Cara melihat jumlah kata di google docs.

Cara Melihat Jumlah Kata di Google Docs

Cara melihat jumlah kata di google docs. Kamu pengguna google docs? atau Kamu sedang bingung bagaimana cara mengecek atau mengetahui jumlah kata dalam suatu dokumen? Pada kesempatan ini mimin akan memaparkan tentang cara mengetahui jumlah kata pada google docs.

Mengetahui jumlah kata pada sebuah document sebetulnya mudah. Penghitungan jumlah kata pada suatu dokumen dapat dilakukan secara manual ataupun di hitung oleh software. Tentunya akan merepotkan bila kita hitung secara manual kata demi kata. Biasanya software pengolah kata seperti, word atau google docs sudah terdapat fitur ini. Sebagai contoh jika pada microsoft word sudah terdapat fitur word count yang sudah aktif secara default. Sedangkan pada google docs, fitur word count tidak langsung aktif. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur word count pada google docs?

Bingung cara mengaktifkannya? Jangan panik. Pada artikel ini, mimin akan membantumu untuk mengaktifkan fitur atau ” tools word count“. FYI Word Count adalah fitur penghitung kata.

Cara Melihat Jumlah Kata di Google Docs

Untuk mengetahui jumlah kata pada suatu document sangatlah mudah. Kalian bebas menggunakan android, pc, bahkan iphone untuk mengakses google docs. Pada artikel ini, mimin akan memaparkan ketiga perangkat tersebut.

Mengetahui jumlah kata di google docs menggunakan pc

  1. Silakan buka atau buat dokumen pada google docs.
  2. Jika sudah terbuka atau dokumen sudah terbuat, sekarang tiba saatnya untuk mengaktifkannya. Klik pada toolbar tools, atau alat. Kemudian akan muncul beberapa pilihan. Pilih dan klik pada word count.
  3. Akan muncul kotak dialog word count, disini kita dapat melihat mulai dari jumlah kata, jumlah character hingga jumlah halaman dalam satu dokument yang sedang kita buka.
  4. Sampai dengan langkah ke 3 sebetulnya teman teman telah berhasil mengetahui jumlah kata. Namun tentu akan ribet jika dikit dikit ke tools kemudian klik word count. Untuk mudahnya temen temen centang saja dibagian “display word count while typing“. Dengan demikian meski kamu sedang mengetik kamu tetap dapat langsung melihat, berapakah total kata yang telah kamu ketik.
cara mengecek jumlah kata di google docs pc
cara mengecek jumlah kata di google docs pc

Mengetahui jumlah kata di google docs menggunakan android

  1. Silakan install google docs pada hp temen temen melalui google playstore.
  2. Jika sudah terinstall. Langkah berikutnya silakan buka atau buat dokument baru.
  3. Disini mimin mencontohkan menggunakan dokumen yang sudah ada. Langkah selanjutnya yaitu mengaktifkan fitur word count. Caranya klik more atau tanda titik tiga vertical, akan muncul beberapa pilihan. Pilih atau tap pada menu word count. Akan muncul informasi seperti jumlah kata, character, dll. Sampai dengan langkah ini, teman teman telah berhasil melihat jumlah kata. Kamu hebat.

Mengetahui jumlah kata di google docs menggunakan iphone atau ipad

  1. Sama seperti ketika menggunakan android, pertama yaitu menginstall google docs pada iphone atau ipad melalui app.apple.com.
  2. Jika sudah terinstall. Langkah berikutnya silakan buka atau buat dokument baru.
  3. Disini mimin mencontohkan menggunakan dokumen yang sudah ada. Langkah selanjutnya yaitu mengaktifkan fitur word count. Caranya klik more, akan muncul beberapa pilihan. Pilih atau tap pada menu word count. Akan muncul informasi seperti jumlah kata, character, dll. Sampai dengan langkah ini teman teman telah berhasil melihat jumlah kata.
Kesimpulan

Jadi begitulah cara melihat jumlah kata di google docs. Bagaimana, mudah bukan? Fitur untuk melihat jumlah kata disebut word count. Word count tidak langsung aktif pada google docs. Untuk mengaktifkannya kita hanya perlu klik tools kemudian klik word count. Terima kasih telah membaca artikel di iyainaja. Sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.