuk import file ke google form, salah satu nya menggunakan form builder google forms. Form builder adalah add on tambahan, yang perlu kita install. Pada artikel ini, file yang akan diimport atau file yang akan diupload atau dipindah ke google form adalah file microsoft word yang berextensi docx. Jadi sebelum lanjut membaca dan praktek, persiapkan dulu file soal dalam bentuk wordnya terlebih dahulu.

Cara import soal ke google form

  1. Pertama silakan temen temen sign in ke akun gmail kalian. Bebas boleh menggunakan gmail biasa atau menggunakan akun gmail workspace.
  2. Jika sudah sign in, langkah berikutnya yaitu mengupload file soal yang sudah ada ke google drive.
  3. Apabila sudah terupload, langkah berikutnya yaitu membuka file soal dan mengubah file soal yang tadinya dalam format docx menjadi file google docs. Dengan cara klik file kemudian “save as google docs“.
  4. Setelah mengubah format menjadi google docs langkah berikutnya, membuat google form baru.
  5. Apabila form baru sudah terbuat, selanjutnya Install add on form builder. Dengan cara klik icon more atau titik tiga vertical akan muncul beberapa pilihan. Klik atau pilih add ons. Kemudian “pada kolom search atau pencarian, ketikan “form builder“. Lalu silakan klik install.
  6. Saatnya menjalankan form builder dengan kata klik start. Maka secara otomatis pada bagian sebelah kanan muncul sebuah dialog box baru. Lalu kita pilih import from google docs atau google dokumen. Caranya klik pada bagian “google docs”. Selanjutnya memilih file soal yang telah tadi kita ubah extensinya menjadi docs. Kita pilih kemudian klik “select”. Jika sukses terimport, akan muncul notifikasi “success”.
  7. Apabila sukses terimport silakan scroll ke bawah, pastikan pada bagian “type” sudah bertipe “multiple choice“. Jika sudah klik tombol “import selected“. Maka secara otomatis, soal pun akan terimport dan akan tertampil. Sampai dengan langkah ke-7 temen temen telah berhasil mengimport file soal ke google docs.
cara memindah soal word ke google form
cara memindah soal word ke google form
Kesimpulan

Jadi begitulah cara import soal ke google form. Mudah bukan? Hanya dengan 7 langkah tersebut kamu dapat mengimport soal ke google form. Kamu tidak perlu capek capek untuk mengetikan ulang apa yang sudah ada di laptop kamu. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.